EDY 196907151993061001
SILABUS TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKn
Membiasakan
hidup bergotong royong
|
1.
PKn
Mengenal pentingnya
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
|
·
hidup bergotong
royong
|
·
Menjelaskan
arti gotong royong
·
Menjelaskan
arti hidup rukun
·
Menjelaskan
akibat hidup
·
rukun dan tidak
rukun
·
Menyebutkan
contoh hidup rukun dan manfaatnya
·
Menjelaskan
arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya
·
Menjelaskan
akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi
·
Menjelaskan
arti tolong menolong dan memberikan contohnya
|
·
Menjelaskan
arti rukun
·
Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
3
minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
2. IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis
|
2.
IPS
· Memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
· Memanfaatkan dokumen
dan benda penting keluarga secara kronologis
|
· penting dalam keluarga secara kronologis
|
·
Menjelaskan
arti dokumen
·
Menyebutkan
macam-macam dokumen
·
Menyebutkan
macam-macam berdasarkan penggolongan
·
Menjelaskan
pentingnya
·
memelihara
dokumen
·
Menceritakan
cara memelihara dokumen
·
Menjelaskan
akibat bila dokumen disimpan dengan baik dan tidak baik
·
Menceritakan
peristiwa yang berkesan melalui dokumen (misal : foto)
·
Mendokumentasikan
peristiwa-peristiwa
·
Menjelaskan
cara menyimpan dokumen dengan baik
|
·
Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga
·
Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarga melalui
dokumen.
·
Menceritakan
cara memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan
pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
|
3. IPA
Mengenal
bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
|
3.
IPA
· Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar
rumah dan sekolah melalui pengamatan.
· Mengidentifikasi cirri-ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
|
·
· bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
|
·
·
Menyebutkan nama-nama
yang ada di sekitar kita
·
Menyebutkan
tempat hidup hewan
·
Menyebutkan
cara bergerak hewan
·
Menyebutkan
makanan hewan
·
Menjelaskan
manfaat hewan bagi manusia
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan
·
Menggambar
hewan dan bagian tubuh hewan secara sederhana
·
Menirukan
berbagai macam suara hewan
·
Menyebutkan
tumbuhan yang ada di sekitar kita
·
Menyebutkan
tempat hidup tumbuhan
·
Menyebutkan
manfaat tumbuhan bagi manusia
·
Menyebutkan
bagian-bagian utama tumbuhan
·
Menggambar
tumbuhan dan bagian-bagian utama secara sederhana
|
·
·
Mengidentifikasi
bagian
utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·
Menjelaskan sifat benda padat
·
Menjelaskan sifat benda cair
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
|
4.
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
500
|
4.
Matematika
·
Membandingkan
bilangan 1 sampai 500
· Mengurutkan bilangan sampai 500
|
·
penjumlahan dan pengurangan
|
· Membilang
·
Menulis
bilangan
·
Menghitung
benda
·
Menulis lambang
bilangan
·
Membandingkan
bilangan
·
Mengurutkan
bilangan
·
Mengelompokkan
bilangan ganjil dan genap
·
Membilang
loncat
·
Menyebutkan dan
membedakan
·
bilangan ganjil
dan genap
·
Mengurutkan
bilangan dari terkecil / terbesar
·
Membilang
loncat
|
·
Menentukan bilangan 1 samapai 500
·
Menentukan bilangan lebih besar.
· Menentukan bilangan lebih kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah
lebih dari, kurang dari.
· Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·
Menyusun bilangan
dari yang terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·
Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·
Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
· Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan
bilangan genap dari 2 – 20.
|
Tertulis
Perbuatan
Produk
|
|
|
5. Bahasa
Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek
dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran,
persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
|
5.
Bahasa Indonesia
· Menyebutkan kembali dengan
kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Mendeskripsikan isi
puisi
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan
santun berbahasa.
·
Mendeklamasikan
puisi denga ekspresi yang tepat.
· Menyimpulkan isi teks
pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Menjelaskan isi puisi
anak yang dibaca.
· Melengkapi cerita
sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis kalimat
sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
|
· teks pendek dan puisi
·
Mengungkapkan
pikiran, persaan, dan pengalaman
· teks pendek
· melengkapi cerita dan dikte.
|
· Mendengarkan cerita
guru
·
Menjawab
pertanyaan isi cerita
·
Menceritakan
kembali isi cerita
·
Melengkapi kalimat
·
Melakukan
percakapan
·
Melakukan tanya
jawab
·
Mengajukan
pertanyaan
·
Menjawab
pertanyaan
·
Membaca teks
pendek
·
Menjawab
pertanyaan
·
Mengajukan
pertanyaan
·
Menyimpulkan
isi bacaan
·
Melengkapi
kalimat
·
Membuat kalimat
·
Menyalin cerita
dengan huruf tegak bersambung
· Menulis kalimat yang didektekan guru
|
·
Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
· Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan
guru
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa
sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Mendeklamasikan puisi
·
Menjelaskan isi puisi
·
Memperagakan percakapn
· Membuat percakapan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang
tepat.
·
Membaca teks dengan
bersuara.
·
Mengajukan pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Membaca puisi
·
menceritakan isi puisi..
· Melengkapi cerita
· Menyusun kalimat
menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan
huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
|
6. Seni
Budaya Keterampilan
· Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
· Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
|
6. Seni Budaya
Keterampilan.
· Mengenal unsure rupa
pada karya seni rupa
· Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
· Mengidentifikasi gerak
alam semesta
|
·
karya seni rupa
· karya seni tari
|
·
unsure rupa pada karya seni rupa
·
sikap apresiatif terhadap unsure rupa
· gerak alam semesta
|
· Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk
ritme keseimbangan dan kesatuan.
· Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis,
bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
· Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif
dan berbagai unsure rupa benda di alam
sekitar.
· Memilih objek benda alam yang menarik.
· Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang
diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
· Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan
karya seni rupa.
· Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang
bergelombang.
|
Lisan
Tertulis
Perbuatan
|
|
§
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ARGAMAKMUR
EDY
SUSILO,S.Pd.
NIP.
|
|
, ………………… 20…
Guru Tematik
Kelas II
MEIDIWATI,A.MA.Pd.
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar