Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 23 Juli 2016

Fitur-fitur dan Struktur Pembelajaran dalam Moda Daring


Fitur-fitur dan Struktur Pembelajaran dalam Moda Daring





LK-6a. Fitur-fitur dan Struktur Pembelajaran dalam Moda Daring

Tujuan:
1.    Memahami fitur-fitur dalam sistem Guru Pembelajar daring
2.    Mempraktikkan penggunaan fitur page, book, lesson, file, folder, message, forum, blog, e-portfolio, chat, video conference, quiz pada LMS Moodle
3.    Menguraikan struktur pembelajaran modul daring
Langkah-langkah:
1.    membuka website dan log in
2.    menuliskan fungsi fitur pada setiap Ikon dalam pembelajaran sesuai format pengenalan fitur
3.    mencermati dan menuliskan nama kegiatan pembelajaran di setiap sesi modul Moda Daring sesuai format LK-6a.
4.    menuliskan Fitur yang digunakan di kegiatan pembelajaran pada setiap sesinya
5.    Mendeskripsikan manfaat fitur dalam pembelajaran Moda daring
Bagian 1:  Format Pengenalan Fitur

Ikon Fitur
Fungsi Fitur pada Pembelajaran Moda Daring
      Fitur di dalam moodle yang berupa laman web yang dapat menyajikan text, gambar, suara, video, atau tautan web.
      Pada Moda Daring, Page digunakan untuk menampilkan petunjuk atau pengantar sesi
      Fitur di dalam moodle yang bisa menampung kumpulan file
      Penggunaan folder bertujuan menampilkan kumpulan file yang lebih rapi daripada menampilkan file satu per satu dalam daftar.
      Pada Moda Daring, Folder digunakan untuk menampung kumpulan file Lembar Kerja (LK) atau bahan bacaan
Microsoft Word (MS. Word) merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi dari Microsoft Office yang digunakan untuk pengelolaan teks, pengelolaan dokumen, dan laporan.
File dalam format pdf yang dapat di unduh/download
      Fitur di dalam moodle yang memuat beberapa halaman selayaknya sebuah buku yang terdiri atas bab dan sub-bab.
      Book dapat berisi file media serta teks yang berguna untuk menampilkan detil informasi yang dapat dipecah menjadi beberapa bagian dan halaman.
      Pada Moda Daring, Book digunakan untuk memuat bahan bacaan
      Fitur di dalam moodle yang berupa rangkaian aktivitas pembelajaran
      Pada lesson bisa memuat bahan bacaan dan pertanyaan tentang suatu materi.
      Pada moda daring, lesson memuat aktivitas pembelajaran secara bertahap yang dapat membimbing peserta dalam memahami materi sesi
      Lesson digunakan pendalaman konsep disertai latihan atau penguatan melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilengkapi dengan umpan balik
      Fitur di dalam moodle yang digunakan untuk melakukan diskusi, sharing (gagasan, pengalaman maupun dokumen) antar user
      Pada Moda Daring, fitur ini dimanfaatkan untuk learning community agar terjadi pembelajaran kolaboratif antar peserta
      Fitur di dalam moodle yang digunakan sebagai media percakapan real time (syncrhronous) melalui tulisan.
      Fitur ini biasanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi secara langsung antara pengampu, Mentor dengan peserta (guru)
      Fitur di dalam moodle yang digunakan untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum
      Pada Moda Daring, Blog digunakan untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh peserta di setiap akhir sesi
      Fitur di dalam moodle ini dapat memuat banyak pertanyaan/pernyataan dan jawaban untuk mengukur kemampuan peserta
      Fitur ini biasanya dimanfaatkan sebagai penilaian secara formatif dan sumatif
Pengisian kuisioner



Bagian 2 : Format  Kajian Struktur Pembelajaran Moda Daring

1.    Mata Pelajaran/Paket Keahlian: kelas tinggi
2.    Kelompok Kompetensi            :
3.    Judul Modu                           l:
Sesi
Nama Kegiatan
Fitur*
Manfaat Fitur dalam Pembelajaran Moda Daring
Pendahuluan

Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar

Penjelasan Umum Kegiatan Guru Pembelajar Daring

Saran dan Cara Penggunaan Modul Guru Tinggi KK E


Alur Kegiatan Pembelajaran Daring

Book



Lesson

Page



Lesson


Memperoleh gambaran kebijakan GTK

Memuat informasi kegiatan

Memuat petunjuk belajar dalam memperlajari modul
Memuat tahapan pelaksanaan kegiatan
Sesi 1
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Kegiatan Pembelajaran

Pengantar Sesi 1
1.1                 Konsep Penilaian
1.2                 Pengembangan instrument Penilaian Pembelajaran

 Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.    Forum Sesi-1

Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 1

Lembar Kerja Sesi 1

Refleksi
Refleksi Sesi 1




Penilaian
Penilaian Diri Sesi 1





Tes Sumatif Sesi 1





Page
Lesson
Lesson



Page



Forum



Folder

Folder


Page



Quiz





Quiz




Memuat alur kegiatan
Penguraian materi
Penguraian materi


Memuat tagihan dan Penilaian diri

Tanya jawab atas masalah dalam forum

Penguraian Materi secara mendalam


Menampung berbagai manfaat dan pengalaman yang dirasakan peserta.

Memuat penilaian diri untuk mungukur penguasaan secara mandiri



Memuat soal untuk mengukur penguasaan dalam sesi tsb.
Sesi 2
MATERI DAN ENERGI 1

Kegiatan Pembelajaran
Pengantar Sesi 2


Kegiatan 2.1 Pengkajian Konsep Sifat Benda Berdasaerkan Wujudnya

Mengamati Video Campuran


Kegiatan 2.2 Pengkajian Konsep Campuran Homogen dan Heterogen


Petunjuk Pelaksanaan Materi Energi 1



Forum Sesi 2


Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 2
Kumpulan LK Sesi 2

Refleksi dan Umpan Balik
Refleksi Sesi 2


Umpan Balik Akhir Sesi 1 dan Sesi 2


Penilaian
Penilaian Diri Sesi 2

Tes Sumatif Sesi 2




Page


Lesson


Feedback

Lesson


Page




Forum



Folder
Folder



Page


Quisionnaire







Quiz


Quiz




Memuat alur kegiatan

Penguraian materi

Memperjelas konsep
Penguraian materi dan menarik perhatian

Penguraian konsep


Memuat langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Memuat diskusi sesama peserta


Memuat uraian materi


Menampung berbagai manfaat dan pengalaman yang dirasakan peserta

Penilaian keterlaksanaan dengan smily face.



Memuat penilaian diri untuk mungukur penguasaan secara mandiri


Memuat soal untuk mengukur penguasaan dalam sesi tsb.
Sesi 3
MATERI DAN ENERGI 2

Kegiatan Pembelajaran
Pengantar Sesi 3

Kegiatan 3.1 Menelaah Konsep Energi dan Perubahannya

Kegiatan 3.2 Menelaah Konsep Pesawat Sederhana

Petunjuk Pelaksanaan Pengkajian energy dan Perubahannya serta Pesawat Sederhana

Forum Sesi 3

Bahan Rujukan

Bahan Bacaan Sesi 3

Lembar Kerja Sesi 3

Refleksi dan Umpan Balik

Reflkesi sesi 3

Penilaian
Penilaian diri Sesi 3
Tes Sumatif Sesi 3



Page


Lesson


Lesson


Page



Forum



Folder

Folder

Page


Quiz
Quiz



Uraian sama dengan di atas sesuai kesamaan fitur yang ada
Sesi 4
PERUBAHAN WAKTU
Kegiatan Pembelajaran
Pengantar Sesi 4

Kegiatan 4.1 Perubahan Siang dan Malam

Petunjuk Pelaksanaan Perubahan Waktu

Forum Sesi 4

Bahan Rujukan
Bahan Bacaan Sesi 4

Kumpulan LK Sesi 4

Refleksi dan Umpan Balik

Refleksi Sesi 4

Umpan Balik Akhir Sesi 3 dan Sesi 4

Penilaian

Penilaian Diri Sesi 4

Tes Sumatif Sesi 4


Page

Lesson


Page


Forum


Folder

Folder

Page

Page

Quesionnaire




Quiz

Quiz

Uraian sama dengan di atas sesuai kesamaan fitur yang ada
Penutup
PENUTUP

Kesimpulan dan Umpan Balik



Penutup



Evaluasi Pelatihan




Tes Akhir


Page



Page



Questionnaire




Quiz


Memuat permintaan membuat tulisan
Memuat motivasi untuk terus belajar

Memuat evaluasi keterlaksanaan kegiatan

Memuat evaluasi untuk mengukur penguasaan materi secara menyeluruh.

 

R-6a. Rubrik Pemanfaatan Fitur dalam Pembelajaran Moda Daring

Rubrik ini digunakan untuk menilai proses pembelajaran Pengenalan Fitur-fitur dalam sistem Moda Daring.

Langkah-langkah penilaian:
1.  Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-6a!
2.  Berikan nilai terhadap hasil kegiatan peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria:
1.    Mengenal fitur-fitur yang digunakan dalam pembelajaran Moda Daring.
2.    Menuliskan fitur-fitur pembelajaran yang digunakan pada setiap sesi dengan tepat.
3.    Menuliskan nama kegiatan pada setiap sesi dengan benar.
4.    Mendeskripsikan pemanfaatan fitur-fitur di setiap kegiatan pembelajaran.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Empat aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Dua aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Satu aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai

Edy susilo,
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA

3 komentar :

Mas tri mengatakan...

Trimakasih, bisa di jadikan bhan referensi Bpk

Jeng Peri mengatakan...

Thanks sangat bermanfaat

PENGUKIR AKSARA mengatakan...

Good Job, thanks..Brooo