Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 06 Agustus 2016

LK 6C MODUL 9



LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional





Kelompok 9 :

1.       

LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional


Tujuan Kegiatan: Mengkaji modul Moda Daring Kompetensi Profesional
Langkah Kegiatan:
1.    Siapkan modul Moda Daring kompetensi profesional!
2.    Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
3.    Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4.    Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap!  Catat   hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya! 
5.    Presentasikan hasil diskusi
6.    Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

Format Kajian Modul

Mata Pelajaran/Paket Keahlian        : IPA/Kelas Tinggi SD
Kelompok Kompetensi                            : E
Judul Modul                                : Materi dan Energi 1

Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/Sub materi
Aktifitas Pembelajaran
Latihan/Tugas
Evaluasi
1.menjelaskan sifat dan  perubahan wujud benda melalui pengamata
2.menjelaskan penyebab terjadinya perubahan wujud 
3.membedakan perubahan tetap dan perubahan sementara.
1.membedakan benda padat, cair dan gas
2.mengidentifikasi  sifat benda padat, cair dan gas
3.mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan tetap
4.mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan sementara
5. memberi contoh peristiwa perubahan tetap dan perubahan sementara
Benda, Wujud Benda, dan Sifatnya
Persiapan :
Mengecek kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD Projector, Laptop, File, Active Speaker, dan Laser Pointer, atau media pembelajaran lainnya.

Kegiatan Pembelajaran :
1.   Guru pembelajar moda daring membuka pengantar sesi 2
2.   Melakukan pengkajian konsep sifat benda berdasarkan wujudnya
3.   Mengamati video campuran
4.   Melakukan pengkajian konsep campuran homogen dan heterogen
5.   Guru Pembelajar mengunduh bahan bacaan dan kunpulan LK sesi 2
6.   Peserta mengerjakan LK yang telah di unduh
7.   Guru Pembelajar moda daring mengunggah LK sesi 2 yang telah dikerjakan ke E-Portofolio
8.   Guru Pembelajar memberi tanggapan atau jawaban dari LK yang ada.

v Mengamati Vidio
v Mengerjakan LK
v Penilaian Diri Sesi 2
v Tes Sumatif Sesi 2















1.membedakan campuran homogen dari campuran heterogen 
2.merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan 
3.Menentukan teknik pemisahan campuran sesuai karakteristiknya
4.  Memilih teknik pemisahan campuran sesuai dengan sifat campuran
1.Membedakan campuran homogen dari campuran heterogen
2.Mengidentifikasi  sifat campuran homogen dan campuran heterogen
3. Menentukan kadar-  kadar zat dalam campuran
4.Melaksanakan percobaan membedakan campuran dan larutan
5. Menjelaskan teknik pemisahan campuran secara sederhana
6. Melakukan  pemisahan  campuran  yang  ada  dalam  kehidupan  sehari-hari  secara
  Sederhana
Campuran Dan Teknik Pemisahan











Perbedaan Karakteristik Tatap Muka dan Daring:

Moda tatap muka   : system  pembelajaran terjadi interaksi secara langsung antara pasilitator       dengan peserta pembelajaran. Interaksi pembelajaran meliputi pemberian infut materi, Tanya jawab, diskusi, latihan, kuis, praktek dan penugasan
Moda Daring            : dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi jaringan computer dan internet. Moda daring dilaksanakan dengan mempersiapkan system pembelajaran yang secara mandiri, memberikan instruksi dan layanan pembelajaran kepada peserta tanpa melibatkan secara langsung para pengampu dalam proses penyelenggaraannya.

Catatan   hal-hal penting yang menjadi masalah:
1.    Kurangnya pengetahuan peserta tentang TIK
2.    Peserta yang tidak memiliki motivasi untuk mempelajari TIK
3.    Adanya gangguan jaringan internet

Pemecahan Masalah :
1.    Seyogyanya setiap Guru Pembelajar memiliki sarana TIK
2.    Setiap Guru Pembelajar hendaknya punya motivasi belajar TIK




Rangkuman
Materi Dan Energi 1
                                          
                                




2.1 Sifat Benda Berdasarkan Wujudnya
2.2 Campuran Dan Teknik Pemisahan
1.     Benda, Wujud Benda dan Sifatnya
2.     
2. Perubahan Sifat Benda
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Benda
1.   Campuran Homogen dan Campuran Heterogen
2.  Kadar Zat Dalam Campuran
Ø  Persen Massa
Ø  Persen Volume
Ø  Persen Berat Per Volume
Ø  Bagian Persejuta
3.  Teknik Pemisahan Campuran
Ø  Destilasi/Penyulingan
Ø  Sublimasi
Ø  Filtrasi
Ø  Kristalisasi
Ø  Kromatografi
 































3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Benda
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Benda

 


R-6c.2. Rubrik Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja Pengkajian Modul moda daring kompetensi profesional

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.    Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -6c.2!
2.    Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.    Menuliskan identitas:  Mata pelajaran/Paket Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan   Kegiatan Pembelajaran    lengkap dan benar
2.    Menuliskan tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
3.    Menuliskan indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
4.    Mengidentifikasi materi/sub materi pada modul tepat
5.    Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
6.    Mendeskripsikan latihan   pada modul dengan tepat
7.    Mendeskripsikan evaluasi   pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai




Tidak ada komentar :