LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional
Kelompok 9 :
1.
LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional
Tujuan Kegiatan: Mengkaji modul Moda Daring Kompetensi Profesional
Langkah
Kegiatan:
1.
Siapkan
modul Moda Daring kompetensi profesional!
2.
Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian
Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui
kegiatan diskusi terpumpun!
3.
Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen
modul pada kolom yang tersedia
4.
Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau
mindmap! Catat hal-hal penting yang menjadi masalah pada
modul dan bagaimana pemecahan masalahnya!
5.
Presentasikan hasil diskusi
6.
Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan
dari kelompok lain!
Format
Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian : IPA/Kelas Tinggi SD
Kelompok Kompetensi : E
Judul Modul :
Materi dan Energi 1
Tujuan
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi/Sub materi
|
Aktifitas
Pembelajaran
|
Latihan/Tugas
|
Evaluasi
|
1.menjelaskan sifat dan
perubahan wujud benda melalui
pengamatan
2.menjelaskan penyebab terjadinya perubahan wujud
3.membedakan
perubahan tetap dan perubahan sementara.
|
1.membedakan benda padat, cair dan gas
2.mengidentifikasi sifat benda
padat, cair dan gas
3.mengidentifikasi ciri-ciri benda yang
mengalami perubahan
tetap
4.mengidentifikasi ciri-ciri benda yang
mengalami perubahan sementara
5. memberi
contoh peristiwa perubahan tetap dan perubahan sementara
|
Benda, Wujud Benda, dan Sifatnya
|
Persiapan :
Mengecek
kelengkapan alat pembelajaran, seperti LCD
Projector, Laptop, File, Active
Speaker, dan Laser Pointer,
atau media pembelajaran lainnya.
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Guru
pembelajar moda daring membuka pengantar sesi 2
2.
Melakukan
pengkajian konsep sifat benda berdasarkan wujudnya
3.
Mengamati
video campuran
4.
Melakukan
pengkajian konsep campuran homogen dan heterogen
5.
Guru
Pembelajar mengunduh bahan bacaan dan kunpulan LK sesi 2
6.
Peserta
mengerjakan LK yang telah di unduh
7.
Guru Pembelajar
moda daring mengunggah LK sesi 2 yang telah dikerjakan ke E-Portofolio
8.
Guru
Pembelajar memberi tanggapan atau jawaban dari LK yang ada.
|
v Mengamati Vidio
v Mengerjakan LK
|
v Penilaian Diri Sesi 2
v Tes Sumatif Sesi 2
|
1.membedakan campuran homogen dari campuran heterogen
2.merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan
campuran dan larutan
3.Menentukan teknik pemisahan campuran sesuai karakteristiknya
4. Memilih teknik pemisahan
campuran sesuai dengan sifat campuran
|
1.Membedakan campuran homogen dari campuran
heterogen
2.Mengidentifikasi sifat campuran homogen dan campuran
heterogen
3. Menentukan kadar- kadar zat dalam campuran
4.Melaksanakan percobaan membedakan campuran
dan larutan
5. Menjelaskan teknik pemisahan
campuran secara sederhana
6. Melakukan
pemisahan campuran yang
ada dalam kehidupan
sehari-hari secara
Sederhana
|
Campuran Dan Teknik Pemisahan
|
Perbedaan
Karakteristik Tatap Muka dan Daring:
Moda tatap muka : system pembelajaran terjadi interaksi secara
langsung antara pasilitator dengan
peserta pembelajaran. Interaksi pembelajaran meliputi pemberian infut materi,
Tanya jawab, diskusi, latihan, kuis, praktek dan penugasan
Moda Daring : dilaksanakan
dengan memanfaatkan teknologi jaringan computer dan internet. Moda daring
dilaksanakan dengan mempersiapkan system pembelajaran yang secara mandiri,
memberikan instruksi dan layanan pembelajaran kepada peserta tanpa melibatkan
secara langsung para pengampu dalam proses penyelenggaraannya.
Catatan
hal-hal penting yang menjadi
masalah:
1. Kurangnya pengetahuan peserta tentang TIK
2. Peserta yang tidak memiliki motivasi untuk mempelajari
TIK
3. Adanya gangguan jaringan internet
Pemecahan
Masalah :
1. Seyogyanya setiap Guru Pembelajar memiliki sarana TIK
2. Setiap Guru Pembelajar hendaknya punya motivasi
belajar TIK
Rangkuman
Materi Dan Energi 1
|
2.1 Sifat
Benda Berdasarkan Wujudnya
|
2.2 Campuran Dan Teknik Pemisahan
|
1.
Benda, Wujud Benda dan Sifatnya
2.
|
2. Perubahan Sifat Benda
|
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sifat Benda
|
1. Campuran Homogen
dan Campuran Heterogen
|
2. Kadar Zat Dalam
Campuran
Ø Persen Massa
Ø Persen Volume
Ø Persen Berat Per
Volume
Ø Bagian Persejuta
|
3. Teknik Pemisahan
Campuran
Ø Destilasi/Penyulingan
Ø Sublimasi
Ø Filtrasi
Ø Kristalisasi
Ø Kromatografi
|
3. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Sifat Benda
|
3. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Sifat Benda
|
R-6c.2. Rubrik
Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja Pengkajian Modul moda daring kompetensi
profesional
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas
yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -6c.2!
2.
Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian
Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
1.
Menuliskan
identitas: Mata pelajaran/Paket
Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan
Kegiatan Pembelajaran lengkap
dan benar
2.
Menuliskan
tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
3.
Menuliskan
indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
4.
Mengidentifikasi
materi/sub materi pada modul tepat
5.
Mendeskripsikan
aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
6.
Mendeskripsikan
latihan pada modul dengan tepat
7.
Mendeskripsikan
evaluasi pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar