Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 06 Agustus 2016

TUGAS LK SIMULASI PAEDAGOGIK DAN PROFESIONAL


TUGAS  LK SIMULASI PAEDAGOGIK DAN PROFESIONAL



GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD Kelas tinggi - Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
AlokasiWaktu   
:
5 JP @ 45 menit = 225 menit
DeskripsiSingkat
:
Materi diklat ini membahas materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat dalam memahami  teori belajar, dan
Kompetensi


a. Kompetensi Inti
:
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
b. Kompetensi Guru
:
2.1. Memahamiberbagaiteoribelajardanprinsip-prinsippembelajaran yang mendidik
Tujuan Pembelajaran
:
A.    Setelah mempelajari teori belajar guru dapat :
1.    Menjelaskan tujuan mengapa guru mempelajari teori belajar dengan baik
2.    Menjelaskan hakekat belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3.    Menjelaskan peran hakekat belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar
dengan tepat
4.    Membedakan dengan tepat dari keempat aliran teori belajar, yaitu behaviorisme,
kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme dengan tepat
CATATAN : Tujuan Pembelajaran ditambahkan


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI
A.     Peserta diklat dapat menjelaskan:
1.       Menjelaskan pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2.       Menjelaskan  hakekat   belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3.       Menjelaskan peran hakekat belajar untuk merumuskan  berbagai  teori belajar.
4.       Membedakan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivise dan humanisme
Teori Belajar
Teori Belajar
1.     Teori Belajar dalam Aliran Behaviorisme
2.     Teori Belajar dalam Aliran Kognitivisme
3.     Teori Belajar dalam Aliran Konstruktivisme
4.     Teori Belajar dalam Aliran Humanisme


curah pendapat,  tanya jawab, diskusi,  presentasi,
Laptop, LCD Projector, papan tulis, board paper/flip chart
5 JP @ 45 menit = 225 menit
1.     BaharuddindanEsaNurWahyun (2015) TeoriBelajar&Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia
2.     Cruickshank, Jenkins & Metcalf  (2012) The Act of Teaching 6th ed. Singapore: McGraw Hill Education
3.     Degeng, N.S. (2013) IlmuPembelajaran: KlasifikasiVariabeluntukpengembanganTeoridanPenelitian. Bandung: KalamHidup& Aras Media
4.     Eggen&Kauchak (2007) Educational Psychology: Windows on Classrooms 7th Ed. Upper Sadle River, NJ: Pearson
5.     Herman Hudoyo (1988) MengajarBelajarMatematika. Jakarta: Depdikbud, DirjenDikti, PPLPTK
6.     Karso.,dkk (2013) PendidikanMatematika 1.  Tangerang Selatan: Penerbit UT
7.     NurHamiyahdan Muhammad Jauhari (2014) StrategiBelajarMengajar di Kelas. Jakarta: PrestasiPustakarya
8.     Rusman (2012) BelajardanPembelajaranBerbasisKomputer. Bandung: Alfa Beta
9.     Slavin, R.E (2009) Educational Pshycology: Theory into Practice 9th ed. Engelwood: Prentice Hall
10.  Suranto (2015) TeoriBelajar&PembelajaranKontemporer. Yogyakarta: LaksBangPressindo
11.  SuyonodanHaryanto (2014) BelajardanPembelajaran. Bandung: RemajaRosdakarya
12.  Udin S. Winataputra, dkk  (2007) MateridanPembelajaranPKn SD. Jakarta: PusatPenerbitanUniversitas Terbuka


GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
SDkelas tinggi- Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
Pedagogik
Judul Modul
:
Pengembangan Kurikulum 2
AlokasiWaktu   
:
1x pertemuan = 5jp


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU (menit)
PERSIAPAN
Mengecekkelengkapanalatpembelajaran, sepertiLCD Projector, Laptop, File, flip chart/board paper dan media pembelajaranlainnya.

KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran. (1 kegiatan pembelajaran)
15
KEGIATAN INTI 1

Brainstorming:
1.      teori belajar apa saja yang diketahui dan apa fokus dari masing-masing  teori belajar itu
2.      mengapa guru perlu mempelajari teori belajar
35
Mempelajari materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakanaktivitas pembelajaran yang ada di modul
60
Presentasi
50
Latihan 1
40
KEGIATAN PENUTUP
Mereview kegiatan belajar
25
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlahalokasiwaktu
225















GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT

Mapel/Kelompok Kompetensi
:
SD KELAS TINGGI- Kelompok Kompetensi B

Kompetensi
:
PROFESIONAL

Judul Modul
:
Statistika

Alokasi Waktu  
:
7 JP @ 45 menit = 315 menit

Deskripsi Singkat
:
Modul ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru meningkatkan kompetensinya dalam melakukan tindakan reflektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan Asli Cacah dan Bulat, Pecahan serta Statistika.

Kompetensi



a. Kompetensi Inti
:
Menguasai materi, struktur,  konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Kompetensi Guru
:
20.7 Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.D52

Tujuan
:
1. Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel
2. Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3. Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran


INDIKATOR KEBERHASILAN
MATERI POKOK
SUBMATERI POKOK
METODE
ALAT BANTU / MEDIA
ESTIMASI WAKTU
REFERENSI
Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,  diagram batang, atau diagram lingkaran.

statistik adalah sekumpulan informasi mengenai
suatu objek.
data ada dua yaitu
data numerik (Kuantitatif/angka)contoh : tinggi anak, berat badan, nilai ulangan, dll. dan data non numerik (kualitatif) contoh : jenis pekerjaan, kegiatan ekstra, keaktifan siswa, dll
Sedangkan pada silabus materi ada 3 namun  kalimatnya sama.

1.      Menginterpretasikan data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,  diagram batang, atau diagram lingkaran.
2.      Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran
3.      Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran
4.      Menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data  dengan menggunakan statistik sederhana

1.      Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk table
2.      Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.      Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
4.      menentukan rata-rata suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
5.      menentukan median suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
6.      menentukan modus suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana

1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Presentasi
1. Laptop
2. LCD Projector
3. Whiteboard/
Flipchart
7 JP X 45 Menit = 315 menit
Modul Kelompok Kompetensi B (Profesional):
-       Kajian Bilangan dan Statistik.

GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT

Mapel - Kelompok Kompetensi
:
Modul SD Kelas Tinggi - Kelompok Kompetensi B
Kompetensi
:
PROFESIONAL
Judul Modul
:
Kajian Bilangan dan Statistika
Alokasi Waktu  
:
7 JP @ 45 menit = 315 menit


TAHAPAN KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
KEGIATAN PENDAHULUAN
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta diklat.
15 menit
Fasilitator mengupayakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran
KEGIATAN INTI
1.       Pelaksanaan  Pembelajaran Statistika)
Brainstorming terkait Pembelajaran Statistika
45 menit
Diskusi mengkaji materi tentang  menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang atau diagram lingkaran, menentukan rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data  dengan menggunakan statistik sederhana,    serta menyelesaikan aktivitas pembelajaran yang ada di modul
90 menit
Presentasi
90
Latihan soal uji kompetensi
45 menit
KEGIATAN PENUTUP

Mereview kegiatan belajar yang telah berlangsung
30 menit
Refleksi dan umpan balik
Fasilitator menutup kegiatan
Jumlah alokasi waktu
315

Tidak ada komentar :