TUGAS LK SIMULASI PAEDAGOGIK DAN PROFESIONAL
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok Kompetensi
|
:
|
SD Kelas tinggi - Kelompok Kompetensi B
|
||||||
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
||||||
Judul Modul
|
:
|
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
|
||||||
AlokasiWaktu
|
:
|
5 JP @ 45 menit = 225 menit
|
||||||
DeskripsiSingkat
|
:
|
Materi diklat ini
membahas materi pedagogik untuk meningkatkan kompetensi guru/peserta diklat
dalam memahami teori belajar, dan
|
||||||
Kompetensi
|
|
|
||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
2.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
2.1. Memahamiberbagaiteoribelajardanprinsip-prinsippembelajaran yang
mendidik
|
||||||
Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
A.
Setelah mempelajari teori
belajar guru dapat :
1.
Menjelaskan tujuan mengapa
guru mempelajari teori belajar dengan baik
2.
Menjelaskan hakekat belajar
dan berbagai teori belajar dengan benar
3.
Menjelaskan peran hakekat
belajar untuk merumuskan berbagai teori belajar
dengan tepat
4.
Membedakan dengan tepat dari
keempat aliran teori belajar, yaitu behaviorisme,
kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme dengan tepat
CATATAN : Tujuan
Pembelajaran ditambahkan
|
||||||
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
||
A. Peserta
diklat dapat menjelaskan:
1.
Menjelaskan
pentingnya guru perlu mempelajari teori belajar
2.
Menjelaskan hakekat
belajar dan berbagai teori belajar dengan benar
3.
Menjelaskan
peran hakekat belajar untuk merumuskan
berbagai teori belajar.
4.
Membedakan
behaviorisme, kognitivisme, konstruktivise dan humanisme
|
Teori Belajar
|
Teori Belajar
1. Teori Belajar dalam Aliran Behaviorisme
2.
Teori Belajar
dalam Aliran Kognitivisme
3.
Teori Belajar
dalam Aliran Konstruktivisme
4.
Teori Belajar
dalam Aliran Humanisme
|
curah pendapat, tanya jawab, diskusi, presentasi,
|
Laptop, LCD Projector, papan tulis, board
paper/flip chart
|
5 JP @ 45 menit = 225
menit
|
1. BaharuddindanEsaNurWahyun (2015) TeoriBelajar&Pembelajaran.
Yogyakarta: Ar-RuzzMedia
2. Cruickshank, Jenkins & Metcalf (2012) The
Act of Teaching 6th ed. Singapore: McGraw Hill Education
3. Degeng, N.S. (2013) IlmuPembelajaran:
KlasifikasiVariabeluntukpengembanganTeoridanPenelitian. Bandung:
KalamHidup& Aras Media
4. Eggen&Kauchak (2007) Educational Psychology: Windows on Classrooms 7th Ed.
Upper Sadle River, NJ: Pearson
5. Herman Hudoyo (1988) MengajarBelajarMatematika. Jakarta: Depdikbud, DirjenDikti,
PPLPTK
6. Karso.,dkk (2013) PendidikanMatematika 1.
Tangerang Selatan: Penerbit UT
7. NurHamiyahdan Muhammad Jauhari (2014) StrategiBelajarMengajar di Kelas.
Jakarta: PrestasiPustakarya
8. Rusman (2012) BelajardanPembelajaranBerbasisKomputer.
Bandung: Alfa Beta
9. Slavin, R.E (2009) Educational Pshycology: Theory into Practice 9th ed. Engelwood: Prentice
Hall
10. Suranto (2015) TeoriBelajar&PembelajaranKontemporer. Yogyakarta:
LaksBangPressindo
11. SuyonodanHaryanto (2014) BelajardanPembelajaran. Bandung: RemajaRosdakarya
12. Udin S. Winataputra, dkk (2007) MateridanPembelajaranPKn
SD. Jakarta: PusatPenerbitanUniversitas Terbuka
|
||
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok Kompetensi
|
:
|
SDkelas tinggi-
Kelompok Kompetensi B
|
Kompetensi
|
:
|
Pedagogik
|
Judul Modul
|
:
|
Pengembangan Kurikulum 2
|
AlokasiWaktu
|
:
|
1x pertemuan = 5jp
|
TAHAPAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
(menit)
|
PERSIAPAN
|
Mengecekkelengkapanalatpembelajaran,
sepertiLCD Projector, Laptop, File,
flip chart/board paper dan media pembelajaranlainnya.
|
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator menjelaskan
kompetensi, tujuan, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan
pembelajaran. (1 kegiatan pembelajaran)
|
15
|
KEGIATAN INTI 1
|
Brainstorming:
1.
teori belajar apa saja yang
diketahui dan apa fokus dari masing-masing
teori belajar itu
2.
mengapa guru
perlu mempelajari teori belajar
|
35
|
Mempelajari
materi dan dalam kelompok kecil berdiskusi mengerjakanaktivitas pembelajaran
yang ada di modul
|
60
|
|
Presentasi
|
50
|
|
Latihan
1
|
40
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview
kegiatan belajar
|
25
|
Refleksi
dan umpan balik
|
||
Fasilitator
menutup kegiatan
|
||
Jumlahalokasiwaktu
|
225
|
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA
SILABUS DIKLAT
Mapel/Kelompok
Kompetensi
|
:
|
SD KELAS TINGGI- Kelompok Kompetensi B
|
|||||||
Kompetensi
|
:
|
PROFESIONAL
|
|||||||
Judul Modul
|
:
|
Statistika
|
|||||||
Alokasi Waktu
|
:
|
7 JP @ 45 menit = 315 menit
|
|||||||
Deskripsi Singkat
|
:
|
Modul ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru
meningkatkan kompetensinya dalam melakukan tindakan
reflektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep Bilangan
Asli Cacah dan Bulat, Pecahan serta Statistika.
|
|||||||
Kompetensi
|
|
|
|||||||
a. Kompetensi Inti
|
:
|
Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu.
|
|||||||
b. Kompetensi Guru
|
:
|
20.7 Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar,
geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.D52
|
|||||||
Tujuan
|
:
|
1.
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel
2.
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.
Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
|
|||||||
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
MATERI POKOK
|
SUBMATERI POKOK
|
METODE
|
ALAT BANTU / MEDIA
|
ESTIMASI WAKTU
|
REFERENSI
|
|||
Menginterpretasikan data yang ditampilkan
dalam bentuk tabel, diagram batang,
atau diagram lingkaran.
|
statistik
adalah sekumpulan informasi mengenai
suatu
objek.
data
ada dua yaitu
data
numerik (Kuantitatif/angka)contoh : tinggi anak, berat badan, nilai ulangan,
dll. dan data non numerik (kualitatif) contoh : jenis pekerjaan, kegiatan
ekstra, keaktifan siswa, dll
Sedangkan pada silabus materi ada 3 namun kalimatnya sama.
1.
Menginterpretasikan
data yang ditampilkan dalam bentuk tabel,
diagram batang, atau diagram lingkaran.
2.
Menginterpretasikan Data yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram
Batang atau Diagram Lingkaran
3.
Menginterpretasikan Data
yang Disajikan dalam Bentuk Tabel, Diagram Batang atau Diagram Lingkaran
4.
Menentukan rata-rata,
median, atau modus suatu kumpulan data
dengan menggunakan statistik sederhana
|
1. Menginterpretasikan data yang disajikan
dalam bentuk table
2. Menginterpretasikan data yang disajikan
dalam bentuk diagram batang
3. Menginterpretasikan data yang disajikan
dalam bentuk diagram lingkaran
4. menentukan
rata-rata suatu kumpulan data menggunakan statistik sederhana
5. menentukan median suatu kumpulan data
menggunakan statistik sederhana
6. menentukan modus suatu kumpulan data
menggunakan statistik sederhana
|
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Presentasi
|
1. Laptop
2. LCD Projector
3. Whiteboard/
Flipchart
|
7 JP X 45 Menit =
315 menit
|
Modul Kelompok Kompetensi B (Profesional):
-
Kajian Bilangan
dan Statistik.
|
|||
GURU PEMBELAJAR MODA
TATAP MUKA
SKENARIO DIKLAT
Mapel - Kelompok
Kompetensi
|
:
|
Modul SD Kelas Tinggi - Kelompok Kompetensi B
|
Kompetensi
|
:
|
PROFESIONAL
|
Judul Modul
|
:
|
Kajian Bilangan
dan Statistika
|
Alokasi Waktu
|
:
|
7 JP @ 45 menit = 315 menit
|
TAHAPAN KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
Fasilitator mengucapkan salam dan menyapa peserta
diklat.
|
15 menit
|
Fasilitator mengupayakan suasana pembelajaran
yang kondusif.
|
||
Fasilitator menjelaskan kompetensi, tujuan,
indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran
|
||
KEGIATAN INTI
1. Pelaksanaan
Pembelajaran Statistika)
|
Brainstorming
terkait Pembelajaran Statistika
|
45 menit
|
Diskusi mengkaji materi tentang
menginterpretasikan data
yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang atau diagram lingkaran, menentukan
rata-rata, median, atau modus suatu kumpulan data dengan menggunakan statistik sederhana, serta menyelesaikan aktivitas pembelajaran
yang ada di modul
|
90 menit
|
|
Presentasi
|
90
|
|
Latihan soal uji
kompetensi
|
45 menit
|
|
KEGIATAN PENUTUP
|
Mereview kegiatan
belajar yang telah berlangsung
|
30 menit
|
Refleksi dan
umpan balik
|
||
Fasilitator
menutup kegiatan
|
||
Jumlah alokasi
waktu
|
315
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar