PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKLOLAH
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKLOLAH
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Siklus II

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKLOLAH
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGINTEGRASIAN NILAI KARAKTER DALAM RPP MELALUI PENDAMPINGAN KEPALA SD 05 ARGAMAKMUR TAHUN PELAJARN 2014-2015
|
Disampaikan untuk memenuhi sebagian syarat
Menempuh Mata Kuliah Inovasi Pendidikan
Pada Program Studi Magister Administrasi Pendidikan
PPs FKIP Universitas Bengkulu
Semester II Tahun Akademik 2013/2014
Dosen Prof.Rambat Nur Sasongko dan Dr.Osa Juarsa
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | |||||||
Oleh
EDY SUSILO
A2K013026
PROGRAM STUDI
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
UNIVERSTAS BENGKULU
2014
JUDUL PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKLOLAH
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGINTEGRASIAN NILAI KARAKTER DALAM RPP MELALUI PENDAMPINGAN KEPALA SD 05 ARGAMAKMUR TAHUN PELAJARN 2014-2015
Disampaikan untuk memenuhi sebagian syarat
Menempuh Mata Kuliah Inovasi Pendidikan
Pada ProgramStudi Magister Administrasi Pendidikan
PPs FKIP Universitas Bengkulu
Semester II Tahun Akademik 2013/2014
Dosen Prof.Rambat Nur Sasongko dan Dr.Osa Juarsa
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() | |||||||
Oleh
EDY SUSILO
A2K013026
PROGRAM STUDI
MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN
UNIVERSTAS BENGKULU
2014
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas ridho-Nya, tim dengan segala kelemahan dan kekurangan kami,dapat meyelesaikan Proposal Penelitian Tindakan sekolah SDN 05 Argamakmur.Dalam kegiatan ini akan kami laksankan padabilan Agustus dan September tahun 2014.Sebagai kepala sekolah dan pengambil keputusan di institusi yang kami pimpin tentunya harus memahami segala kelemahan dan kekurangan yang ada di sekolah kami.
Dalam Kurikulum SDN.05 Argamakmur,terdapat 17 indikator sikap disiplin warga sekolah.Oleh sebab itu untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan idndikator itu dikaitkan dengan 18 nilai sikap karakter bangsa kami selaku kepala sekolah mengadakan Penelitian Tindakan sekolah.
Pengawas SD selaku pembina kami di lapangan,banyak memberikan masukan tentang implementasi nilai-nilai tersubut di atas,karena terlibat dalam penyusunan KTSP SDN 05 Argamakmur.Sebagai tindak lanjut implementasi dari kurikulum ini akan diadakan evaluasi dan perbaikan-perbaikan seperlunya.termasuk di dalamnya kami akan mengadakan Penelitian Tindakan Sekolah.Semoga dengan mengadakan penelitian ini dengan hasil yang sudah dicapai,diharpkan adanya peningkatan implementasi nilai/indikator dalam penelitan kami
Saran dan kritik yang bersifat membangun kami harapkan demi perbaikan PTS kami selanjutnya.Kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan kami melaksanakan PTS kami ucapkan banyak terimakasih.
Argamakmur, Mei 2014
Penulis
EDY SUSILO
LEMBAR PENGESAHAN
NAMA
NIM
PANGKAT/GOL.
JUDUL PTS
|
: EDY SUSILO,S.Pd.
: A2K013026
: JUDUL PROPOSAL
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGINTEGRASIAN NILAI KARAKTER DALAM RPP MELALUI PENDAMPINGAN KEPALA SD 05 ARGAMAKMUR TAHUN PELAJARN 2014-2015
|
Dosen Pembimbing
DR.OSA JUARSA.
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
|
..................................................................
..................................................................
..................................................................
.................................................................
|
i
ii
iii
iv
|
A
|
PENDAHULUAN
| ||
1
2
3
4
5
|
Latar Belakang Masalah.......................................................................
Rumusan Masalah dan Pemecahannya..................................,...............
Tujuan.......................................................................................,,...........
Manfaat................................................................................................
Ruang Lingkup................................................................................
|
1
1
1
1
2
| |
6
|
Difinisi Konsep
|
2
| |
B
|
KAJIAN PUSTAKA
| ||
1
2
|
Diskripsi Teoritik .......................................................................
Hasil Penelitian yang Relevan......................................................
|
3
3
| |
3
|
Paradigma Penelitian
|
4
| |
C
|
METODE PENELITIAN TINDAKAN
| ||
1
2
3
4
5
|
Rancangan Penelitian .........................................................
1. Siklus I
2. Siklus II
Subjek Penelitian Penelitian...................................
Teknik pengumpulan data
Tiknik Analisis data...........................................................,.........
Indikator Keberhasilan...............................................................
|
4
5
5
5
6
| |
Daftar Pustaka
|
9
|
A. PENDAHULUAN
1.Latar Belakang Masalah
Pembangunan nasional yang selama ini dilaksanakan telah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan masyarakat, yang meliputi bidang sosial budaya dan kehidupan beragama, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, politik, pertahanan dan keamanan, hukum dan aparatur, pembangunan wilayah dan tata ruang, penyediaan sarana dan prasarana, serta pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Namun, di samping banyak kemajuan yang telah dicapai ternyata masih banyak masalah dan tantangan yang belum sepenuhnya terselesaikan, termasuk kondisi karakter bangsa yang akhir-akhir ini mengalami pergeseran
2. Rumusan Masalah dan Pemecahannya
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, permasalahan dalam penelitian di rumuskan sebagai berikut: "
1.Bagaimana penerapan Nilai Karakter Bangsa di SDN 05 Arga Makmur ke dalam Rencana Program Pembelajaran?
2.Apa upaya yang dilakukan untuk dapat memahami pengintegrasian nilai karakter ke dalam RPP?
3. Tujuan Penelitian
a). Tujuan umum dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui model penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 05 Argamakmur, Kabupaten BengkuluUtara
b) Tujuan khusus dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui efevtivitas Kemampuan engintegrasian nilai karakter ke dalam RPP
4. Adapun manfaat dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, antara lain:
a). Bagi Guru :
a). Bagi Guru :
Kemampuan menerapkan nilai karakter akan memberi motivasi kepribadian yang berkarakter dan budaya Indonesia
b). Bagi Siswa :
Dengan penerapan pendekatan pendidikan Karakter siswa akan tergugah semangat belajarnya sehingga menambah akan keberanian untuk bertanya, menjawab, melakukan sesuatu tindakan yang berpola terstruktur, menemukan dan mengembangkan ide-ide baru, sehingga aktivitas dan antusias belajar siswa lebih meningkat.
c). Bagi Sekolah : Hasil dari proses MENDIDIK diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang berkarakter budaya Indonesia
5.Ruang Lingkup
Berdasarkan hasil identifikasi masalah dan dengan mempertimbangkan waktu, tenaga dan biaya yang tersedia, penelitian tindakan sekolah ini hanya membatasi pada masalah “Pengintegrasian nilsi Karakter bangsa Indonesia pada RPP” sebagai upaya implementasi nilai-nilai karakter bangsa.di SDN 05 Argamakmur Bengkulu Utara
6.Difinisi Konsep
Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat. Sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan itu adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya dan lingkungan alamnya. Sistem berpikir, nilai, moral, norma dan keyakinan itu digunakan dalam kehidupan manusia dan menghasilkan sistem sosial, sistem ekonomi, sistem kepercayaan, sistem pengetahuan, teknologi, seni, dan sebagainya.Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak
B. KAJIAN PUSTAKA
1.Deskripsi Teoritik
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab
2.Hasil Penelitian yang Relevan
Adanya Penelitian Tindakan Sekolah yang telah dilakukan yang berkaitan dengan Pendidikan Karakter Bangsa.yang Olah hati, olah pikir, olah raga, serta olah rasa dan karsa sebenarnya saling terkait satu sama lainnya. Oleh sebab itu, banyak aspek karakter yang dapat dijelaskan sebagai hasil dari beberapa proses. Dari hasil pengamatan dan refleksi Penelitian Tindakan Sekolah dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Penerapan kedisiplinan pada guru dapat mewujudkan pendidikan karakter bangsaKarakter yang bersumber dari olah rasa dan karsa antara lain kemanusiaan, saling menghargai, gotong royong, kebersamaan, ramah, hormat, toleran, nasionalis, peduli, , mengutamakan kepentingan umum, cinta tanah air, bangga menggunakan bahasa dan , kerja kera.
3.Paradigma Penelitian
Pola berfikir dalam kegiatan penelitian ini,bahwa Pendidikan Karakter Bangsa ynang bersumber dari budaya bangsa kita,harus ditumbuh kembangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun pada kenyatan di lapangan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia itu sudah mulai ditinggalkan.Oleh sebab itu sebagai pioner bidang pendidikan kita harus memberikan contoh prilaku yang bersumber dari nilai buadaya bangsa kita.
C.METODE PENELITIAN
1.Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian ini ialah berupa penelitian tindakan sekolah dengan alur tindakan:
Refleksi Awal → Perencanaan Tindakan I → Pelaksanaan Tindakan I → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi I → Perencanaan Tindakan II → Pelaksanaan Tindakan II → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi II → Perencanaan Tindakan III → Pelaksanaan Tindakan III → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi III.
Refleksi Awal → Perencanaan Tindakan I → Pelaksanaan Tindakan I → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi I → Perencanaan Tindakan II → Pelaksanaan Tindakan II → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi II → Perencanaan Tindakan III → Pelaksanaan Tindakan III → Observasi, Refleksi, dan Evaluasi III.
Siklus I
Pelaksanaan
|
Refleksi
|
Perencanaan
|
Perencanaan
|
SIKLUS I
|
Pengamatan dan Evaluasi
|
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Pengamatan
Dan Evaluasi
|
Refleksi
|
SIKLUS II
|
Berdasarkan alur desain penelitian di atas, tahapan penelitian tersebut akan diterangkan sebagai berikut:
a. Refleksi Awal
Pada tahap ini dilakukan identifikasi kemampuan manajerial pengelola perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan sekolah di SDN 05 Argamakmur
b. Perencanaan Tindakan
Masalah yang dirisaukan akan diatasi dengan melakukan langkah-langkah perencanaan tindakan..
c. Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap pelaksanaan tindakan ini akan dilakukan tindakan berupa data, lembar observasi,
d. Observasi, Refleksi, dan Evalausi.Tahap ini dilakukan untuk mengumpulkan data-data dan menganalisisnya yang kemudian diambil kesimpulan dari penelitian tindakan sekolah ini
Pada tahap ini dilakukan identifikasi kemampuan manajerial pengelola perpustakaan dalam mengembangkan perpustakaan sekolah di SDN 05 Argamakmur
b. Perencanaan Tindakan
Masalah yang dirisaukan akan diatasi dengan melakukan langkah-langkah perencanaan tindakan..
c. Pelaksanaan Tindakan
Pada tahap pelaksanaan tindakan ini akan dilakukan tindakan berupa data, lembar observasi,
d. Observasi, Refleksi, dan Evalausi.Tahap ini dilakukan untuk mengumpulkan data-data dan menganalisisnya yang kemudian diambil kesimpulan dari penelitian tindakan sekolah ini
2.Subyek Penelitian
Yang menjadi subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guruSDN 05 Arga Makmur Bengkulu Utara tahun pelajaran 2014-2015
3.Teknik Pengumpulan Data dan Pengembangan instrumen
Teknik pengumpulan data yang kami lakukan adalah melalui observasi,wawancara dan studi dokumentasi yang dimiliki oleh sekolah
Pengembangan instrumen dalam penelitian tindakan ini didasari oleh 18 nilai karakter bangsa yang di senergikan dengan nila-nilai kedisiplinan yang di kembangkan oleh pelaku tindakan (peneliti)
4.Teknik Analisis Data
Teknika analisa data mengunakan data kualitatif dan kuantitatif yang dasari dari instrumen pengamatan guru-guru SDN 05 Argamakmur
5.Indikator Keberhasilan Penelitian
Indikator keberhasilan dalam melaksanakan tindakan apabila guru-guru SDN 05 Argamakmur sudah memahami,mengerti dan melaksanakan karakter bangsa yang tercerim dalam prilaku sehari hari dan berhubungan dengan 18 nilai karakter bangsa
Nilai Karakter Yang diitegrasikan ke dalam RPP
NILAI
|
DESKRIPSI
|
1. Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
3. Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
|
4. Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
5. Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
6. Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
|
7. Mandiri
|
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
8. Demokratis
|
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
9. Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.
|
10. Semangat Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
|
11. Cinta Tanah Air
|
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
|
12. Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.
|
13. Bersahabat/
Komuniktif
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
|
14. Cinta Damai
|
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadirandirinya
|
15. Gemar Membaca
|
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
16. Peduli Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
17. Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
18. Tanggung jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
Sumber:kemendiknas pedikar 2012
D. Agenda Penelitia
1.Jadual Penelitian
Dalam melaksanakan penelitian Tindakan ini melalui 2 siklus,yang tentunya makan waktu yang berbeda,maka direncanakan pada siklus I 1 sampai 30 juli 2014 dan siklus II direncanakan pada tanggal 1 sampai 30 September 2014
NO
|
BULAN
|
HARI/TANGGAL
| |||||
1
|
AGUSTUS
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
4
|
5
|
6
| |||||
14
|
15
|
16
| |||||
18
|
19
|
20
| |||||
28
|
29
|
30
| |||||
2
|
SEPTEMBER
|
5
|
6
|
7
| |||
8
|
9
|
10
| |||||
18
|
19
|
20
| |||||
22
|
23
|
24
| |||||
27
| |||||||
29
|
Keterangan
Observasi,tindakan pada guru kelas I,II,III
| |
Observasi,tindakan pada guru kelas IV,V,VI
|
2.Dukungan Fasilitas yang ada
Menggunakan fasilitas yang ada di SDN 05 Argamakmur,sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan tindakan
E.Daftar Pustaka
Puskur 2010 .Pengembangan Pendidikan Budaya Karakter Bangsa
Darmiyati Zuchdi. (2010). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali
Darmiyati Zuchdi dkk. (2009). Pendidikan Karakter: Grand Design dan Nilai-nilai
Target. Yogyakarta: UNY Press.
Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia.
Jakarta: Pusat Bahasa.
Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman
Global. Jakarta: Grasindo.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar