LK-7. Pengembangan Butir Soal
LK-7.
Pengembangan Butir Soal
EDY SUSILO,S.Pd SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
Tujuan Kegiatan:
Peserta pelatihan mampu mengembangkan butir soal untuk
bahan awal bank soal uji kompetensi sesuai dengan kriteria.
Langkah Kegiatan:
1. Bentuklah
kelompok kerja yang masing-masing beranggota maksimal 5 (lima) orang.
2. Sebagian
kelompok bertugas menyusun soal untuk kompetensi utama Pedagogik dan sebagian
kelompok menyusun soal untuk kompetensi utama Profesional. Proporsi banyak
kelompok untuk Pedagogik dan kelompok untuk Profesional diatur oleh Fasilitator
(disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik standar kompetensi gurunya).
3. Setiap
kelompok memilih satu kompetensi guru untuk disusun soal uji kompetensinya.
Standar kompetensi guru (SKG) ada pada bahan ajar. Untuk soal paket keahlian,
SKG disediakan oleh Fasilitator.
4. Secara
individu, setiap anggota kelompok merumuskan indikator pencapaian kompetensi
(IPK) sesuai dengan kompetensi guru yang telah dipilih oleh kelompok. Dalam
satu kelompok, setiap anggota kelompok mengembangkan IPK yang berbeda.
5. Secara
individu, setiap anggota kelompok mengembangkan butir soal sesuai dengan IPK
yang telah dirumuskan dan kirteria pengembangannya pada bahan ajar. Soal yang
dikembangkan tidak boleh sama dengan soal yang ada di modul dan soal UKG yang
sudah ada.
6. Setiap
anggota kelompok mengembangkan 3 (tiga) butir soal yang setara dari satu IPK
yang telah dirumuskannya.
7. Lakukan
telaah soal antar anggota kelompok dalam setiap kelompok.
Butir Telaah
Materi Soal:
a.
Materi soal
harus sesuai dengan indikator.
b. Konstruksi pokok soal harus dirumuskan dengan jelas dan tegas.
c. Konteks pokok soal dan opsi jawaban harus relevan.
d. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
e.
Gambar, grafik,
tabel, diagram, wacana dan sejenisnya yang ada pada soal harus jelas dan
berfungsi.
Pilihan
Jawaban:
a.
Setiap soal
mempunyai hanya satu jawaban yang benar dan pengecoh harus berfungsi yang
dibuktikan dengan analisis butir soal.
b. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
c. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
d. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun
secara berurutan.
e. Hindari pokok soal pendek dengan opsi jawaban panjang.
f.
Hindari butir
soal yang jawabannya tergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Bahasa:
a.
Menggunakan
bahasa yang komunikatif.
b. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa benar.
c. Menggunakan aturan tata tulis soal yang baku.
d. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang
bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
e. Hindari kata yang dapat menimbulkan penafsiran ganda (ambigu).
f.
Hindari
penggunaan kalimat yang mengandung pernyataan negatif ganda.
Produk Pengembangan Butir Soal.
1. Presentasikan
hasil kerja kelompok Anda secara klasikal (sampel).
2. Lakukan
revisi soal berdasarkan masukan (umum) pada saat presentasi.
3. Kumpulkan
butir soal yang disusun kepada Fasilitator
a. Nama folder file:
<Nama
kelompok>_<Pedagogik/Profesional*>_<Mapel/Paket Keahlian)>_
<Tgl Pelatihan NS/IN>
Contoh:
Kelompok 5_Profesional_Matematika SMP_19-29 Mei 2016
b. Nama file soal: <Nama Kelompok> <Nama
Penyusun>
Contoh: Kelompok 5_Dewi Rahmawati
Format Penulisan Butir Soal Uji Kompetensi:
Penulisan Butir Soal Uji Kompetensi
Oleh Peserta Pelatihan Narasumber/Pengampu
dan Instruktur Nasional/Mentor Guru
Pembelajar Tahun 2016
Penyusun : EDY SUSILO
(NS/IN*)
Tanggal Pelatihan : 20-29 JULI 2016
IDENTITAS BUTIR SOAL
|
|
Mapel/Paket Keahlian
|
GURU KELAS ATAS
|
Kompetensi Utama
|
Pedagogik)
|
Kompetensi Guru Mapel/Paket
Keahlian
|
H
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK) Esensial
|
1.
Menjelaskan prosedur pembelajaran remedial
|
BUTIR SOAL
|
|
Butir Soal Paket-1
|
Sebagai seorang guru,tentunya
memahami tentang penilaian hasil belajar,dalam penilai proses hasil
belajar,tentunya ada anak yang belum menguasai materi/belum
tuntas.Langkah yang paling tepat bagi seorang guru adalah melaksanakan
program perbaikan.Adapun prosedur pergram perbaikan mempunyai langkah….
A.Identifikasi Permasalahan
Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial, -àPelaksanaan Pembelajaran Remedial,
B.Identifikasi Permasalahan
Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial, --à Pelaksanaan Pembelajaran Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial
C.Identifikasi Permasalahan
Pembelajaran,à Pelaksanaan Pembelajaran
Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial -àPerencanaan Remedial,
D. Perencanaan Remedial, -à Pelaksanaan Pembelajaran Remedial, à dentifikasi Permasalahan Pembelajaran,à Evaluasi Pembelajaran Remedial
|
Jawaban Benar
|
Jawaban B
|
Jawaban Salah-1
|
A
|
Jawaban Salah-2
|
C
|
Jawaban Salah-3
|
D
|
|
|
Butir Soal Paket-2
|
Dalam program
perbaikan,prosedur yang dilakukan setelah perencanaan remedial adalah….
A.pelakAsanaan program remedia--à Evaluasi Pembelajaran
B.dentifikasi Permasalahan Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial
C. Evaluasi Pembelajaran Remedial-à Evaluasi Pembelajaran Remedial
D. Evaluasi Pembelajaran Remedial,-àPerencanaan Remedial
|
Jawaban Benar
|
A
|
Jawaban Salah-1
|
B
|
Jawaban Salah-2
|
C
|
Jawaban Salah-3
|
D
|
|
|
Butir Soal Paket-3
|
Dalam perencanaaan Perencanaan program remedial guru perlu menyiapkan hal-hal yang mungkin diperlukan dalam pelaksanaan
pembelajaran remedial, yaitu….
A.Menyiapkan contoh dan alternatif aktivitas, remedial di luar jam pelajaran
B.Menyiapkan media pembelajara, Pelaksanaan
Pembelajaran Remedial ,contoh dan alternatif aktivitas
C.Pelaksanaan Pembelajaran
Remedial ,contoh dan alternatif aktivitas
D.Menyiapkan media pembelajaran,contoh dan alternatif aktivitas,Menyiapkan
materi dan alat pendukung
|
Jawaban Benar
|
D
|
Jawaban Salah-1
|
A
|
Jawaban Salah-2
|
B
|
Jawaban Salah-3
|
C
|
R-7. Rubrik
Penilaian Pengembangan Butir Soal
Rubrik penilaian ini digunakan oleh Fasilitator untuk menilai hasil
pengembangan butir soal yang telah dilakukan peserta pelatihan
Narasumber/Pengampu dan Instruktur Nasional/Mentor.
Langkah-langkah Penilaian:
1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta
pelatihan pada LK 7!
2. Berikan nilai
pada hasil kerja peserta pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap produk tersebut menggunakan kriteria dan
rubrik penilaian sebagai berikut
Kriteria
Penilaian:
1.
Identitas
lengkap
2.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) dirumuskan sesuai dengan Kompetensi Guru yang
dipilih
3.
Banyak
butir soal dan pilihan jawaban lengkap (ada 3 butir soal per peserta dengan
masing masing soal ada empat pilihan jawaban)
4.
Butir
soal dikembangkan sesuai dengan rumusan IPK
5.
Butir
soal sesuai dengan kriteria soal yang baik.
Rubrik
Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Dua aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Satu aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar