Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 06 Agustus 2016

LK-7. Pengembangan Butir Soal

LK-7. Pengembangan Butir Soal





LK-7. Pengembangan Butir Soal

EDY SUSILO,S.Pd SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
Tujuan Kegiatan:    
Peserta pelatihan mampu mengembangkan butir soal untuk bahan awal bank soal uji kompetensi sesuai dengan kriteria.

Langkah Kegiatan:
1.    Bentuklah kelompok kerja yang masing-masing beranggota maksimal 5 (lima) orang.
2.    Sebagian kelompok bertugas menyusun soal untuk kompetensi utama Pedagogik dan sebagian kelompok menyusun soal untuk kompetensi utama Profesional. Proporsi banyak kelompok untuk Pedagogik dan kelompok untuk Profesional diatur oleh Fasilitator (disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik standar kompetensi gurunya).
3.    Setiap kelompok memilih satu kompetensi guru untuk disusun soal uji kompetensinya. Standar kompetensi guru (SKG) ada pada bahan ajar. Untuk soal paket keahlian, SKG disediakan oleh Fasilitator.
4.    Secara individu, setiap anggota kelompok merumuskan indikator pencapaian kompetensi (IPK) sesuai dengan kompetensi guru yang telah dipilih oleh kelompok. Dalam satu kelompok, setiap anggota kelompok mengembangkan IPK yang berbeda.
5.    Secara individu, setiap anggota kelompok mengembangkan butir soal sesuai dengan IPK yang telah dirumuskan dan kirteria pengembangannya pada bahan ajar. Soal yang dikembangkan tidak boleh sama dengan soal yang ada di modul dan soal UKG yang sudah ada.
6.    Setiap anggota kelompok mengembangkan 3 (tiga) butir soal yang setara dari satu IPK yang telah dirumuskannya.
7.    Lakukan telaah soal antar anggota kelompok dalam setiap kelompok.



Butir Telaah
Materi Soal:
a.    Materi soal harus sesuai dengan indikator.
b.    Konstruksi pokok soal harus dirumuskan dengan jelas dan tegas.
c.    Konteks pokok soal dan opsi jawaban harus relevan.
d.    Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
e.    Gambar, grafik, tabel, diagram, wacana dan sejenisnya yang ada pada soal harus jelas dan berfungsi.

Pilihan Jawaban:
a.    Setiap soal mempunyai hanya satu jawaban yang benar dan pengecoh harus berfungsi yang dibuktikan dengan analisis butir soal.
b.    Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
c.    Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
d.    Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun secara berurutan.
e.    Hindari pokok soal pendek dengan opsi jawaban panjang.
f.     Hindari butir soal yang jawabannya tergantung pada jawaban soal sebelumnya.

Bahasa:
a.    Menggunakan bahasa yang komunikatif.
b.    Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa benar.
c.    Menggunakan aturan tata tulis soal yang baku.
d.    Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
e.    Hindari kata yang dapat menimbulkan penafsiran ganda (ambigu).
f.     Hindari penggunaan kalimat yang mengandung pernyataan negatif ganda.



Produk Pengembangan Butir Soal.
1.    Presentasikan hasil kerja kelompok Anda secara klasikal (sampel).
2.    Lakukan revisi soal berdasarkan masukan (umum) pada saat presentasi.
3.    Kumpulkan butir soal yang disusun kepada Fasilitator  
a.     Nama folder file:
<Nama kelompok>_<Pedagogik/Profesional*>_<Mapel/Paket Keahlian)>_ <Tgl Pelatihan NS/IN>
 Contoh: Kelompok 5_Profesional_Matematika SMP_19-29 Mei 2016
b.     Nama file soal: <Nama Kelompok> <Nama Penyusun>
Contoh: Kelompok 5_Dewi Rahmawati




Format Penulisan Butir Soal Uji Kompetensi:

Penulisan Butir Soal Uji Kompetensi
Oleh Peserta Pelatihan Narasumber/Pengampu
dan Instruktur Nasional/Mentor Guru Pembelajar Tahun 2016

Penyusun                :  EDY SUSILO (NS/IN*)
Tanggal Pelatihan    : 20-29 JULI 2016
IDENTITAS BUTIR SOAL
 Mapel/Paket Keahlian
GURU KELAS ATAS
Kompetensi Utama
Pedagogik)
Kompetensi Guru Mapel/Paket Keahlian
H
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Esensial
1. Menjelaskan prosedur pembelajaran remedial

BUTIR SOAL
Butir Soal Paket-1
Sebagai seorang guru,tentunya memahami tentang penilaian hasil belajar,dalam penilai proses hasil belajar,tentunya ada anak yang belum menguasai materi/belum tuntas.Langkah yang paling tepat bagi seorang guru adalah melaksanakan program perbaikan.Adapun prosedur pergram perbaikan mempunyai langkah….
A.Identifikasi Permasalahan Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial, -àPelaksanaan Pembelajaran Remedial,
B.Identifikasi Permasalahan Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial, --à Pelaksanaan Pembelajaran Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial
C.Identifikasi Permasalahan Pembelajaran,à Pelaksanaan Pembelajaran Remedial, -à Evaluasi Pembelajaran Remedial -àPerencanaan Remedial,
D. Perencanaan Remedial, -à Pelaksanaan Pembelajaran Remedial, à dentifikasi Permasalahan Pembelajaran,à Evaluasi Pembelajaran Remedial
Jawaban Benar
Jawaban B
Jawaban Salah-1
A
Jawaban Salah-2
C
Jawaban Salah-3
D


Butir Soal Paket-2
Dalam program perbaikan,prosedur yang dilakukan setelah perencanaan remedial adalah….
A.pelakAsanaan program remedia--à Evaluasi Pembelajaran
B.dentifikasi Permasalahan Pembelajaran,-àPerencanaan Remedial
C. Evaluasi Pembelajaran Remedial-à Evaluasi Pembelajaran Remedial
D. Evaluasi Pembelajaran Remedial,-àPerencanaan Remedial
Jawaban Benar
A
Jawaban Salah-1
B
Jawaban Salah-2
C
Jawaban Salah-3
D


Butir Soal Paket-3
Dalam perencanaaan Perencanaan program remedial guru perlu menyiapkan hal-hal yang mungkin diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran remedial, yaitu….
A.Menyiapkan contoh dan alternatif aktivitas, remedial di luar jam pelajaran
B.Menyiapkan media pembelajara, Pelaksanaan Pembelajaran Remedial ,contoh dan alternatif aktivitas
C.Pelaksanaan Pembelajaran Remedial ,contoh dan alternatif aktivitas
D.Menyiapkan media pembelajaran,contoh dan alternatif aktivitas,Menyiapkan materi dan alat pendukung

Jawaban Benar
D
Jawaban Salah-1
A
Jawaban Salah-2
B
Jawaban Salah-3
C




R-7. Rubrik Penilaian Pengembangan Butir Soal


Rubrik penilaian ini digunakan oleh Fasilitator untuk menilai hasil pengembangan butir soal yang telah dilakukan peserta pelatihan Narasumber/Pengampu dan Instruktur Nasional/Mentor.
Langkah-langkah Penilaian:
1.      Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK 7!
2.      Berikan nilai pada hasil kerja peserta pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap   produk tersebut menggunakan kriteria dan rubrik penilaian sebagai berikut

Kriteria Penilaian:
1.    Identitas lengkap
2.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dirumuskan sesuai dengan Kompetensi Guru yang dipilih
3.    Banyak butir soal dan pilihan jawaban lengkap (ada 3 butir soal per peserta dengan masing masing soal ada empat pilihan jawaban)
4.    Butir soal dikembangkan sesuai dengan rumusan IPK 
5.    Butir soal sesuai dengan kriteria soal yang baik.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Lima aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Empat aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Dua aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Satu aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai




Tidak ada komentar :