Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 03 Agustus 2016

LK-6c.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Profesional



LK-6c.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Profesional



LK-6c.1. Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Profesional

KELOMPOK 8
NO
NAMA
TEMPAT TUGAS
1
EDY SUSILO,S.Pd
SDN 06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
2
KIKI HERLINA,S.Pd
SDN 06 ARMA JAYA BENGKULU UTARA
3
MUSLIM,S.Pd.
SDN 40 KAUR

Tujuan Kegiatan:
Mengkaji Modul ModaTatap Muka Kompetensi Profesional
Langkah Kegiatan:
Siapkan modul Moda Tatap Muka kompetensi profesional!
Kajilah seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap!  Catat   hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya! 
Presentasikan hasil diskusi
Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

Format Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian           : PKn/KELAS ATAS
Kelompok Kompetensi                       : H
Judul Modul                                        :PERLINDUNGAN HAM DAN PENEGAKAN HUKUM
Kegiatan Pembelajaran                       : 1, 2 dan3

Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/ Submateri
Aktivitas Pembelajaran
Latihan/
Tugas
Evaluasi
1.memahami  penerapan
keputusan bersama sebagai pencerminan  hak  asasi  manusia, baik di rumah, di
sekolah dan di masyarakat





1.1.Menjelaskan pengertian keputusan bersama
1.2.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak
Asasi Manusia
1.3.Memberikan contoh penerapan keputusan bersama di rumah, di sekolah
dan di masyarakat
Materi:
Keputusan Bersama sebagai Pencerminan Hak Asasi Manusia
Sub Materi:
1.     Pengertian Keputusan bersama
2.     Dasar Keputusan Bersama
3.     Manfaat Keputusan Bersama
4.     Tata cara mengambil keputusan  bersama
5.     Contoh bentuk-bentuk keputusan bersama
6.     Sikap Patuh terhadap keputusan bersama
7.     Penerapan HAM di rumah dan di sekolah

Kegiatan Pembelajaran
1.     Memahami dan Membaca uraian materi
2.     Membaca wacana
3.     Berdiskusi dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan

Mengerjakan Latihan 1
Membaca wacana dan menjawab pertanyaan

Evaluasi ada setelah kegiatan pembelajaran berupa soal pilihan ganda dan uraian
2.implementasi perlindungan dan pelanggaran HAM,
diharapkan para guru dapat memahami dan menjelaskan  perilaku perlindungan
Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual




2.1.  Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar secara kontekstual
2.2.  Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
2.3.  Menganalisis contoh perilaku pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstua
Materi:
Pmplementasi perlindungan dan pelanggaran HAM
Landasan Hukum Penegakan HAM di Indonesia
1.      Undang-Undang Perlindungan HAM
2.      Undang-Undang dan Jaminan Perlindungan Anak
3.      Upaya Pemajuan, Penghormatan, dan Penegakan HAM
4.        Hambatan dalam Pemajuan, Penghormatan, dan Penegakan HAM
5.        Instrumen HAM Nasiona
6.      Hukum Internasional tentang HAM yang telah diratifikasi  Negara RI
7.      Kasus-Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
Kegiatan Pembelajaran
1.Memahami dan Membaca uraian materi
2Membaca wacana
3.Berdiskusi dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan

Mengerjakan Latihan 2
Membaca wacana dan menjawab pertanyaan

Evaluasi ada setelah kegiatan pembelajaran berupa soal pilihan ganda dan uraian
3. memahami pengertian organisasi, unsur, bentuk, jenis, macam-macam, ciri-ciri organisasi. Menerapkan ketentuan berorganisasi di sekolah dan di masyarakat
3.1.  Menjelaskan pengertian organisasi dan
3.2.  Mengidentifikasi contoh  perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar secara kontekstual
3.3.  Menganalisis contoh  Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan
Hak asasi manusia
Materi:
Kebebasan berorganisasi dalam penerapan HAM
Sub Materi:
1.  Pengertian organisasi
2.  Unsur-unsur organisasi
3.  Bentuk-bentuk organisas
4.  Jenis-jenis organisasi
5.  Macam-macam organisasi

Kegiatan Pembelajaran
1.Memahami dan Membaca uraian materi
2Membaca wacana
3.Berdiskusi dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan

Mengerjakan Latihan 3
Membaca wacana dan menjawab pertanyaan

Evaluasi ada setelah kegiatan pembelajaran berupa soal pilihan ganda dan uraian





















Rangkuman

Kegiatan pembelajaran 1
keputusan bersama dapat member manfaat : Semua anggota merasa dihargai. Mereka merasa dibutuhkan, baik pikiran maupun tenaga mereka.Semua anggota merasa bertanggung jawab atas kepentingan yang sudah diambil.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak Asasi Manusia Memberikan contoh penerapan keputusan bersama di rumah, di sekolah dan di masyarakat

pembelajaran 2
Menganalisis contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual  Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual

pembelajaran 3
Menganalisis contoh perilaku pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
Menjelaskan pengertian organisasi  dan
Mengidentifikasi contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar secara kontekstual
Menganalisis contoh Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin penerapan
Hak asasi manusia

Catatan   hal-hal penting yang menjadi masalah:
·      Masih banyaknya warga yang kurang menghargai hak asasi warga yang lain, Baik dalam keluarga sekolah maupun masyarakat
·      Kurang adilnya penegak hukum menjalankan tugasnya sesuai yang di amanatkan dalam UUD 1945
·      Aktivitas pembelajaran kurang variatif, latihan kurang banyak, LK tidak ada

Pemecahan Masalah:
  Contoh/teladan sikap yang sesuai dengan norma dalam Pancasila
  Diharapkan penegak hukum mejalankan tugas dengan baik sesuai dengan yang diamanatkan pancasila dan UUD 1945
  Aktivitas pembelajaran hendaknya disertai metode-metode yang bervariasi
  Latihan soal diperbanyak dan menggunakan lembar kerja































Catatan   hal-hal penting yang menjadi masalah:
R-6c.1 Rubrik Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Profesional

Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengkajian modul moda tatap muka kompetensi professional.

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -6c.1!
Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
Menuliskan identitas:  Mata pelajaran/Paket Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan   Kegiatan Pembelajaran    lengkap dan benar
Menuliskan tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
Menuliskan indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
Mengidentifikasi materi/submateri pada modul tepat
Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
Mendeskripsikan latihan   pada modul dengan tepat
Mendeskripsikan evaluasi   pada modul dengan tepat

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai




Tidak ada komentar :