LK-6c.1.
Kajian Modul Moda Tatap Muka Kompetensi Profesional
KELOMPOK
8
|
||
NO
|
NAMA
|
TEMPAT
TUGAS
|
1
|
EDY
SUSILO,S.Pd
|
SDN
06 ARGAMAKMUR BENGKULU UTARA
|
2
|
KIKI
HERLINA,S.Pd
|
SDN
06 ARMA JAYA BENGKULU UTARA
|
3
|
MUSLIM,S.Pd.
|
SDN
40 KAUR
|
Tujuan Kegiatan:
Mengkaji Modul ModaTatap Muka Kompetensi
Profesional
Langkah Kegiatan:
Siapkan
modul Moda Tatap Muka kompetensi
profesional!
Kajilah
seluruh ini modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai
dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpumpun!
Isilah
format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
Buatlah
rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap! Catat
hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan
masalahnya!
Presentasikan
hasil diskusi
Perbaiki
hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!
Format Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian : PKn/KELAS ATAS
Kelompok Kompetensi : H
Judul Modul :PERLINDUNGAN
HAM DAN PENEGAKAN HUKUM
Kegiatan Pembelajaran : 1, 2 dan3
Tujuan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi/ Submateri
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Latihan/
Tugas
|
Evaluasi
|
1.memahami
penerapan
keputusan bersama sebagai pencerminan hak
asasi manusia, baik di rumah,
di
sekolah dan di masyarakat
|
1.1.Menjelaskan
pengertian keputusan bersama
1.2.Mendeskripsikan
keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak
Asasi Manusia
1.3.Memberikan
contoh penerapan keputusan bersama di rumah, di sekolah
dan di
masyarakat
|
Materi:
Keputusan Bersama sebagai Pencerminan
Hak Asasi Manusia
Sub
Materi:
1. Pengertian
Keputusan bersama
2. Dasar
Keputusan Bersama
3. Manfaat
Keputusan Bersama
4. Tata
cara mengambil keputusan bersama
5. Contoh
bentuk-bentuk keputusan bersama
6. Sikap
Patuh terhadap keputusan bersama
7. Penerapan
HAM di rumah dan di sekolah
|
Kegiatan Pembelajaran
1. Memahami
dan Membaca uraian materi
2. Membaca
wacana
3. Berdiskusi
dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan
|
Mengerjakan Latihan 1
Membaca wacana dan menjawab
pertanyaan
|
Evaluasi ada setelah kegiatan
pembelajaran berupa soal pilihan ganda dan uraian
|
2.implementasi
perlindungan dan pelanggaran HAM,
diharapkan
para guru dapat memahami dan menjelaskan
perilaku perlindungan
Hak Asasi
Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
|
2.1. Menganalisis contoh perilaku perlindungan
Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat
sekitar secara kontekstual
2.2. Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak
Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar
secara kontekstual
2.3. Menganalisis contoh perilaku pelanggaran
Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar
secara kontekstua
|
Materi:
Pmplementasi
perlindungan dan pelanggaran HAM
Landasan
Hukum Penegakan HAM di Indonesia
1.
Undang-Undang Perlindungan HAM
2.
Undang-Undang dan Jaminan
Perlindungan Anak
3.
Upaya Pemajuan, Penghormatan, dan
Penegakan HAM
4.
Hambatan dalam Pemajuan, Penghormatan, dan
Penegakan HAM
5.
Instrumen HAM Nasiona
6.
Hukum Internasional tentang HAM yang
telah diratifikasi Negara RI
7.
Kasus-Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
|
Kegiatan Pembelajaran
1.Memahami dan Membaca
uraian materi
2Membaca
wacana
3.Berdiskusi
dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan
|
Mengerjakan Latihan 2
Membaca wacana dan menjawab
pertanyaan
|
Evaluasi ada setelah kegiatan pembelajaran
berupa soal pilihan ganda dan
uraian
|
3. memahami pengertian organisasi, unsur, bentuk,
jenis, macam-macam, ciri-ciri organisasi. Menerapkan ketentuan berorganisasi
di sekolah dan di masyarakat
|
3.1. Menjelaskan pengertian organisasi dan
3.2. Mengidentifikasi contoh perilaku perlindungan Hak Asasi Manusia
dalam
masyarakat
sekitar secara kontekstual
3.3. Menganalisis contoh Kebebasan Berorganisasi sebagai cermin
penerapan
Hak asasi
manusia
|
Materi:
Kebebasan berorganisasi dalam penerapan HAM
Sub Materi:
1. Pengertian organisasi
2. Unsur-unsur organisasi
3. Bentuk-bentuk organisas
4. Jenis-jenis organisasi
5. Macam-macam organisasi
|
Kegiatan Pembelajaran
1.Memahami dan Membaca
uraian materi
2Membaca
wacana
3.Berdiskusi
dengan teman sejawat dalam mengerjakan tugas menjawab pertanyaan
|
Mengerjakan Latihan 3
Membaca wacana dan menjawab
pertanyaan
|
Evaluasi ada setelah kegiatan
pembelajaran berupa soal pilihan ganda dan uraian
|
Rangkuman
Kegiatan pembelajaran
1
keputusan bersama dapat member manfaat :
Semua anggota merasa dihargai. Mereka merasa dibutuhkan, baik pikiran maupun
tenaga mereka.Semua anggota merasa bertanggung jawab atas kepentingan yang
sudah diambil.Mendeskripsikan keputusan bersama sebagai cerminan penerapan Hak
Asasi Manusia Memberikan contoh penerapan
keputusan bersama di rumah, di sekolah dan di masyarakat
pembelajaran 2
Menganalisis contoh perilaku perlindungan
Hak Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual Mendeskripsikan perilaku perlindungan Hak
Asasi Manusia dalam masyarakat sekitar secara kontekstual
pembelajaran 3
Menganalisis contoh perilaku pelanggaran
Hak Asasi Manusia dalam masyarakat
sekitar secara kontekstual
Menjelaskan pengertian organisasi dan
Mengidentifikasi contoh perilaku
perlindungan Hak Asasi Manusia dalam
masyarakat sekitar secara kontekstual
Menganalisis contoh Kebebasan
Berorganisasi sebagai cermin penerapan
Hak asasi manusia
Catatan hal-hal penting yang menjadi
masalah:
·
Masih banyaknya warga yang
kurang menghargai hak asasi warga yang lain, Baik dalam keluarga sekolah maupun
masyarakat
·
Kurang adilnya penegak hukum
menjalankan tugasnya sesuai yang di amanatkan dalam UUD 1945
·
Aktivitas
pembelajaran kurang variatif, latihan kurang banyak, LK tidak ada
Pemecahan Masalah:
— Contoh/teladan sikap yang
sesuai dengan norma dalam Pancasila
— Diharapkan penegak hukum
mejalankan tugas dengan baik sesuai dengan yang diamanatkan pancasila dan UUD
1945
— Aktivitas pembelajaran
hendaknya disertai metode-metode yang bervariasi
— Latihan soal diperbanyak dan
menggunakan lembar kerja
Catatan hal-hal penting yang menjadi masalah:
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja pengkajian modul moda tatap muka kompetensi professional.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
Cermati tugas
yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -6c.1!
Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian
Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
Menuliskan
identitas: Mata
pelajaran/Paket Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan Kegiatan Pembelajaran lengkap dan benar
Menuliskan tujuan sesuai dengan yang tertera pada
modul
Menuliskan indikator sesuai dengan yang tertera pada
modul
Mengidentifikasi materi/submateri pada modul tepat
Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pada modul
dengan tepat
Mendeskripsikan latihan pada modul dengan tepat
Mendeskripsikan
evaluasi pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh
aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek
sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek
sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat
aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar