LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional
LK-6c.2. Kajian
Modul Moda Daring Kompetensi Profesional
OLEH KELOMPOK 7
Tujuan Kegiatan:
Mengkaji modul Moda
Daring Kompetensi Profesional
Langkah
Kegiatan:
1. Siapkan modul Moda Daring kompetensi
profesional!
2. Kajilah
seluruh isi modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai
dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpimpin!
3. Isilah
format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4. Buatlah
rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap! Catat hal-hal penting yang menjadi masalah
pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya!
5. Presentasikan
hasil diskusi
6. Perbaiki
hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!
Format Kajian
Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian : SD Kelas Tinggi
Kelompok Kompetensi : E
Judul Modul : Penilaian Proses Dan
Hasil Belajar, Serta Materi Dan Energi
Sesi : 2. Materi dan Energi 1
Tujuan
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi/ Submateri
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Latihan/ Tugas
|
Evaluasi
|
1. Menjelaskan
sifat dan perubahan wujud benda melalui pengamatan
2. Menjelaskan
penyebab terjadinya perubahan wujud
3. Membedakan
perubahan tetap dan perubahan sementara.
4. membedakan
campuran homogen dari campuran heterogen
5. merancang
dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan
6. Menentukan
teknik pemisahan campuran sesuai karakteristiknya
7. Memilih
teknik pemisahan campuran sesuai dengan sifat campuran
|
1. Membedakan
benda padat, cair dan gas
2. Mengidentifikasi
sifat benda padat, cair dan gas
3. Mengidentifikasi
ciri-ciri benda yang mengalami perubahan tetap
4. Mengidentifikasi
ciri-ciri benda yang mengalami perubahan sementara
5. Memberi contoh
peristiwa perubahan tetap dan perubahan sementara
6. Membedakan
campuran homogen dari campuran heterogen
7. Mengidentifikasi
sifat campuran homogen dan campuran heterogen
8. Menentukan
kadar- kadar zat dalam campuran
9. Melaksanakan
percobaan membedakan campuran dan larutan
10. Menjelaskan
teknik pemisahan campuran secara sederhana
11. Melakukan
pemisahan campuran yang ada dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana
|
1. Benda,
Wujud Benda, dan Sifatnya
2. Perubahan
Sifat Benda
3. Faktor-faktor
yang mempengaruhi perubahan sifat benda
4. Campuran
Homogen dan Campuran Heterogen
5. Kadar
Zat Dalam Campuran
6. Teknik
Pemisahan Campuran
a. Destilasi/
Penyulingan
b. Sublimasi
c. Penyaringan/
Filtrasi
d. Kristalisasi
|
1. Membaca pengantar sesi 2
2. Mengaji konsep sifat benda berdasarkan perubahan
wujudnya
3. Mengamati video campuran
4. Mengaji konsep campuran homogen dan heterogen
5. Memahami petunjuk pelaksanaan sesi materi dan
energi 1
6. Berdiskusi pada forum sesi 2
7. Merefleksi sesi 2
8. Memberikan umpan balik akhir sesi 1 dan sesi 2
9. Melakukan penilaian diri
10.Mengerjakan tes sumatif sesi 2
|
Mengerjakan
tugas pada LK:
2.1 Sifat
zat berdasarkan wujudnya
2.2 Perubahan
kimia dan fisika
2.3 Campuran
homogen dan heterogen
2.4 Kapur
barus
2.5 Kromato-grafi
|
Penilaian diri
dan
tes sumatif sesi 2
|
Perbedaan Karakteristik Tatap Muka dan Daring:
NO
|
TATAP MUKA
|
DARING
|
1
|
Penyajian materi disajikan secara
langsung, luas dan mendalam
|
Penyajian materi pada awalnya hanya pokok-pokoknya saja
|
2
|
Uraian secara rinci ditemukan pada setiap sub bab
|
Uraian rinci ditemukan pada bagian bacaan (rujukan)
|
3
|
Tugas/diskusi terjadi secara langsung
|
Tugas/diskusi terjadi secara tidak langsung
|
4
|
Informasi didapatkan secara
langsung ketika membuka halaman
|
Informasi diperoleh melalui link dan tidak secara langsung
|
5
|
Keseluruhan modul dapat diselesaikan secara langsung
|
Keseluruhan modul hanya dapat diselesaikan jika tersambung dengan internet
|
6
|
Peserta dapat berpindah sesi tanpa harus menyelesaikan sesi
sebelumnya
|
Sesi sebelumnya harus terselesaikan sebelum memasuki sesi berikutnya
|
Rangkuman: 

Catatan hal-hal
penting yang menjadi masalah:
- Kemampuan
peserta dalam menggunakan perangkat TIK pada umumnya masih perlu
peningkatan.
- Kondisi
jaringan internet di daerah tempat tinggal peserta terkadang kurang
mendukung
- Penyelesaian
masalah yang ditemukan tidak dapat segera dituntaskan.
- Tanggapan
dalam suatu forum minimal 50 kata.
- Kurangnya
bahan praktikum di daerah.
Pemecahan Masalah:
- Penyiapan
pendamping yang menguasai TIK.
- Peningkatan
kreativitas pendamping dan peserta dalam menentukan waktu mengakses situs
guru pembelajar (pengkondisian waktu dan tempat akses).
- Peserta
diharapkan lebih serius dalam memberi tanggapan/jawaban dalam forum.
- Kreativitas
dalam menentukan bahan pengganti untuk praktikum atau mencari/membeli/ memesan
melalui toko online.
R-6c.2. Rubrik Kajian Modul Moda Daring Kompetensi
Profesional
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja
Pengkajian Modul moda
daring kompetensi profesional
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan
pada LK -6c.2!
2.
Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian
Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria
Penilaian:
1.
Menuliskan
identitas: Mata pelajaran/Paket
Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan
Kegiatan Pembelajaran lengkap
dan benar
2.
Menuliskan
tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
3.
Menuliskan
indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
4.
Mengidentifikasi
materi/sub materi pada modul tepat
5.
Mendeskripsikan
aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
6.
Mendeskripsikan
latihan pada modul dengan tepat
7.
Mendeskripsikan
evaluasi pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar