Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 06 Agustus 2016

LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional MODUL 7

LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional




LK-6c.2. Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional

OLEH KELOMPOK 7


Tujuan Kegiatan: Mengkaji modul Moda Daring Kompetensi Profesional

Langkah Kegiatan:
1.    Siapkan modul Moda Daring kompetensi profesional!
2.    Kajilah seluruh isi modul mulai dari Bagian Pendahuluan, Kegiatan Pembelajaran sampai dengan bagian Evaluasi melalui kegiatan diskusi terpimpin!
3.    Isilah format kajian dengan uraian setiap komponen modul pada kolom yang tersedia
4.    Buatlah rangkuman isi modul dalam bentuk bagan atau mindmap!  Catat hal-hal penting yang menjadi masalah pada modul dan bagaimana pemecahan masalahnya! 
5.    Presentasikan hasil diskusi
6.    Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

Format Kajian Modul
Mata Pelajaran/Paket Keahlian : SD Kelas Tinggi
Kelompok Kompetensi           : E
Judul Modul                          : Penilaian Proses Dan Hasil Belajar, Serta Materi Dan Energi
Sesi                                    : 2. Materi dan Energi 1

Tujuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi/ Submateri
Aktivitas Pembelajaran
Latihan/ Tugas
Evaluasi
1.              Menjelaskan sifat dan perubahan wujud benda melalui pengamatan
2.              Menjelaskan penyebab terjadinya perubahan wujud
3.              Membedakan perubahan tetap dan perubahan sementara.
4.              membedakan campuran homogen dari campuran heterogen
5.              merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan
6.              Menentukan teknik pemisahan campuran sesuai karakteristiknya
7.              Memilih teknik pemisahan campuran sesuai dengan sifat campuran







1. Membedakan benda padat, cair dan gas
2. Mengidentifikasi sifat benda padat, cair dan gas
3. Mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan tetap
4. Mengidentifikasi ciri-ciri benda yang mengalami perubahan sementara
5. Memberi contoh peristiwa perubahan tetap dan perubahan sementara
6.  Membedakan campuran homogen dari campuran heterogen
7.  Mengidentifikasi sifat campuran homogen dan campuran heterogen
8.  Menentukan kadar- kadar zat dalam campuran
9.  Melaksanakan percobaan membedakan campuran dan larutan
10.            Menjelaskan teknik pemisahan campuran secara sederhana
11.            Melakukan pemisahan campuran yang ada dalam kehidupan sehari-hari secara sederhana
1. Benda, Wujud Benda, dan Sifatnya
2. Perubahan Sifat Benda
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda
4.  Campuran Homogen dan Campuran Heterogen
5.  Kadar Zat Dalam Campuran
6.  Teknik Pemisahan Campuran
a. Destilasi/ Penyulingan
b. Sublimasi
c. Penyaringan/ Filtrasi
d. Kristalisasi

1.   Membaca pengantar sesi 2
2.   Mengaji konsep sifat benda berdasarkan perubahan wujudnya
3.   Mengamati video campuran
4.   Mengaji konsep campuran homogen dan heterogen
5.   Memahami petunjuk pelaksanaan sesi materi dan energi 1
6.   Berdiskusi pada forum sesi 2
7.   Merefleksi sesi 2
8.   Memberikan umpan balik akhir sesi 1 dan sesi 2
9.   Melakukan penilaian diri
10.Mengerjakan tes sumatif sesi 2
Mengerjakan
tugas pada LK:
2.1  Sifat zat berdasarkan wujudnya
2.2  Perubahan kimia dan fisika
2.3  Campuran homogen dan heterogen
2.4  Kapur barus
2.5  Kromato-grafi
Penilaian diri
dan
tes sumatif sesi 2



Perbedaan Karakteristik Tatap Muka dan Daring:
NO
TATAP MUKA
DARING
1
Penyajian materi disajikan secara langsung, luas dan mendalam
Penyajian materi pada awalnya hanya pokok-pokoknya saja
2
Uraian secara rinci ditemukan pada setiap sub bab
Uraian rinci ditemukan pada bagian bacaan (rujukan)
3
Tugas/diskusi terjadi secara langsung
Tugas/diskusi terjadi secara tidak langsung
4
Informasi didapatkan secara langsung ketika membuka halaman
Informasi diperoleh melalui link dan tidak secara langsung
5
Keseluruhan modul dapat diselesaikan secara langsung
Keseluruhan modul hanya dapat diselesaikan jika tersambung dengan internet
6
Peserta dapat berpindah sesi tanpa harus menyelesaikan sesi sebelumnya
Sesi sebelumnya harus terselesaikan sebelum memasuki sesi berikutnya

Rangkuman:  Organization Chart
Catatan hal-hal penting yang menjadi masalah:
  1. Kemampuan peserta dalam menggunakan perangkat TIK pada umumnya masih perlu peningkatan.
  2. Kondisi jaringan internet di daerah tempat tinggal peserta terkadang kurang mendukung
  3. Penyelesaian masalah yang ditemukan tidak dapat segera dituntaskan.
  4. Tanggapan dalam suatu forum minimal 50 kata.
  5. Kurangnya bahan praktikum di daerah.

Pemecahan Masalah:
  1. Penyiapan pendamping yang menguasai TIK.
  2. Peningkatan kreativitas pendamping dan peserta dalam menentukan waktu mengakses situs guru pembelajar (pengkondisian waktu dan tempat akses).
  3. Peserta diharapkan lebih serius dalam memberi tanggapan/jawaban dalam forum.
  4. Kreativitas dalam menentukan bahan pengganti untuk praktikum atau mencari/membeli/ memesan melalui toko online.






R-6c.2. Rubrik Kajian Modul Moda Daring Kompetensi Profesional


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja Pengkajian Modul moda daring kompetensi profesional

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.    Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -6c.2!
2.    Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.    Menuliskan identitas:  Mata pelajaran/Paket Keahlian, Kelompok Kompetensi, Judul Modul dan   Kegiatan Pembelajaran    lengkap dan benar
2.    Menuliskan tujuan sesuai dengan yang tertera pada modul
3.    Menuliskan indikator sesuai dengan yang tertera pada modul
4.    Mengidentifikasi materi/sub materi pada modul tepat
5.    Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran pada modul dengan tepat
6.    Mendeskripsikan latihan   pada modul dengan tepat
7.    Mendeskripsikan evaluasi   pada modul dengan tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai




Tidak ada komentar :