Silabus bahasa inggris
Lampiran 1
Sekolah : SD ____________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and and circle the correct answer. Siswa: (melingkari jawaban yang benar berdasarkan apa yang didengar) | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle the correct answer. Kaset/CD: (informasi tentang nama-nama sayuran yang harus siswa lingkari) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan | Contoh: Kaset/CD: Listen and fill in the crossword. Siswa: (mengisi crossword berdasarkan informasi yang didengar) | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Unjuk kerja | Responding | Listen and fill in the crossword. Kaset/CD: (informasi tentang buah-buahan dan siswa menebak buah apa yang dimaksud) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar | Contoh: Kaset/CD: Listen and circle. Siswa: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar) | Siswa mendengarkan kaset/CD untuk melingkari nama-nama minuman | Memahami cerita lisan dengan bantuan gambar | Unjuk kerja | Responding | Listen and circle. Kaset/CD: (melingkari nama-nama minuman yang disebutkan dalam cerita yang didengar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Silabus
Lampiran 2
Sekolah : SD ____________
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: What can we do on the beach? B: We can play with the sand and pebbles. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi contoh melakukan sesuatu · Memberi aba-aba · Memberi petunjuk | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: What do you need? B: I need potatoes. A: What do you like to drink for breakfast? B: A glass of orange juice. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Memberi bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan | Contoh: A: I like collecting stamps. B: How many apples do you have? C: I have three apples. D: What do you think about my new dress? E: It’s nice. It suits you. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Mengingatkan · Menyatakan suka/tidak suka · Menanyakan jumlah · Menanyakan jumlah · Menanyakan keadaan · Memberi komentar · Memberi pendapat · Mengusulkan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I .... | Contoh: A: May I help you? B: I need spinach. A: Would you please tell me where the post office is? B: Go north and turn left. You won’t miss it. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Would you please... · May I ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima | Ucapan, tekanan, dan intonasi teks yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | · Tes unjuk kerja · Observasi | · Uji petik membaca nyaring · Lembar observasi | Read the sentences aloud. Read the monologues loudly and carefully. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.2 Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana 2. Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima | Teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Tes tulis | Menulis teks fungsional pendek | Complete the dialogues based on the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima | Kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Tes tulis | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Write a greeting card to your friend. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas | Contoh: Kaset/CD: Listen and repeat. Siswa: (mengulang apa yang didengar) Kaset/CD: Listen and follow the direction. Siswa: (mengikuti petunjuk arah sebuah peta jalan) | Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | Merespon dengan melakukan tindakan secara berterima | · Tes lisan · Unjuk kerja | · Mengulang secara lisan · Responding | Listen and repeat. Kaset/CD: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang) Listen and follow the direction. Kaset/CD: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks |
Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan | Contoh: Kaset/CD: Listen and write. Siswa: (menulis) | Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari kaset/CD | Merespon dengan menulis apa yang didengar dari kaset/CD | Unjuk kerja | Responding | Listen to the cassettes and write. Kaset/CD): (memberikan informasi yang harus siswa tulis) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar | Contoh: Kaset/CD: Rearrange the pictures according to the story that you hear. | Siswa mendengarkan kaset/CD untuk mengurutkan gambar-gambar yang acak | Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar | Unjuk kerja | Responding | Listen to the cassettes and rearrange the pictures below. Kaset/CD: (memberikan informasi agar siswa dapat mengurutkan gambar) | 2 x 35 menit | · Rekaman kaset/CD · Buku teks · Script percakap-an |
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk | Contoh: A: How does John go to school? B: He goes to school by bicycle | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Memberi contoh melakukan sesuatu · Memberi aba-aba · Memberi petunjuk | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakap-an · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang | Contoh: A: Can you tell me where west is? B: Sure. That’s west. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: · Meminta bantuan · Memberi bantuan · Meminta barang · Memberi barang | Tes lisan | Pertanyaan | Answer the questions orally! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan | Contoh: A: How can I get to the post office? B: Can you tell me where the post office is? C: How much is it? D: Shall I get you something? | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: a. Mengungkapkan perasaan b. Merespon ungkapan c.Mengungkapkan keraguan d. Menanyakan e. Meminta kejelasan | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: Would you please .... dan May I .... | Contoh: A: May I help you? B: I need spinach. A: Would you please tell me where the post office is? B: Go north and turn left. You won’t miss it. | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi 2. Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata | Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: · Would you please... · May I ... | Tes lisan | Performance | Act out the dialogues in front of the class! | 4 x 35 menit | · Script percakapan · Buku teks berisi percakapan · Alat peraga |
Kelas : VI (Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima | Ucapan dan intonasi teks yang dipelajari | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: ucapan, tekanan, dan intonasi 2. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kalimat dengan tekanan dan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar | Tes unjuk kerja | Uji petik membaca nyaring | Read the dialogues aloud. | 2 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.2 Memahami teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik | Teks deskriptif bergambar sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana 2. Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks deskriptif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
7.3 Memahami teks naratif bergambar sangat sederhana | Teks naratif bergambar sangat sederhana | 1. Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana 2. Tanya jawab yang terkait dengan materi | Mengidentifikasi teks naratif bergambar sangat sederhana | Tes unjuk kerja | Tes identifikasi informasi yang ada dalam teks naratif bergambar sangat sederhana | Read the text and answer the questions. | 2 x 35 menit | Buku teks |
Silabus
Lampiran 4
Sekolah : SD ____________
Kelas : VI(Enam)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik | Teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana | Tes tulis | Menulis teks fungsional pendek | Complete the dialogues based on the pictures. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
8.2 Menulis kartu-kartu ucapan sangat sederhana secara berterima | Kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Tes tulis | Menulis kartu ucapan sangat sederhana | Write a greeting card to your friend. | 4 x 35 menit | · Buku teks · Alat peraga |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar