SKENARIO PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN
Tim Pengembang Kurikulum
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Langkah-langkah prosesi Pembelajaran yang biasa dilakukan oleh
kebanyakan guru ?
Langkah-langkah prosesi Pembelajaran yang biasa dilakukan
oleh kebanyakan guru ? (lanjutan)
Mari kita kaji bersama !
Apakah
kegiatan yang dilakukan guru berubah dari hari ke hari ?
Apakah
cara atau prosesi pembelajaran itu kembali diulang pada hari-hari berikutnya ?
Pernahkah
ditemukan guru yang tidak menonjolkan penggunaan metode ceramah dalam kegiatan
pembelajaran ?
Apakah
guru menciptakan suasana yang tidak membosankan dalam mengelola pembelajaran ?
Pernahkah
guru membawa anak-anaknya untuk belajar dengan memmanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar ?
Pernahkah
mendatangkan nara sumber dari luar ?
Bagaimana sebaiknya
pembelajaran dikelola ?
Skenario Pembelajaran
Skenario
adalah rancangan kegiatan yang akan dilakukan, gambaran tentang langkah-langkah
yang akan ditempuh dalam satu proses/ kegiatan tertentu.
Skenario
pembelajaran adalah rancangan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam
proses/kegiatan pembelajaran
Beberapa Ciri Implementasi PAKEM:
(sambungan...)
(sambungan...)
3. PENGELOLAAN KBM
- Pengelolaan Tempat Belajar
- Pengelolaan Siswa
- Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran
- Pengelolaan Isi Pembelajaran
- Pengelolaan Sumber Belajar
A. Pengelolaan Tempat Belajar
Bergantung
strategi yang akan digunakan dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Memperhatikan
intensitas interaksi antarsiswa
Yang
dikelola:
-
pajangan (hasil kerja siswa, gambar,
peta, diagram,
model, benda asli,
kumpulan puisi,
karangan...).
- meja
kursi
-
perabot sekolah
-
sumber belajar
B. Pengelolaan Siswa
Siswa
dikelola secara individual, berpasangan, berkelompok, seluruh kelas
Hal
yang perlu menjadi pertimbangan
-
jenis kegiatan
-
tujuan kegiatan
-
keterlibatan siswa
-
waktu belajar
-
ketersediaan sarana/prasarana
-
karakteristik siswa
KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK SISWA
(sambungan...)
(sambungan...)
C. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran
Pertanyaan yg mendorong siswa berpikir dan berproduksi
mengharap
jwbn
benar
Tujuan
Bertanya
merangsang
siswa
berpikir
dan berbuat
Dengan
pertanyaan:
-
produktif
-
terbuka
-
imajinatif
(sambungan...)
(sambungan...)
Penyediaan
umpan balik yg bermakna
Umpan
balik bukanlah pernyataan yg memvonis siswa
Penilaian
yg mendorong siswa melakukan unjuk kerja
Penilaian
dilakukan secara alami dlm konteks pembelajaran. Modus/medium untuk menilai tdk
cukup satu jenis
D. Pengelolaan Isi Pembelajaran
Menyiapkan Silabus Pembelajaran
Pengembangan
pembelajaran tematik
E. Pengelolaan Sumber Belajar
Pemanfaatan sumber
daya sekolah
Pemanfaatan sumber
daya lingkungan
Strategi Pembelajaran
Siswa
belajar secara aktif
Siswa
membangun peta konsep
Siswa
menggali informasi dr berbagai media
Siswa
membandingkan dan mensintesiskan informasi
Siswa
mengamati secara aktif
Siswa
menganalisis peta sebab akibat
Siswa
melakukan kerja praktik
Pengalaman Belajar Lintas Kurikulum
Lomba/Kompetisi
Perkemahan
Bakti Sosial
Studi banding
Penelitian
Koperasi
Bengkel siswa, berkebun, bersawah, percobaan
Skenario PAKEM:
Mata Pelajaran: ……………………..
Kelas/Semester:…………………….
Standar Kompetensi: ………………
Kompetensi Dasar: …………………
Tujuan Pebelajaran : ………………
Mata Pelajaran: ……………………..
Kelas/Semester:…………………….
Standar Kompetensi: ………………
Kompetensi Dasar: …………………
Tujuan Pebelajaran : ………………
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(PAKEM)
(PAKEM)
Mata
Pelajaran : …………………………….
Kelas : …………………………….
Semester : …………………………….
Standar
Kompetensi: …………………………..
Kompetensi
Dasar : ……………………………..
Tujuan
Pembelajaran: ………………………….
Kegiatan
Pembelajaran :
-awal
-inti
-penutup
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(PAKEM) - lanjutan
(PAKEM) - lanjutan
Alat/Media dan sumber Pembelajaran :
Evaluasi
- Prosedur
- Prosedur
- Jenis
- Soal
-
Pedoman penskoran/Kunci
Tidak ada komentar :
Posting Komentar