Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 09 Februari 2012

KISI-KISI KOMPETENSI AWAL GURU SD


KISI-KISI SOAL UJIAN KOMPETENSI AWAL GURU SD


NO
SK
KD
INDIKATOR ESENSIAL
C2
C3
C4
C5
C6
NOMOR.SOAL


1

Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung



 1.1



Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan pemahaman tentang




 1.2
Merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan










1.3
Menampilkan keterampilam berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca















1.4
Mengkreasikan apresiasi sastra Indonesia yang



 1.1.1
Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD

 1.1.2
Memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD.

 1.1.3
Memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD


 1.2.1
Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan

 1.2.2
Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa

 1.2.3
Memperjelas perencanaan dan pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.


1.3.1
Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis

1.3.2
Menemukan isi atau pesan pokok wacana lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita, pidato.


1.3.3
Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi


1.3.4
Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).

1.3.5
Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan surat.


1.4.1
Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra

1.4.2
Menyusun langkah-langkah membuat parafrase puisi ke prosa.

1.4.3
Menilai prosa

1.4.4
Mengapresiasi drama





V

V



1


2

3



4


5



6




7,8


9.10




11,12



13


14,15


16.17


18


19


20
2
Memiliki kompetensi pedagogik pembelajaran PKn

2.1
Penilaian proses belajar PKn.





2.2
Menilai berbagai norma dalam kehidupan




2.3
Merumuskan prinsip-prinsip demokrasi dan




2.4
Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.


2.5
Merumuskan nilai-nilai nasionalisme





2.6
Membagankan sistem pemerintahan kabupaten, kota, provinsi, dan pusat




2.7
Merumuskan prinsip dan praktik politik luar negeri Indonesia


2.1.1
Merumuskan proses belajar PKn tentang konsep kejujuran

2.1.2


Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme


2.2.1
Membuat contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah

2.3.1
Menelaah prinsip-prinsip demokrasi.

2.3.2
Mengkategorikan Peraturan perundang- undangan di tingkat pusat dan daerah.


2.4.1
Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai pandangan hidup dan sejarah Pancasila sebagai dasar negara.

2.4.2
Menyimpulkan nilai-nilai Pancasila,sebagai idiologi negara


2.5.1
Menganalisis pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI

2.5.2
Menelaah bentuk-bentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.


2.6.1
Menelaah setiap lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat desa, kabupaten/kota, provinsi, dan pusat

2.6.2
Menelaah sistem pemilu dan pilkada yang ada di Indonesia

2.7.1
Menelaah prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.





21

22



23,24


25,26

27,28,29




30,31



32,33


34


35



36,37


38,39


40
3



















4
Menguasai kompetensi pedagogik pembelajaran matematika SD/MI
















Menguasai konsep dan metode keilmuan matematika yang


3.1.Menguasai prinsip, teori dan strategi pembelajaran serta teknik asesmen yang tepat pada pembelajaran matematika



















4.1
Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma, dan sifat-sifat







4.2
Menguasai konsep bilangan, operasi, algoritma dan sifatsifat









4.3
Menguasai konsep relasi, fungsi dan penalaran dalam





4.4
Menguasi konsep dan prinsip dalam geometri dan pengukuran








4.5
Menguasai konsep probabilitas dan




3.1.1
Merancang aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika


3.1.2
Merancang pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan

3.1.3
Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat

3.1.4
Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan

3.1.5
Mengombinasikan beragam strategi pembelajaran matematika untuk mencapai

3.1.6
Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran


4.1.1
Menganalisis dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat

4.1.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat distribusi bilangan bulat



4.2.1
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat urutan bilangan pecahan

4.2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan


4.2.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio



4.3.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan

4.3.2
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan persamaan yang memuat variabel


4.4.1
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat segiempat


4.4.2
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat kesejajaran garis-garis

4.4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan


4.5.1
Menyajikan data dalam bentuk diagram

4.5.2
Memecahkan masalah berkaiatan dengan rara-rata












41


42



43



44


45


46


47


48




49



49


50





52

53


54




55


56


59


60
5
Menguasai kompetensi pedagogik pembelajaran IPA SD/MI
5.1
Merancang pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi
5.1.1
Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar

5.1.2
Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA

5.1.3





5.1.4

Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah


Menggabungkan beragam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan sikap ilmiah








61


62




63





64




6
Menguasai struktur, konsep, dan metode keilmuan IPA SD / MI

6.2
Menafsirkan struktur, fungsi dan sistem pengangkutan pada tumbuhan











6.3
Menafsirkan organ, fungsi, dan sistem pada sistem tubuh hewan dan manusia






6.4
Membandingkan besaran dan dan satuan


6.5
Mengkategorikan materi dan perubahannya


6.6
Memecahkan permasalahan energi dan perubahannya











6.7
Menganalisis fenomena-fenomena bumi dan alam semesta




6.2.1
Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan


6.2.2
Menyimpulkan macam-macam pengangkutan pada tumbuhan

6.2.3
Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya





6.3.1
Menganalisis gangguan-gangguan pencernaan makanan pada manusia

6.3.2
Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia

6.3.3
Mengabstraksi ciri hewan invertebrata


6.4.1
Memilih alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur




6.5.1
Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda


6.6.1
Menganalisis sifat-sifat cahaya


6.6.2
Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan kemagnetan

6.6.3
Menganalisis jenis-jenis gaya dalam kehidupan sehari-hari

6.6.4
Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

6.6.5
Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.



6.7.1
Mengelompokkan planet-planet dalam tata surya


6.7.2
Menganalisis proses terjadinya tata surya

6.7.3
Mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi








65


66


67






68


69


70


71





72


73


74

75

76


77




78


79

80











7
Menguasai kompetensi profesional pembelajar IPS

7.1
Menguasai lingkup dan struktur IPS


7.2
Menguasai sejarah kenampakan bentang alam, gejala alam, dan pemanfaatan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kehidupan










7.3
Menganalisis proses globalisasi dan kerja sama ekonomi luar Indonesia






7.4
Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dan peran uang dalam perekonomian
7.1.1
Membandingkan fakta, konsep, generalisasi dalam pembelajaran IPS


7.2.1
Menganalisis sejarah kenampakan alam, serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya

7.2.2
Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis

7.2.3
Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam serta usaha-usaha untuk

7.2.4
Memerinci ciri-ciri kehidupan yang sejahtera dan harmonis



7.3.1
Menganalisis peran bangsa Indonesia pada era global


7.3.2
Menentukan peran Indonesia dalam kerjasama ekonomi internasional


7.4.1
Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat

7.4.2
Menentukan peran uang dalam perekonomian










81.82



83,84


85.86


87,88


89



90.91



92



93

94




8
Memiliki kompetensi pedagogik pembelajaran IPS

8.1
Mengembangkan kurikulum mata pelajaran

8.2
Menyelenggarakan pembelajaran IPS yang mendidik
8.1.1
Menyesuaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS

8.2.1
Merencanakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS

8.3.1
Memilih prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS

8.3.2
Memilih prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS





95


96.97


98



99,100


1 komentar :

EDY SUSILO mengatakan...

utuk temen2 yang dh kinjungi blog ini silakakan kasih komentar/saran