Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 14 Februari 2012

KOMPETENSI GURU

 
DOMAIN KOMPETENSI GURU 

KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembelajaran)
  1. Mengenal karakteristik anak didik
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
  3. Pengembangan kurikulum
  4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
  5. Memahami dan mengembangkan potensi
  6. Komunikasi dengan peserta didik
  7. Penilaian dan evaluasi
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
 (Pembelajaran)
  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
  2. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
  3. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
KOMPETENSI SOSIAL
 (Pembelajaran)
  1. Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
  2. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
KOMPETENSI PROFESIONAL
 (Pembelajaran)
  1. Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
  2. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembimbingan)
  1. Menguasai teori dan praksis pendidikan
  2. Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
  3. Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
 (Pembimbingan)
  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
  2. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih
  3. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
  4. Menampilkan kenerja berkualitas tinggi
KOMPETENSI SOSIAL
 (Pembimbingan)
  1. Mengimplimentasikan kolaborasi internal di tempat bekerja
  2. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
  3. Mengimplimentasi kolaborasi                 antar profesi
KOMPETENSI PROFESIONAL
 (Pembimbingan)
  1. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli
  2. Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK
  3. Merancang program BK
  4. Mengimplementasikan program BK yang komprehensif
  5. Menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling
  6. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
  7. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam BK
PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA GURU
Dilakukan setiap tahun oleh kepala sekolah atau pengawas atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah (yang telah memahami penilaian)
Penilaian terhadap kompetensi guru dilakukan dengan instrumen tertentu (Pembelajaran, Pembimbingan, atau Tugas Tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah)

Tidak ada komentar :