Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 08 Maret 2012

SILABUS PEMBELAJARAN MTEMATIKA IV-2

                         SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA 4B

Kelas/Program                   : IV

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 18 x 30 menit
Standar Kompetensi          : Bilangan  
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1     Mengurutkan bilangan bulat


BILANGAN
o  Mengurutkan Bilangan bulat



o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan

o Mencontohkan langkah mengerjakan latihan 1  dan 2 Hlm. 4

o Mencontohkan langkah mengerjakan latihan 3 Hlm. 5

o Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan



o Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
o Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
o Mengenal lawan suatu bilangan
o Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar



Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan 1 dan 2 

Latihan 3

Latihan 4


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B

 

Alat:
-  Buku


5.2     Menjumlahkan bilangan bulat



OPERASI HITUNG BILANGAN
o  Penjumlahan bilangan bulat



o Menjelaskan cara menjumlahkan dua bilangan positif, dua bilangan negatif dan bilangan positif dengan bilangan negatif menggunakan garis bilangan
o Menjelaskan contoh dan menugaskan  latihan 1 Hlm. 9, latihan 3 Hlm.11


o Menjumlahkan dua bilangan positif
o Menjumlahkan dua bilangan positif
o Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif

Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




latihan 2 Hlm. 10 dan 4 Hlm. 12
latihan 5, 6 Hlm. 14


8 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B
 
Alat:
si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,

5.3     Mengurangkan bilangan bulat


OPERASI HITUNG BILANGAN
o  Pengurangan bilangan bulat


F  Menjelaskan cara mengurangkan :
·        dua bilangan positif,
·        dua bilangan negatif
·        bilangan positif dengan bilangan negatif
·        bilangan negatif dengan bilangan positif
F  Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan 1 Hlm. 15, latihan 3 Hlm. 17
F  Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan 4 Hlm. 18, latihan 5 Hlm. 19


FMengurangkan dua bilangan positif
FMengurangkan dua bilangan positif
FMengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
FMengurangkan dua bilangan negatif


Tugas Individu dan Kelompok








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif




latihan 2 Hlm. 16
latihan 6 Hlm. 19


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B



Alat:
-   

5.4     Melakukan operasi hitung campuran



OPERASI HITUNG BILANGAN

o Operasi Hitung Campuran



o  Mengetahui tingkat pengerjaan hitung campuran
1.        () Tanda kurung
2.        X dan :
3.        + dan –
o   Mempelajari contoh
o   Mengerjakan latihan 1 s.d 4
o   mempelajari contoh soal cerita


o  Menghitung operasi hitung campuran


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 1,  d 4
 soal n uk mengerjakan latihan di rumah
m ku hitung campuran
2 Hlm. 54

Latihan 3
Hlm. 55

Latihan 4
Hlm.56


2jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B


Alat:

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )




Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Mapel Matematika



(...............................................)
       NIP.

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : IV

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1   Menjelas-kan arti pecahan dan urutannya



Arti Pecahan dan Urutannya
o  Arti Pecahan (Hlm. 25)
o  Pecahan sebagai operasi pembagi (Hlm. 27)


o  Menjelaskan arti pecahan yaitu beberapa bagian dari keseluruhan dan mencontohkan mengerjakan soal latihan 1


 






o  Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 27

o  Menjelaskan pecahan sebagai operasi pembagian. Menekankan pada istilah pembilang yaitu bilangan yang dibagi dan penyebut sebagai bilangan pembagi

o  Menugaskan mengerjakan latihan 2

o  Menjelaskan garis bilanagan dan letak pecahan pada buku hlm. 28

o  Menugaskan mengerjakan latihan 3. Hlm. 28

o  Menjelaskan perbandingan pecahan yang satu dengan yang lain serta mengurutkan beberapa pecahan mulai dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya
,       ,     
o  Menugaskan mengerjakan latihan 4, 5 dan 6 no ganjil


o  Mengenal arti pecahan
o  Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian
o  Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan
o  Membandingkan dan mengurutkan pecahan


Tugas Individu



Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru



2 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B



Alat:
-   

6.2   Menyeder-hanakan berbagai bentuk pecahan

Pecahan senilai


·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan yang senilai
·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang penyederhanaan pecahan
·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan sebagai operasi pembagian
·      Mengeksposisi tentang pecahan senilai, penyederhaan pecahan dan pecahan sebagai pembagian


·      Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
·      Menyederhanakan pecahan
·      Menyatakan pecahan sebagai pembagian


Tugas Individu dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru


6 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B



Alat:
-  Kartu bilangan 0 sampai 10


6.3 Menjum-lahkan pecahan


·      Penjumlahan Pecahan Desimal


·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan  pecahan dan pecahan desimal


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B




Alat:

6.4 Mengurang-kan pecahan


·      Pengurangan Pecahan Desimal


·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan  pecahan dan pecahan desimal


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B




Alat:
-   


6.5 Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan pecahan


·      Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan Pecahan Desimal


·      Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
·      Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan  pecahan dan pecahan desimal


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan


Tugas Individu




Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 4B




Alat:
-   

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Mapel Matematika



(...............................................)
       NIP.



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : ..................

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : IV

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 8 x 30 menit
Standar Kompetensi          : 7.   Menggunakan lambang bilangan Romawi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi


Lambang Bilangan Romawi




o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi

o Mencontohkan langkah membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi

o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi

Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B
Alat:
-  Buku

7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya


Lambang Bilangan Romawi = Bilangan Cacah




o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi = Bilangan Cacah

o Mencontohkan langkah membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi= Bilangan Cacah


o  Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari= Bilangan Cacah
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi= Bilangan Cacah


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan dari guru


4 jp

7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Mapel Matematika



(...............................................)
       NIP.

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     : SD 1 AGAMAKMUR

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/Program                   : IV

Semester                               : 2 (Dua)

Alokasi Waktu                    : 26 x 30 menit
Standar Kompetensi          : Geometri dan Pengukuran
8.         Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1  Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana

GEOMETERI




·   Melakukan pengamatan dan diskusi
·   Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus
·   Mengeksposisi tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus


·   Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B

Alat:
Buku


8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus

GEOMETERI





·   Melakukan pengamatan
·   Demonstrasi dalam menggambar bangun ruang balok dan kubus beserta jaring-
·   jaringnya





·   Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan
·   Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus 


Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B
 Alat:
(1)      Buku


8.3 Mengidentifi-kasi benda-benda dan bangun datar simetris

GEOMETERI


·   Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris
·   Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris
·   Membuat bangun-bangun datar yang simetris
·   Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri
·   Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana
·   Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris
·   Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar  

·   Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris
·   Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris
·   Membuat bangun-bangun datar yang simetris
·   Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri
·   Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana
·   Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris
·   Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar  



Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah






Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B

 

Alat:
Buku


8.4  Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar

GEOMETERI


·   Melakukan pengamatan
·   Demonstrasi dalam melukis hasil pencerminan dari sebuah bangun datar


·   Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana

Tugas Individu
dan Kelompok




Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan dari guru


4 jp

Sumber:
Buku
MATEMATIKA 4B
Alat:
Buku

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )
dan  Tanggung jawab ( responsibility )



Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP.

........,  .................................  20......
Guru Mapel Matematika



(...............................................)
       NIP.


Tidak ada komentar :