SILABUS PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 4B
Kelas/Program : IV
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 18 x 30 menit
Standar Kompetensi : Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengurutkan bilangan bulat | BILANGAN o Mengurutkan Bilangan bulat | o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat pada garis bilangan o Mencontohkan langkah mengerjakan latihan 1 dan 2 Hlm. 4 o Mencontohkan langkah mengerjakan latihan 3 Hlm. 5 o Memeriksa pekerjaan siswa dan menugaskan untuk mengerjakan di depan | o Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari o Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat o Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan o Mengenal lawan suatu bilangan o Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 dan 2 Latihan 3 Latihan 4 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - Buku |
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat | OPERASI HITUNG BILANGAN o Penjumlahan bilangan bulat | o Menjelaskan cara menjumlahkan dua bilangan positif, dua bilangan negatif dan bilangan positif dengan bilangan negatif menggunakan garis bilangan o Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan 1 Hlm. 9, latihan 3 Hlm.11 | o Menjumlahkan dua bilangan positif o Menjumlahkan dua bilangan positif o Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | latihan 2 Hlm. 10 dan 4 Hlm. 12 latihan 5, 6 Hlm. 14 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: |
5.3 Mengurangkan bilangan bulat | OPERASI HITUNG BILANGAN o Pengurangan bilangan bulat | F Menjelaskan cara mengurangkan : · dua bilangan positif, · dua bilangan negatif · bilangan positif dengan bilangan negatif · bilangan negatif dengan bilangan positif F Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan 1 Hlm. 15, latihan 3 Hlm. 17 F Menjelaskan contoh dan menugaskan latihan 4 Hlm. 18, latihan 5 Hlm. 19 | FMengurangkan dua bilangan positif FMengurangkan dua bilangan positif FMengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif FMengurangkan dua bilangan negatif | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | latihan 2 Hlm. 16 latihan 6 Hlm. 19 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - |
5.4 Melakukan operasi hitung campuran | OPERASI HITUNG BILANGAN o Operasi Hitung Campuran | o Mengetahui tingkat pengerjaan hitung campuran 1. () Tanda kurung 2. X dan : 3. + dan – o Mempelajari contoh o Mengerjakan latihan 1 s.d 4 o mempelajari contoh soal cerita | o Menghitung operasi hitung campuran | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1, 2 Hlm. 54 Latihan 3 Hlm. 55 Latihan 4 Hlm.56 | 2jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel Matematika (...............................................) NIP. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : IV
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
6.1 Menjelas-kan arti pecahan dan urutannya | Arti Pecahan dan Urutannya o Arti Pecahan (Hlm. 25) o Pecahan sebagai operasi pembagi (Hlm. 27) | o Menjelaskan arti pecahan yaitu beberapa bagian dari keseluruhan dan mencontohkan mengerjakan soal latihan 1
o Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 27 o Menjelaskan pecahan sebagai operasi pembagian. Menekankan pada istilah pembilang yaitu bilangan yang dibagi dan penyebut sebagai bilangan pembagi o Menugaskan mengerjakan latihan 2 o Menjelaskan garis bilanagan dan letak pecahan pada buku hlm. 28 o Menugaskan mengerjakan latihan 3. Hlm. 28 o Menjelaskan perbandingan pecahan yang satu dengan yang lain serta mengurutkan beberapa pecahan mulai dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya ![]() ![]() ![]() o Menugaskan mengerjakan latihan 4, 5 dan 6 no ganjil | o Mengenal arti pecahan o Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian o Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan o Membandingkan dan mengurutkan pecahan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 2 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - | |||
6.2 Menyeder-hanakan berbagai bentuk pecahan | Pecahan senilai | · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan yang senilai · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang penyederhanaan pecahan · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan sebagai operasi pembagian · Mengeksposisi tentang pecahan senilai, penyederhaan pecahan dan pecahan sebagai pembagian | · Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan · Menyederhanakan pecahan · Menyatakan pecahan sebagai pembagian | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - Kartu bilangan 0 sampai 10 | |||
6.3 Menjum-lahkan pecahan | · Penjumlahan Pecahan Desimal | · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dan pecahan desimal | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: | |||
6.4 Mengurang-kan pecahan | · Pengurangan Pecahan Desimal | · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dan pecahan desimal | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - | |||
6.5 Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan pecahan | · Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan Pecahan Desimal | · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal · Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dan pecahan desimal | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | Tugas Individu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - | |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel Matematika (...............................................) NIP. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ..................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : IV
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 8 x 30 menit
Standar Kompetensi : 7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi | Lambang Bilangan Romawi | o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi o Mencontohkan langkah membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi | o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: - Buku |
7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya | Lambang Bilangan Romawi = Bilangan Cacah | o Menjelaskan cara membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi = Bilangan Cacah o Mencontohkan langkah membaca dan menuliskan Lambang Bilangan Romawi= Bilangan Cacah | o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari= Bilangan Cacah o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi= Bilangan Cacah | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel Matematika (...............................................) NIP. |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 AGAMAKMUR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : IV
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 26 x 30 menit
Standar Kompetensi : Geometri dan Pengukuran
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana | GEOMETERI | · Melakukan pengamatan dan diskusi · Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus · Mengeksposisi tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus | · Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: Buku |
8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus | GEOMETERI | · Melakukan pengamatan · Demonstrasi dalam menggambar bangun ruang balok dan kubus beserta jaring- · jaringnya | · Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan · Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: (1) Buku |
8.3 Mengidentifi-kasi benda-benda dan bangun datar simetris | GEOMETERI | · Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris · Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris · Membuat bangun-bangun datar yang simetris · Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri · Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana · Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris · Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar ![]() | · Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris · Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris · Membuat bangun-bangun datar yang simetris · Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri · Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana · Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris · Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: Buku |
8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar | GEOMETERI | · Melakukan pengamatan · Demonstrasi dalam melukis hasil pencerminan dari sebuah bangun datar | · Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan dari guru | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 4B Alat: Buku |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP. | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel Matematika (...............................................) NIP. |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar