FORMAT SUPERVISI KELAS
SARAN PEMBINAAN :
SARAN PEMBINAAN :
Saran Pembina
(Nama Jelas)
…………… …..,…………20
Jumlah Nilai Rata-rata
Jumlah Nilai Rata-rata
Format 1:
Aspek yang diamati
Petunjuk Umum
Berilah tanda (V) atau nilai pada kolom yang sesuai dengan penilaian anda dan catatlah hal-hal yang penting yang berhubungan dengan aspek yang diamati pada kolom keterangan.
1. Tidak ada (0-25)
2. Kurang baik (26-50)
3. Cukup (51-75)
4. Baik (76-100)
5. Sangat baik (101-125)
Lembar Observasi
No | Aspek yang diamati | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | Keterangan |
| A. Perencanaan Proses pembelajaran. Apakah guru: Menyusun Silabus? | | | | | | |
1. | Identitas mata pelajaran atau tema pelajaran | | | | | | |
2. | Standar kompetensi | | | | | | |
3. | Kompetensi dasar | | | | | | |
4. | Materi pembelajaran | | | | | | |
5. | Kegiatan pembelajaran | | | | | | |
6. | Indikator pencapaian kompetensi | | | | | | |
7. | Penilaian | | | | | | |
8. | Alokasi waktu | | | | | | |
9. | Sumber belajar | | | | | | |
| B. Menyusun RPP? | | | | | | |
10. | Identitas mata pelajaran | | | | | | |
11. | Standar kompetensi | | | | | | |
12. | Kompetensi Dasar | | | | | | |
13. | Indikator pencapaian kompetensi | | | | | | |
14. | Tujuan Pembelajaran | | | | | | |
15. | Materi Ajar | | | | | | |
16. | Alokasi Waktu | | | | | | |
17. | Metode Pembelajaran | | | | | | |
18. | Kegiatan Pembelajaran a) Pendahuluan b) Inti c) Penutup | | | | | | |
19. | Penilaian Hasil Belajar | | | | | | |
20. | Sumber Belajar | | | | | | |
| C. Pelaksanaan Proses Pembelajaran | | | | | | |
21. | Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran | | | | | | |
22. | Pelaksanaan Pembelajaran | | | | | | |
23. | D. Penilaian Hasil Belajar | | | | | | |
24. | E. Pengawasan Proses Pembelajaran | | | | | | |
……………........., …………………
Kepala Sekolah,
NIP.
Format 2
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi
No | Pertanyaan | Jawaban |
1. | Bagaimana pendapat saudara setelah menyajikan pelajaran ini? | |
2. | Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan? | |
3. | Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi? | |
4. | Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran? | |
5. | Apa yang menjadi kesulitan siswa? | |
6. | Apa yang menjadi kesulitasn saudara? | |
7. | Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan saudara? | |
8. | Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang peerlu peningkatan, berdasarkan kegiatan yang baru saja saudara lakukan dan pengamatan saya. | |
9. | Dengan demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya? | |
| Kesan umum: Saran: | |
……………........., ………………..
Kepala sekolah
NIP.
Format 3.
Hasil Observasi
No | Komponen yang dianalisis | Aspek yang disupervisi | Hasil penilaian dengan instrumen yang dikembangkan | ||||
| | | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1. | Tahap sebelum observasi | Contoh: § Persiapan mengajar yang disiapkan § Konsep yang akan dibahas § Tujuan yang akan dicapai § Langkah-langkah penyajian § Pemanfaatan media § Proses interaksi | | | | | |
2. | Tahap pelaksanaan observasi | § Kejelasan konsep § Tingkat keberhasilan § Penggunaan media § Efektivitas interaksi | | | | | |
3. | Tahap sesudah observasi | § Kesan-kesan penampilan § Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang sudah baik § Kemampuan mengidentifikasi ketrampilan yang belum berhasil § Diskusi tentang gagasan-gagasan alternatif | | | | | |
| | Jumlah | | ||||
| | Rata-rata | |
……………........., ………………..
Kepala sekolah………………………………….
NIP.
Rentang penilaian:
1. Tidak ada (0-40)
2. Kurang baik (41-54)
3. Cukup (55-74)
4. Baik (75-90)
5. Sangat baik (91-100)
Format 4.
Isikan jadwal supervisi kunjungan kelas sesuai dengan kolom yang tersedia
Jadwal Supervisi Kunjungan Kelas
No. | Hari/Tgl | Nama Guru | Mata Pelajaran | Kelas | Jam ke | Pelaksanaan Supervisi | Keterangan |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
| | | | | | | |
…………….........,…………………..
Kepala Sekolah
NIP.
Format 5.
Rekapitulasi hasil supervisi
No | Nama | Nilai | Keterangan | |||
Administrasi | Penampilan | Test | Rata-rata | |||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
Kepala Sekolah……………………………………
NIP.
Rentang penilaian:
|
Format 6.
INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Guru : ……………………………..
2. Sekolah : ……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5. Standar Kompetensi : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar : ……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..
No | URAIAN KEGIATAN | KRITERIA NILAI | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Menentukan identitas mata pelajaran | | | | |
2. | Menentukan standar kompetensi | | | | |
3. | Menentukan kompetensi dasar | | | | |
4. | Menentukan indicator pencapaian kompetensi | | | | |
5. | Menentukan tujuan pembelajaran | | | | |
6. | Menentukan materi ajar | | | | |
7. | Menentukan alokasi waktu | | | | |
8. | Menentukan metode pembelajaran | | | | |
9. | Menentukan kegiatan pembelajaran | | | | |
10. | Menentukan penilaian hasil belajar | | | | |
11. | Menentukan sumber belajar | | | | |
| Jumlah NILAI RIIL = ………………………. | | | | |
| Jumlah NILAI IDEAL = 44 | KLASIFIKASI ……………………. | |||
| Nilai PERSENTASI = …………………….. % |

…………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Format 7.
INSTRUMEN SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS
1. Nama Guru : ……………………………..
2. Sekolah : ……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran : ……………………………..
5. Standar Kompetensi : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar :……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..
No | URAIAN KEGIATAN | KRITERIA NILAI | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Menjelaskan tujuan dan kompetensi dasar | | | | |
2. | Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai dengan silabus | | | | |
3. | Menjelaskan isi kegiatan kepada siswa/langkah kegiatan | | | | |
4. | Menggunakan ekspresi dalam berkomunikasi dengan siswa | | | | |
5. | Menggunakan respon siswa dalam menyelenggarakan kegiatan | | | | |
6. | Menggunakan media dan alat pembelajaran yang sesuai dengan tujuan | | | | |
7. | Menyelenggarakan kegiatan dengan urutan yang logis | | | | |
8. | Menggunakan berbagai metode dalam menjelaskan isi kegiatan | | | | |
9. | Membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan secara individual maupun kelompok | | | | |
10. | Memberikan banyak kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan | | | | |
11. | Memberikan penguatan kepada siswa | | | | |
12. | Melaksanakan penilaian selama kegiatan berlangsung | | | | |
13. | Menutup kegiatan dengan tepat | | | | |
14. | Memberikan tugas/PR | | | | |
| Jumlah NILAI RIIL = ………………………. | | | | |
| Jumlah NILAI IDEAL = 56 | KLASIFIKASI ………………. | |||
| Nilai PERSENTASI = …………………….. % |

…………………………………………..
Mengajar supaya membawa alat peraga ……………………………………….……..
………………………………………………
| ||||
| ||||
Format 8
Contoh : Lembar Observasi Siswa
INSTRUMEN OBSERVASI SISWA
PADA PROSES PEMBELAJARAN
NO | NAMA | KEGIATAN | SKOR | NILAI | KET | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
| | | | | | | | |
JUMLAH | | | | | | | |
KETERANGAN
1. Berpartisipasi aktif
2. Tanggung jawab
3. Disiplin dalan mengikuti pembelajaran
4. Memusatkan perhatian pada materi pembelajaran
KRITERIA SKOR PENILAIAN | KRITERIAN KEAKTIFAN PESERTA | ||
Nilai | Sebutan | Kuantitatif | Kualitatif |
1 | Tidak Aktif | 85 – 100 | Sangat Aktif (SA) |
2 | Kurang Aktif | 69 – 84 | Aktif (A) |
3 | Aktif | 53 – 68 | Cukup Aktif (CA) |
4 | Sangat Aktif | 37 – 52 | Kurang Aktif (KA) |
|
Format 9
Contoh: Lembar Observasi Guru
INSTRUMEN KUNJUNGAN KELAS
PADA PROSES PEMBELAJARAN
Nama Guru : ……………………………..
Kelas : ……………………………..
Identitas Mata Pelajaran : ……………………………..
Waktu : ……………………………..
Semester : ……………………………..
Hari tanggal : ……………………………..
No | URAIAN KEGIATAN | Kriteria Penilaian | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Persiapan dan apresepsi | | | | |
2. | Relevansi materi dengan tujuan pembelajaran | | | | |
3. | Penguasaan materi | | | | |
4. | Strategi | | | | |
5. | Metode | | | | |
6. | Media | | | | |
7. | Manajemen kelas | | | | |
8. | Pemberian motivasi kepada siswa | | | | |
9. | Nada dan suara | | | | |
10. | Penggunaan bahasa | | | | |
11. | Gaya dan sikap perilaku | | | | |
Jumlah NILAI RIIL = ………………………. | | | | | |
Jumlah NILAI IDEAL = 44 | KLASIFIKASI ……………………. | ||||
Nilai PERSENTASI = …………………….. % |

………………………………………………
………………………………………………
![]() |
Format 10. Instrumen supervisi akademik dengan teknik individual:
Sekolah :
Kelas :
Nama guru :
Mata pelajaran :
Waktu :
No | Komponen | Rentang Skor | Skor perolehan | Catatan khusus |
I | Perencanaan pembelajaran 1. ………. 2. ……….. 3. …………. 4. …………. | | | |
II | Pelaksanaan pembelajaran: A. Pendahuluan 1. ……….. 2. ……….. 3. ………… B. Inti 1. ……….. 2. ……….. 3. ………… 4. …………. 5. ……….. 6. ………. 7. ……….. 8. ………..
1. …….. 2. ……… | | | |
| Rerata Skor | | | |
Keterangan: 0 -60 = Kurang ……..,………………..
61-70 = cukup Supervisor
71-80 = Baik
81-100 = amat baik
(…………………………..)
1. Pendahuluan (Diskripsi umum, dan Dasar hukum)
2. Tujuan supervisi
3. Teknik supervisi: Individual atau kelompok.
4. Sasaran obyek kegiatan dan subyek
5. Waktu pelaksanaan supervisor (kepsek & guru senior)
6. Lampiran
a. Jadwal (aloksi waktu, nomor, hari tanggal, jam, kelas sasaran, maple, nama guru, nama supervisor)
b. Instrumen supervisi: lembar observasi, pedoman wawancara
c. Form rekapitulasi hasil berisi nomor, nama guru, mapel, skor angka, konversi kedalam kualivikasi dan meeting, serta tidak lanjut berupa konfirmasi dengan guru.
No | Nama Guru | Mapel | Kelas | Hasil skor | Catatan Khusus | Tindak lanjut | Realisasi Tindak lanjut | |
Kualita | Kuanti | |||||||
1. | | | | | | | Meeting (sumbang saran, pembinaan, dll) | Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya. |
…………,…………………
Kepala Seolah,
(……………………………)
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN (PBM 01)
|
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
A. MERENCANAKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 | Merumuskan kompetensi dasar dan indikator | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Menentukan metode pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menentukan langkah-langkah pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Menentukan cara-cara memotivasi siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Menentukan pengalaman belajar siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Menentukan alokasi waktu | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
B. MERENCANAKAN PENGORGANISASIAN MATERI PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 | Kesesuaian materi pembelajaran dengan kurikulum | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
C. MERENCANAKAN PENGELOLAAN KELAS
Skala Nilai
1 | Penataan ruang kelas | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Pengorganisasian siswa aktif ddalam pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
D. MERENCANAKAN PENGGUNAAN SUMBER MEDIA PELAJARAN
Skala Nilai
1 | Memilih sumber pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Menentukan penggunaan alat/media pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
E. MERENCANAKAN PENILAIAN
Skala Nilai
1 | Menentukan bentu-bentuk prosedur dan teknik penilaian | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Menyusun alat penilaian | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
F. PENAMPILAN FISIK RENCANA PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 | Penggunaan bahasa tulis | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Kerapian dan kebersihan | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
|
Jumlah Nilai Rata-rata
Nilai Akhir = ------------------------------- =
6
Komentar/Saran
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………..,…………
Penilai
|
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN (PBM 02)
|
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
A. MEMBUKA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Skala Nilai
1 | Menyampaiakan materi pengait/persepsi | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Memotivasi siswa untuk memulai pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menyampaikan kompetensi yang harus dicapai siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
B. MENGELOLA KEGIATAN PEMBELAJARAN INTI
1 | Penguasaan materi pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Memberi contoh/ilustrasi/analogi | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menggunakan sumber, alat, media pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Mengarahkan siswa untuk aktif berpartisipasi | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Memberi penguatan | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan urutan yang logis/teratur | 1 | 2 | 3 | 4 |
7 | Merespon secara positif keingintahuan siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
8 | Menunjukkan antusiasme/gairah mengajar | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
C. MENGORGANISASI WAKTU, SISWA, SUMBER DAN ALAT/MEDIA
PEMBELAJARAN
1 | Mengatur penggunaan waktu | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Melaksanakan pengorganisasian siswa | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menyiapkan sumber dan alat bantu/media pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
D. MELAKSANAKAN PENILAIAN
1 | Melaksanakan penilaian proses | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Melaksanakan penilaian hasil/akhir | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
E. MENUTUP KEGIATAN PEMBELAJARAN
1 | Merangkum materi | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Memberi tindak lanjut | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
F. PENAMPILAN GURU
1 | Kesan umum | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Penampilan dan sikap guru dalam pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
|
Jumlah Nilai Rata-rata
Nilai Akhir = ------------------------------- =
6
Komentar/Saran
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Penilai
(Nama Jelas)
LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN MELAKSANAKAN HUBUNGAN PRIBADI (PBM 03)
|
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
A. MEMBANTU MENGEMBANGKAN PERILAKU POSITIF PADA DIRI MURID
1 | Membantu murid untuk menyadari kekuatan dan kelemahan diri | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Membantu murid untuk menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Membantu siswa untuk dapat mengekspresikan perasaan dan pikiran | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Menunjukkan simpati | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Menunjukkan keramahan dan menghargai orang lain | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
B. MENAMPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
1 | Menunjukkan kegairahan dalam pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Memberikan kesan menguasai materi | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menunjukkan kemantapan mengajar | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
C. MENGELOLA INTERAKSI DALAM KELAS
1 | Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Menciptakan iklim belajar yang kondusif | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
|
Nilai Akhir = ------------------------------- =
3
Komentar/Saran
………………..,…………
Penilai
(Nama Jelas)
Keterangan
A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan
B = 2.78 – 3.27 Memuaskan
C = 2.38 – 2.77 Kurang Memuaskan
LEMBAR PENILAIAN
AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN (PBM 04)
|
Petunjuk
- Berilah penilaian rencana pemebelajaran yang dibuat guru sesuai aspek-aspek yang ada.
- Semakin baik yang ditampilkan semakin tinggi nilainya (1-4).
Skala Nilai
1 | Siswa antusias dalam mengikuti pelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Siswa menyimak ketika guru memberikan penjelasan | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Siswa mengajukan pertanyaan pada saat yang tepat | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Siswa tidak canggung bertanya atau mengajukan pendapat | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Siswa melakukan aktivitas sesuai dengan pengalaman belajar yang direncanakan | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Siswa menunjukkan keinginan untuk menguasai materi | 1 | 2 | 3 | 4 |
7 | Siswa berbahasa dengan baik dan benar | 1 | 2 | 3 | 4 |
|
Rata-rata:
|
Nilai Akhir = ------------------------------- =
7
Komentar/Saran
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………..,…………20
Penilai
(Nama Jelas)
Keterangan
A = 3.28 – 4.00 Sangat Memuaskan
B = 2.78 – 3.27 Memuaskan
C = 2.38 – 2.77 Kurang
Tidak ada komentar :
Posting Komentar