Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 19 Januari 2012

KISI-KISI UN


SPESIFIKASI SOAL


Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Bahan Kelas
:   Sekolah Dasar
:   Matematika
:   120 menit
:   40 butir
:   Pilihan Ganda
:   4, 5, dan 6

SKL
Materi
Indikator
No
Soal
1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Operasi hitung bilangan cacah
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah (yang terdiri dari 3 angka atau lebih)
1
Operasi hitung bilangan bulat (negatif dan positif)
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat
2
Operasi hitung campuran dalam soal cerita
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
3
Operasi hitung pecahan


Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pecahan
4
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau  pembagian pecahan
5
Pecahan
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya, memuat lima bilangan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
6
Operasi hitung pecahan
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran pecahan (sekurang-kurangnya 3 operasi hitung)
7
Persen
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen
8
Faktorisasi Prima
Peserta didik dapat menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan
9
FPB
Peserta didik dapat menentukan FPB dari dua bilangan dua angka
10
KPK
Peserta didik menentukan KPK dari dua bilangan
11
Perbandingan
Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan satu kumpulan benda dengan kumpulan benda lainnya
12
Skala
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan  skala
13
Perbandingan
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan sebagai perbandingan
14
Pangkat dan akar
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung bilangan pangkat dua dan akar bilangan
15
2. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Satuan waktu
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan/ pengurangan beberapa ukuran waktu yang diberikan dengan satuan yang berbeda
16
Satuan panjang
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan/ pengurangan beberapa ukuran panjang yang diberikan dengan satuan yang berbeda
17
Satuan berat
Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan beberapa ukuran berat yang diberikan dengan satuan yang berbeda
18
Satuan Luas
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan luas
19
Satuan volume
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan volume
20
3. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dakam kehidupan sehari-hari
Sifat-sifat bangun datar
Disajikan sifat-sifat bangun datar, peserta didik dapat menentukan nama bangun datar tersebut
21
Sifat-sifat bangun ruang
Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik  dapat menentukan banyak dari salah satu unsur bangun ruang tersebut
22
Pencerminan
Peserta didik dapat menentukan hasil pencerminan yang benar
23
Simetri putar
Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk gambar tersebut jika diputar beberapa derajat (90o, 180 o, 270 o dll)
24
Simetri lipat
Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan banyak simetri lipatnya
25
Keliling
Disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan kelilingnya
26
Luas
Disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan luasnya
27
Keliling
Disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan kelilingnya
28
Luas
Disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan luasnya
29
Luas permukaan bangun ruang sisi datar
Disajikan gambar bangun ruang sisi datar beserta ukurannya peserta didik dapat menentukan luas permukaannya
30
Luas permukaan bangun ruang  sisi lengkung
Peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung (tabung, kerucut)
31
Volume bangun ruang sisi datar
Disajikan gambar bangun ruang sisi datar dengan ukurannya peserta didik dapat menentukan volume bangun tersebut
32
Volume gabungan bangun ruang
Peserta didik dapat menentukan volume gabungan bangun ruang.
33
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
Sistem koordinat
Peserta didik dapat menentukan letak titik pada bidang koordinat (grafik cartersius)
34
Letak posisi titik dalam sistim koordinat
Peserta didik dapat menentukan benda atau bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan
35
5. Memahami konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
Diagram garis
Disajikan gambar diagram garis, peserta didik dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari data tersebut
36
Diagram batang
Disajikan gambar diagram batang ,peserta didik dapat menentukan unsur yang belum diketahui
37
Diagram lingkaran
Disajikan gambar diagram lingkaran, peserta didik dapat menentukan unsur yang belum diketahui
38
Mean (rata-rata)
Peserta didik dapat menentukan rata-rata dari suatu soal cerita
39
Modus
Disajikan data peserta didik dapat menentukan modusnya
40



Tidak ada komentar :