SPESIFIKASI SOAL
Jenis Sekolah Mata Pelajaran Alokasi waktu Jumlah Soal Bentuk Soal Bahan Kelas | : Sekolah Dasar : Matematika : 120 menit : 40 butir : Pilihan Ganda : 4, 5, dan 6 |
SKL | Materi | Indikator | No Soal |
1. Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari | Operasi hitung bilangan cacah | Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah (yang terdiri dari 3 angka atau lebih) | 1 |
Operasi hitung bilangan bulat (negatif dan positif) | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat | 2 | |
Operasi hitung campuran dalam soal cerita | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah | 3 | |
Operasi hitung pecahan | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pecahan | 4 | |
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan | 5 | ||
Pecahan | Peserta didik dapat mengurutkan pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya, memuat lima bilangan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan | 6 | |
Operasi hitung pecahan | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran pecahan (sekurang-kurangnya 3 operasi hitung) | 7 | |
Persen | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen | 8 | |
Faktorisasi Prima | Peserta didik dapat menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan | 9 | |
FPB | Peserta didik dapat menentukan FPB dari dua bilangan dua angka | 10 | |
KPK | Peserta didik menentukan KPK dari dua bilangan | 11 | |
Perbandingan | Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan satu kumpulan benda dengan kumpulan benda lainnya | 12 | |
Skala | Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala | 13 | |
Perbandingan | Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan sebagai perbandingan | 14 | |
Pangkat dan akar | Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung bilangan pangkat dua dan akar bilangan | 15 | |
2. Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Satuan waktu | Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan/ pengurangan beberapa ukuran waktu yang diberikan dengan satuan yang berbeda | 16 |
Satuan panjang | Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan/ pengurangan beberapa ukuran panjang yang diberikan dengan satuan yang berbeda | 17 | |
Satuan berat | Peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan beberapa ukuran berat yang diberikan dengan satuan yang berbeda | 18 | |
Satuan Luas | Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan luas | 19 | |
Satuan volume | Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan volume | 20 | |
3. Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri dapat menghitung besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami konsep transformasi bangun datar, serta dapat menggunakannya dakam kehidupan sehari-hari | Sifat-sifat bangun datar | Disajikan sifat-sifat bangun datar, peserta didik dapat menentukan nama bangun datar tersebut | 21 |
Sifat-sifat bangun ruang | Disajikan gambar bangun ruang, peserta didik dapat menentukan banyak dari salah satu unsur bangun ruang tersebut | 22 | |
Pencerminan | Peserta didik dapat menentukan hasil pencerminan yang benar | 23 | |
Simetri putar | Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk gambar tersebut jika diputar beberapa derajat (90o, 180 o, 270 o dll) | 24 | |
Simetri lipat | Disajikan gambar bangun datar, peserta didik dapat menentukan banyak simetri lipatnya | 25 | |
Keliling | Disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan kelilingnya | 26 | |
Luas | Disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan luasnya | 27 | |
Keliling | Disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan kelilingnya | 28 | |
Luas | Disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, peserta didik dapat menentukan luasnya | 29 | |
Luas permukaan bangun ruang sisi datar | Disajikan gambar bangun ruang sisi datar beserta ukurannya peserta didik dapat menentukan luas permukaannya | 30 | |
Luas permukaan bangun ruang sisi lengkung | Peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung (tabung, kerucut) | 31 | |
Volume bangun ruang sisi datar | Disajikan gambar bangun ruang sisi datar dengan ukurannya peserta didik dapat menentukan volume bangun tersebut | 32 | |
Volume gabungan bangun ruang | Peserta didik dapat menentukan volume gabungan bangun ruang. | 33 | |
4. Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah | Sistem koordinat | Peserta didik dapat menentukan letak titik pada bidang koordinat (grafik cartersius) | 34 |
Letak posisi titik dalam sistim koordinat | Peserta didik dapat menentukan benda atau bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan | 35 | |
5. Memahami konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari | Diagram garis | Disajikan gambar diagram garis, peserta didik dapat menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari data tersebut | 36 |
Diagram batang | Disajikan gambar diagram batang ,peserta didik dapat menentukan unsur yang belum diketahui | 37 | |
Diagram lingkaran | Disajikan gambar diagram lingkaran, peserta didik dapat menentukan unsur yang belum diketahui | 38 | |
Mean (rata-rata) | Peserta didik dapat menentukan rata-rata dari suatu soal cerita | 39 | |
Modus | Disajikan data peserta didik dapat menentukan modusnya | 40 |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar