Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 20 Januari 2012

SILABUS TEMATIK III-2


                                             SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

                                        SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.   Memiliki harga diri sebagai individu
PKN:
Mengenal pentingnya harga diri
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  mengidentifikasi harga diri
§  menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
§  Mengidentifikasi harga diri
§  Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

4 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
§  mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  menyebutkan manfaat semangat kerja
§  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Menyebutkan manfaat semangat kerja
III.  IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
§  mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
§  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari



IV.  Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Matematika :
§ Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
§  menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  membilang pecahan dengan kata-kata
§  Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§  Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Siswa membilang pecahan dengan lambang
§  Siswa membandingkan dua buah pecahan
§  Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
§  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Membilang pecahan dengan kata-kata
§  Menuliskan pecahan dengan lambang
§  Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Membilang pecahan dengan lambang
§  Membandingkan dua buah pecahan
§  Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
§  Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
§  Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§  Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§  Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
§  Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§  Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
§  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Mendengarkan pembacaan cerita
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








            Mengetahui
            Kepala Sekolah SD/MI …….
             
             
             
            ( ………………..………… )
            NIP/NIK : …………………
             
            ……...., ………………… 20…        
            Guru Tematik Kelas III
             
             
             
            ( …………………...……… )
            NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar :