SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 3. Memiliki harga diri sebagai individu | PKN: Mengenal pentingnya harga diri | · Kekayaan alam Indonesia · Harga diri · Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | § mengidentifikasi harga diri § menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain § mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan § memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri § menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat | § Mengidentifikasi harga diri § Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain § Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan § Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri § Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 4 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS: Mengenal jenis-jenis pekerjaan | · Jenis-jenis pekerjaan · Semangat kerja · Jual beli · Uang · Pengelolaan uang | § mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah § menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang § Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa § membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3 § menyebutkan manfaat semangat kerja | § Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah § Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang § Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa § Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3 § Menyebutkan manfaat semangat kerja | |||
III. IPA 4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber | IPA: Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran | · Energi · Gerak benda · Kenampakan permukaan bumi · Cuaca · Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan · Kelestarikan dan pemeliharaan alam | § mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan § mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda § membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari § menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan § menjelaskan pentingnya menghemat energi § memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah § menerapkan cara menghemat energi di sekolah § menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari | § Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan § Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda § Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari § Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan § Menjelaskan pentingnya menghemat energi § Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah § Menerapkan cara menghemat energi di sekolah § Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari | | | |
IV. Matematika 3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah | Matematika : § Mengenal pecahan sederhana | · Pecahan · Bangun datar · Sudur · Persegi dan persegi panjang | § menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya § membilang pecahan dengan kata-kata § Siswa menuliskan pecahan dengan lambang § Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata § Siswa membilang pecahan dengan lambang § Siswa membandingkan dua buah pecahan § Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding § Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding | § Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya § Membilang pecahan dengan kata-kata § Menuliskan pecahan dengan lambang § Menuliskan pecahan dengan kata-kata § Membilang pecahan dengan lambang § Membandingkan dua buah pecahan § Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding § Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding | | | |
V. Bahasa Indonesia 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia : § Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya § Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya § Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar § Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif. § Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik | · Menanggapi cerita · Menirukan dialog · Menceritakan peristiwa · Percakapan · Menjawab pertanyaan · Menulis karangan | § Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita § Siswa mendengarkan pembacaan cerita § Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar § Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca § Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa § Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan § Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat § Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat § Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca § Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen § Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah § Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan § Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri | § Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita § Mendengarkan pembacaan cerita § Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar § Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca § Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa § Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan § Menjelaskan secara terperinci suatu tempat § Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat § Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca § Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen § Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah § Mengajukan pertanyaan dari bacaan § Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri | | | |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… | | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas III ( …………………...……… ) NIP/NIK : ………………… |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar