SILABUS PEMBELAJARAN IPA
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester :2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas) | Energi dan Perubahannya A. Gaya dan Benda | o Memahami peta konsep tentang gaya o Melakukan kegiatan 7.1, 7.2, dan 7.3 o Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan : - Alat panah - Katapel - Jungkat-jungkit o Membahas kegiatan 7.2 dan 7.3 o Melakukan diskusi tentang kegiatan tersebut o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda o Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak - Semakin sepeda - Mesin jahit - Alat timba air - Alat penggerek bendera o Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas. | o Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit. o Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Kegiatan 7.1 Hlm.115 Kegiatan 7.2 Hlm.116 Kegiatan 7.3 Hlm.116 Tugas 7.1 Hlm.118 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Bola plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil, papan dan batu bata. |
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik | Energi dan Perubahannya B. Energi listrik | o Memahami peta konsep tentang energi listrik o Mengerjakan kegiatan 7.4, 7.5, 7.6, 7.7, 7.8. o Mengerjakan uji kompetensi. dan Latihan soal. o Memahami prinsip kerja sumber energi listrik generator o Menyebutkan penggerak pembangkit listrik - Tenaga air - Tenaga diesel - Tenaga uap - Tenaga nuklir - Tenaga panas bumi - Tenaga matahari - Tenaga angin o Menjelaskan proses kerja pembangkit listrik o Memahami bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda o Memahami prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda o Menjelaskan perubahan energi listrik o Menyebutkan alat-alat yang menggunakan energi listrik o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari PLTN o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari baterai o Menyebutkan alat ukur listrik - Ohmmeter - Amperemeter - Voltmeter - AVO meter | o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda. o Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik. o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi. o Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik. o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas. o Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | kegiatan 7.4 Hlm.119 kegiatan 7.5 Hlm.122 kegiatan 7.6 Hlm.123 kegiatan 7.7 Hlm.124 kegiatan 7.8. Hlm.125 uji kompetensi Hlm.129 Latihan soal. Hlm.131 | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Penggaris, kertas, buku - Kabel 50 cm, lampu 1,5 V, baterai |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami pentingnya penghematan energi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari | Menerapkan konsep energi gerak A. Penggunaan alat listrik B. Penggunaan bahan bakar C. Hemat energi | o Memahami peta konsep tentang listrik o Tugas 8.1 dan 8.2 o Menyebutkan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energi o Memahami cara menjaga keselamatan saat menggunakan listrik o Memahami peristiwa korsleting dan cara pencegahannya o Mengetahui fungsi dari sekring o Menyebutkan bahan bakar selain listrik o Memahami mengapa minyak tanah masih dipergunakan o Menyebutkan bahan bakar untuk berbagai transportasi o Memahami bahwa bahan bakar akan habis jika di pergunakan terus menerus o Memahami proses pembentukkan kembali bahan bakar fosil amat lama o Berdiskusi tentang hubungan antara dampak hemat energi terhadap polusi dan cara untuk menghemat energi | o Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. o Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga. o Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah. o Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Tugas 8.1 Hlm.125 Tugas 8.2 Hlm.126 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Kertas karton, |
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah) | Menerapkan konsep energi gerak D. Karya yang menggunakan energi listrik. Hlm.142. | o Memahami peta konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Menjelaskan kinerja dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Mengerjakan uji kompetensi, dan latihan soal | o Menentukan karya yang akan dibuat. o Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan. o Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan. o Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya. o Menguji hasil rancangan. o Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan. | Tugas Individu Dan kelompok | Uraian Objektif | Uji kompetensi Hlm.146 Latihan Soal. Hlm.147 | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Tiga lampu, tiga tempat lampu, 3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat. - Kawat, baut besar, besi lentur (10 cm), baterai, kaleng minum bekas, - Bel listrik, baterai, pemberat logam, gabus, pipa paralon, pisau dan papan. |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
MATA PELAJARAN : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 3x 35 menit
Standar Kompetensi : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya | Bumi dan Alam Semesta A. Tata Surya (Hlm.153) | o Memahami peta konsep tentang tata surya o Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet. o Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari o Membuat keterangan mengenai matahari o Memahami perbedaan antara planet dengan matahari o Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Memahami pengertian dari - Orbit - Revolusi - Rotasi o Mengetahui kala revolusi dan rotasi suatu planet o Memahami pengelompokkan planet luar dan planet dalam o Mengetahui cara melihat planet dengan teleskop o Memahami sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus o Memahami peta konsep tentang tata surya o Memahami sifat dan keadaan benda langit seperti : - Meteor dan meteorid - Komet - Asteroid dan Planetoid - Satelit | o Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari. o Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya. o Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya. o Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *). | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 9.1 Hlm 162 | 12 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan | Bumi dan Alam Semesta B. Gerakan Bumi dan Bulan (Hlm.166) | o Memahami peta konsep tentang gerak bumi o Melakukan kegiatan 9.1,9.2, 9.3 o Memahami analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing o Mengetahui lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam o Menjelaskan pengaruh rotasi - Terjadinya siang dan malam - Terjadinya gerak semu harian bintang - Terjadinya perbedaan waktu o Memahami bahwa bumi beredar mengelilingi matahari o Mengetahui kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika o Menjelaskan pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan o Menjelaskan pergerakan bulan dalam peredarannya - Berputar pada porosnya - Mengelilingi bumi (berevolusi) - Bulan dan bumi mengelilingi matahari o Mengetahui kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan | o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi . o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu. o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi). o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi. | Tugas Individu dan kelompok | Uraian Objektif | Kegiatan 9.1 Hlm.167 Kegiatan 9.2 Hlm.170 Kegiatan 9.3 Hlm 173 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Globe, lampu senter - Bola kaki, kertas spidol, selotip |
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari | Bumi dan Alam Semesta A. Gerhana bulan dan matahari (Hlm.175) | o Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi o Melakukan kegiatan 9.4 dan 9.5 o Memahami istilah dari : - Umbra - Penumbra o Menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian o Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi o Memahami hal-hal penting mengenai gerhana matahari - Gerhana matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru - Bagian matahari yang tertutuplebih dahulu adalah bagian sebelah kanan (barat) - Gerhana matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit - Gerhana matahari hanya dialami oleh sebagian bumi pada siang hari | o Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari. o o Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta. | Tugas Individu dan kelompok | Uraian Objektif | Kegiatan 9.4 Hlm.177 Kegiatan 9.5 Hlm 178 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - Bola besar, bola kecil, senter |
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah | Bumi dan Alam Semesta B. Sistem penanggalan (Hlm.180) | o Memahami peta konsep tentang sistem penanggalan o Memahami sistem penanggalan: - Tahun masehi atau tahun syamsiah - Tahun komariyah atau tahun hijriyah o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun masehi o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun komariyah o Melakukan tugas 9.2. Hlm.181 o Melakukan uji kompetensi. o Membahas latihan soal o Membahas latihan ulangan semester | o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi. o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 9.2 Hlm.181 Tugas 9.3 Hlm.182 Uji kompetensi Hlm.184 Latihan soal Hlm. 186 Latihan ulangan umum Hlm. 191 | 8 jp | Sumber: Buku SAINS SD Kelas VI Alat: - |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD 1 ARGAMAKMUR EDY SUSILO,S.Pd. NIP.196907151993061001 | | ARGAMAKMUR, JANUARI 2012 Guru Mapel IPA ( SAINS HARYANI,S.PdSD NIP. |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar