SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
PKn § Membiasakan hidup bergotong royong | § Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong § Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | § Gotong royong | § Siswa dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah § Siswa dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan | § Memberikan contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat § Memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPS§ Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | § Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita | § Pemeliharaan lingkungan § Dokumen keluarga | § dapat memelihara benda penting di lingkungan keluarga | § Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga § Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Matematika§ Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500 | § Membandingkan bilangan sampai 500 § Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan § Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 § Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam § Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang § Mengukur dan menggunakan alat ukur berat § Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | § Penjumlahan dan pengurangan § Pengukuran waktu | § Siswa dapat menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain § Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan § Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka § Siswadapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan § Guru menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam § Siswa dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat | § Menentukan nilai tempat sampai ratusan § Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka § Membedakan nilai tempat antararatusan, puluhan dan satuan § Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung § Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20 § Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan § Menjumlah dua bilangan dan tanpa menyimpan § Mengurang dua bilangan dengan dan tanpa meminjam § Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam § Menentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain § Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m) § Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai § Menentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain § Mengukur berat benda § Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan ( missalnya ons, kg) § menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai § memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur § mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPA§ Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup | § Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan § Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar § Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | § Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan § Tempat hidup makhluk hidup | § Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan § Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair § Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar | § Membuat bagan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya § Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar § Membedakan cirri benda padat dan benda cair § Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
B. IndonesiaBerbicara § Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi Membaca § Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak Menulis § Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte | § Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa § Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat § Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain § Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar § Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca § Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat § Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak | § Diri sendiri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan. § Permainan, kesehatan, lingkungan, tempat umum | § Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat § Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya § Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya § Guru menjelaskan isi puisi yang di baca bersama § Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar. | § Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat § Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas § Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak § Menanggapi isi percakapan yang dilakukan teman § Membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat § Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks § Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat § Menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu § Menulis pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan) § Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca § Menulis nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
§ SBK § Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa | § Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi § Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk § Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi | § Mengenal unsure musik, bunyi dan perpaduannya | § Siswa dapat mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya § Siswa dapat memilih objek benda alam yang menarik § Siswa dapat mengenal unsure bunyi dan musik | § Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar § Memilih objek benda alam yang menarik § Membedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan (tepuk tangan) § Membedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan | Objektif : Tanya jawab Non objektif : Uraian Tes tertulis, lisan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… | | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas II ( …………………...……… ) NIP/NIK : ………………… |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar