Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 20 Januari 2012

SILABUS TEMATIK II-2


                                               SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

                                             SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

                                                 TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
PKn
§  Membiasakan hidup bergotong royong
§  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§  Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
§  Gotong royong
§  Siswa dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§  Siswa dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§  Memberikan contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
§  Memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket
Tertulis
Perbuatan
Lesan
3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

§ Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
§  Pemeliharaan lingkungan
§  Dokumen keluarga
§  dapat memelihara benda penting di lingkungan keluarga
§  Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga
§  Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

§  Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500

 

§  Membandingkan bilangan sampai 500
§  Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§  Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
§  Penjumlahan dan pengurangan
§  Pengukuran waktu
§  Siswa dapat menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§  Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Siswadapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§  Guru menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu  dengan satuan jam
§  Siswa dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat

§  Menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Membedakan nilai tempat antararatusan, puluhan dan satuan
§  Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
§  Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
§  Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
§  Menjumlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
§  Mengurang dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
§  Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
§  Menentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
§  Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
§  Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
§  Menentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
§  Mengukur berat benda
§   Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan  ( missalnya ons, kg)
§  menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai
§  memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
§  mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

§  Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
§  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§  Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
§  Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
§  Tempat hidup makhluk hidup
§  Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§  Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§  Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar

§  Membuat bagan bagian-bagian  utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
§  Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
§  Membedakan cirri benda padat dan benda cair
§  Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

B. Indonesia

Berbicara
§  Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§  Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
§  Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
§  Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§  Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§  Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§  Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
§  Diri sendiri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan.
§  Permainan, kesehatan, lingkungan, tempat umum
§  Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§  Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§  Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§  Guru menjelaskan isi puisi yang di baca bersama
§  Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.

§  Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas
§  Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
§  Menanggapi isi percakapan yang dilakukan teman
§  Membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat
§  Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks
§  Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat
§  Menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
§  Menulis pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
§  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
§  SBK
§  Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
§  Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§  Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Mengenal unsure musik, bunyi dan perpaduannya
§  Siswa dapat mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§  Siswa dapat memilih objek benda alam yang menarik
§  Siswa dapat mengenal unsure bunyi dan musik
§  Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
§  Memilih objek benda alam yang menarik
§  Membedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan  (tepuk tangan)
§  Membedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan
Objektif : Tanya jawab
Non objektif : Uraian
Tes tertulis, lisan

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas II



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


Tidak ada komentar :