Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 23 Januari 2012

PERATURAN BSNP 013/P/BSNP/XII/2011


PERATURAN
BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
NOMOR: 013/P/BSNP/XII/2011

TENTANG
KISI-KISI UJIAN NASIONAL
UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
BAHASA INDONESIA

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra
berupa puisi, dongeng, cerita anak,
dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa)
membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
menentukan ide pokok salah satu paragraf
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
menentukan tokoh utama
menentukan latar
menentukan amanatnya
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.

Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
menentukan makna yang terkait di dalamnya
mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya.
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
membuat pernyataan sesuai isi jadwal
menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang
lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
menentukan isinya
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
menentukan ringkasannya
menentukan temanya
menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
menentukan parafrase yang tepat
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan



Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
menentukan isinya
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
menentukan ringkasannya
menentukan temanya
menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
menentukan parafrase yang tepat
menentukan makna kata pada puisi yang disajikan
2
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, dan ringkasan dengan
menggunakan ejaan dan pilihan kata
yang tepat; menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita,
puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraph yang padu.
Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
melengkapi dengan kalimat yang tepat
memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

II
MATEMATIKA

1
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan
sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya.
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya.
Disajikan dua buah bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk faktorisasinya.
Disajikan tiga buah bilangan dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK.
Siswa dapat mmenyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB.
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua.
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.

2
Memahami konsep ukuran dan
pengukuran berat, panjang, luas dan
volume waktu serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda
atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang
disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volum.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3
Memahami konsep, sifat dan unsurunsur
bangun geometri dapat
menghitung besar-besaran yang
terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep
transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangunruang.

Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (missal setengah lingkaran).
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volum kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui
4
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan dapat
menggunakannya dalam pemecahan
masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik
5
Memahami konsep pengumpulan
data penyajian data dengan tabel dan
grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar
sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan.
III
IPA

1
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan,
manfaat tumbuhan dan hewan bagi
manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka

2
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
3
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
4
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia
dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
 Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
5
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan
fungsinya, serta mampu
mengidentifikasi kebutuhan tubuh
agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
6
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan
kegunaan, serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor
yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
7
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta
manfaatnya dalam kehidupan seharihari.
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuksuatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
8
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang
terjadi dalam pengunaannya, serta
dampaknya bagi kehidupan.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahunmasehi/tahun hijriah.

Tidak ada komentar :