LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN
Untuk melaksanakan penilaian kelas terdapat beberapa urutan kerja yang harus dilakukan yaitu:
A. Langkah Pertama: menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.
Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh pendidik dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik, keluasan dan kedalaman kompetensi dasar, dan daya dukung sekolah, misalnya kemampuan guru dan sarana atau perasarana penunjang. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian hasil belajar. Indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.
Contoh: Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar menjadi Indikator.
1. Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IV/1.
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* |
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya | Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**) | · Melempar bola ke berbagai arah · Melempar bola ke sararan · Menangkap bola dengan dua tangan dari berbagai arah. · Memukul bola dengan tongkat pemukul · Menerapkan kerjasama team dalam permainan kasti. · Menyebutkan manfaat permainan kasti terahadap kesehatan tubuh. |
Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .
2. Mata pelajaran : IPS
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* |
Memahami identi- Tas diri dan kelu- Arga , serta sikap Saling menghormati dalam Kemajemukan keluarga . | Mengidentifi - kasi identitas diri, keluarga, dan kerabat. | · Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya. · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga. |
Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .
3. Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* |
Menulis Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. | Menulis puisi ber- dasarkan gambar dengan ilihan kata yang menarik | · Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi. · Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar . |
Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .
B. Langkah kedua: menetapkan Kriteria Ketuntasan setiap indikator
Setelah menjabarkan kompetensi dasar menjadi beberapa indikator, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator, rentang persentase kriteria ketuntasan setiap indikator adalah antara 0% – 100%. Kriteria ketuntasan ideal untuk masing-masing indikator adalah 75%. Namun satuan pendidikan dapat menetapkan kriteria atau tingkat pencapaian indikator, apakah 50%, 60% atau 70%. Sudut pandang yang diguanakn dalam penetapan adalah tingkat kemampuan akademis peserta didik, kompleksitas indikator dan daya dukung pendidik serta ketersediaan sarana dan prasarana.
Pada tahap awal penetapan kriteria ketuntasan indikator boleh-boleh saja agak rendah, namun diharapkan semaikin lama semakin meningkat, hal ini karena kualitas satuan pendidikan akan dinilai oleh pihak luar secara berkala, misalnya melalui ujian nasional. Hasil penilaian ini akan menunjukkan peringkat suatu satuan pendidikan dibandingkan dengan satuan pendidikan lain (benchmarking). Melalui pemeringkatan ini diharapkan satuan pendidikan terpacu untuk meningkatkan kualitasnya, dalam hal ini meningkatkan kriteria ketuntasan pencapaian indikator semakin mendekati 100%.
Contoh: penetapan kriteria ketuntasan indikator pada beberapa mata pelajaran:
1. Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IV/1.
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Kriteria Ketuntasan |
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya | Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**) | · Melempar bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% |
· Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% | ||
· Memukul bola dengan tongkat | 80% | ||
· Memintas dan menangkap bola dengan konsisten | 80% | ||
· Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat | 80% | ||
· Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan | 80% | ||
· Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka | 80% | ||
· Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul | 80% | ||
· Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team | 75% | ||
· Menerapkan peraturan permainan | 75% | ||
· Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh | 75% |
2. Mata pelajaran : IPS
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* | Kriteria Ketuntasan |
Memahami identi- tas diri dan kelu- arga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga . | Mengidentifi - kasi identitas diri , keluarga , dan kerabat. | · Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya. · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga . | 90% 90 % 90 % 85 % |
3. Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* | Kriteria Ketuntasan |
Menulis Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. | Menulis puisi ber- dasarkan gambar dengan ilihan kata yang menarik | · Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi. · Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi. · Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar . · Peserta didik dapat membacakan puisi dengan . · Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar | 80 % 75 % 70 % 80 % 70 % |
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / 1
S K | K D | Indikator | KK |
Menggunakan pengukuran waktu,panjang,dan berat dalam pemecahan masalah . | Menggunakan alat ukur tidak baku dan baku (cm,m) yang sering digunakan . | · Peserta didik menyebutkan macam – macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari-hari (jengkal,depa,langkah,kaki dll) · Peserta didik dapat menggunakan alat ukur tidak baku (jengkal,depa,pecak (panjang telapak kaki) langkah kaki dll) · Peserta didik menyebutkan alat ukur baku cm , m yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari . · Peserta didik dapat menggunakan alat ukur baku untuk mengukur panjang suatu benda. · Peserta didik dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tidak baku hasilnya berbeda. | 65% 65% 65% 60% 60% |
C. Langkah ketiga: pemetaan Stanar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, kriteria ketuntasan dan Aspek yang terdapat pada raport
Contoh: pemetaan Stanar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, kriteria ketuntasan dan Aspek yang terdapat pada raport pada beberapa mata pelajaran (pada raport)
1. Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IV/1.
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Kriteria Ketuntasan | Aspek |
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya | Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**) | · Melempar bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% | Kemampuan gerak dasar |
· Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Memukul bola dengan tongkat | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Memintas dan menangkap bola dengan konsisten | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul | 80% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team | 75% | Kemampuan gerak dasar | ||
· Menerapkan peraturan permainan | 75% | Sikap | ||
· Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh | 75% | Kebugaran dan kesehatan |
2. Mata pelajaran : IPS
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* | Kriteria Ketuntasan | Aspek |
Memahami identi- tas diri dan kelu- arga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga . | Mengidentifi kasi identi-tas diri , keluarga , dan kerabat. | · Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya. · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga . | 90% 90 % 90 % 85 % | Penguasaan konsep Penguasaan Konsep Penguasaan konsep Penguasaan Konsep |
3. Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III / 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator* | Kriteria Ketuntasaan | Aspek |
Menulis Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. | Menulis puisi ber- dasarkan gambar dengan ilihan kata yang menarik | · Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi. · Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi. · Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar. · Peserta didik dapat membacakan puisi dengan. · Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar | 80 % 75 % 70 % 80 % 70 % | Berbicara Berbicara Menulis Bebicara Mendengarkan |
D. Langkah keempat: pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Kriteria Ketuntasan, Aspek penilaian dan Teknik Penilaian
Contoh: pemetaan Standara Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Kriteria Ketuntasa, Aspek, dan Teknik Penilaian pada beberapa mata pelajaran.
1. Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : IV/1.
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | KK | Aspek | Teknik Penilaian | ||||
Tes | Unjuk kerja | Produk | Sikap | Portofolio | |||||
Memprak-tikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkan-dung didalam-nya ![]() | Memprak-tikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifi-kasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran*) | · Melempar bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | v |
· Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat. | 85% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | v | ||
· Memukul bola dengan tongkat | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | v | ||
· Memintas dan menangkap bola dengan konsisten | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | v | ||
· Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | - | ||
· Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | - | ||
· Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | - | ||
· Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul | 80% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | - | - | ||
· Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team | 75% | Kemampuan gerak dasar | - | v | - | v | - | ||
· Menerapkan peraturan permainan | 75% | Sikap | - | v | - | v | - | ||
· Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh | 75% | Kebugaran dan kesehatan | v | - | - | - | - |
KK = Kriteria Ketuntasan
2. Mata Pelajaran : I P S
Kelas / Semester : I/1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | KK | Aspek | Teknik Penilaian | ||||
Tertulis | Unjuk kerja | Produk | Sikap | Portofolio | |||||
Memahami identitas diri dan keluarga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga . | Mengidentifikasi identitas diri , keluarga , dan kerabat | · Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya. · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti . · Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga . | 90% 90% 90% 85% | Penguasaan konsep Penguasaan Konsep Penguasaan konsep Penguasaan Konsep | V V V v |
KK = Kriteria Ketuntasan
3. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : III/2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | KK | Aspek | Teknik Penilaian | ||||
Tertulis | Unjuk kerja | Produk | Sikap | Portofolio | |||||
Menulis Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. | Menulis puisi ber- dasarkan gambar dengan ilihan kata yang menarik | · Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi. · Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi. · Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar. · Peserta didik dapat membacakan puisi dengan. · Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar | 80 % 75 % 70 % 80 % 70 % | Berbicara Berbicara Menulis Bebicara Mendengarkan | v v | V V V | V V V | v |
KK = Kriteria Ketuntasan
4. Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : II / 1
No | S K | K D | Indikator | KK | Aspek | Tehnik Penilaian |
1 | Menggunakan pengukuran waktu,panjang,dan berat dalam pemecahan masalah . | Menggunakan alat ukur tidak baku dan baku (cm,m) yang sering digunakan . | · Peserta didik menyebutkan macam – macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari-hari (jengkal,depa,langkah,kaki dll) · Peserta didik dapat menggunakan alat ukur tidak baku (jengkal,depa,pecak (panjang telapak kaki) langkah kaki dll) · Peserta didik menyebutkan alat ukur baku cm , m yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari . · Peserta didik dapat menggunakan alat ukur baku untuk mengukur panjang suatu benda. · Peserta didik dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tidak baku hasilnya berbeda. | 65% 65% 65% 60% 60% | Pemahaman Konsep Penalaran dan Komunikasi Pemahaman Konsep Pemecahan masalah Pemecahan masalah | Tetulis Unjuk Kerja Tertulis Unjuk Kerja Tertulis |
KK = Kriteria Ketuntasan
5. Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas / Semester : IV / 1
No | S K | K D | Indikator | KK | Aspek | Tehnik Penilaian |
1 | Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. | Menyiapkan permainan alat musik ritmis. | · Mendemostrasikan permainan alat musik ritmis. · Mendemonstrasikan bermain alat musik ritmis campuran. · Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik ritmis. · Memberikan penilaian terhadap penampilan bernyanyi dan bermain musik temannya. | 70 % 70 % 65 % 70 % | Kreasi Kreasi Kreasi Apresiasi | Unjuk Kerja Unjuk Kerja Unjuk Kerja Tertulis |
KK = Kriteria Ketuntasan
6. Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV / 2
No | S K | K D | Indikator | KK | Aspek | Tehnik Penilaian |
1 | Menunjukkan sikap terhadap globalisasi yang terjadi di lingkungannya . | Menentukan sikap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. | · Menjelaskan pengertian globalisasi . · Memberikan contoh pengaruh positif dari globalisasi bidang komunikasi . · Memberikan contoh pengaruh positif dari globalisasi bidang komunikasi . | 65% 70% 65% | Penguasaan Konsep Penerapan Penerapan | Tertulis Tertulis atau sikap Tertulis atau sikap |
7. Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / 1
No | S K | K D | Indikator | KK | Aspek | Tehnik Penilaian |
1 | Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup . | Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar , misalnya kecoa , kupu-kupu dan kucing. | · Mengadakan pengamatan tahapan kehidupan kupu-kpup. Kecoa dan nyamuk. · Menyebutkan urutan daur hidup hewan. Misalnya : kupu-kupu , nyamuk dan kecoa secara lengkap dan jelas. · Mendeskripsikan metamorfisis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. · Melaporkan hasil pengamatan terhadap daur hidup pada kambing dan kucing. · Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan mengalami perubahan dalam hidupnya (metamorfosis) berdasarkan pengamatan. | 65% 70% 65% 60% 65% | Kinerja Ilmiah Penguasaan Konsep Penguasaan Konsep Kinerja Ilmiah Penguasan KOnsep | Unjuk Kerja Tertulis Tertulis Unjuk Kerja Tertulis |
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / 1
No | S K | K D | Indikator | KK | Aspek | Tehnik Penilaian |
1 | Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup . | Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar , misalnya kecoa , kupu-kupu dan kucing. | · Mengadakan pengamatan tahapan kehidupan kupu-kupu. Kecoa dan nyamuk. · Menyebutkan urutan daur hidup hewan. Misalnya : kupu-kupu , nyamuk dan kecoa secara lengkap dan jelas. · Mendeskripsikan metamorfisis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. · Melaporkan hasil pengamatan terhadap daur hidup pada kambing dan kucing. · Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan mengalami perubahan dalam hidupnya (metamorfosis) berdasarkan pengamatan. | 65% 70% 65% 60% 65% | Kinerja Ilmiah Penguasaan Konsep Penguasaan Konsep Kinerja Ilmiah Penguasan KOnsep | Unjuk Kerja Tertulis Tertulis Unjuk Kerja Tertulis |
Catatan: untuk memudahkan pekerjaan pendidik (guru), maka langkah perencanaan penilaian ini disatukan dengan silabus, yakni dengan menambahkan satu kolom setelah indikator, untuk kolom kriteria ketuntasan.
E. Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan ciri indikator, contoh:
· Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
· Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar