Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 18 Januari 2012

LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN


                          LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PENILAIAN


Untuk melaksanakan penilaian kelas terdapat beberapa urutan kerja yang harus dilakukan  yaitu:

A. Langkah Pertama: menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi/menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.

Indikator pencapaian hasil belajar dikembangkan oleh pendidik dengan memperhatikan perkembangan dan kemampuan setiap peserta didik, keluasan dan kedalaman kompetensi dasar, dan daya dukung sekolah, misalnya kemampuan guru dan sarana atau perasarana penunjang. Setiap kompetensi dasar dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator pencapaian hasil belajar. Indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.

Contoh:   Penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  menjadi Indikator.

1.  Mata pelajaran      : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester      : IV/1.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)

·         Melempar bola ke berbagai arah
·         Melempar bola ke sararan  
·         Menangkap bola dengan dua tangan dari berbagai arah.
·         Memukul bola dengan tongkat pemukul
·         Menerapkan kerjasama team dalam permainan kasti.
·         Menyebutkan manfaat permainan kasti terahadap kesehatan tubuh.

Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .

2. Mata pelajaran       : IPS
    Kelas / Semester     : I / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Memahami identi-
Tas diri dan kelu-
Arga , serta sikap
Saling menghormati dalam
Kemajemukan keluarga .

Mengidentifi -
kasi identitas diri, keluarga, dan
kerabat.

·    Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan  anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga.

Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .

3. Mata pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    : III / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Menulis puisi ber-
dasarkan gambar dengan ilihan kata
yang menarik
·         Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi.
·         Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar .

Indikator* : dikembangkan oleh pendidik satuan pendidikan sesuai dengan kondisi daerah dan satuan pendidikan masing-masing .Satu KD dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator .


B.  Langkah kedua: menetapkan Kriteria Ketuntasan setiap indikator

Setelah menjabarkan kompetensi dasar menjadi beberapa indikator, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan kriteria ketuntasan setiap indikator, rentang persentase kriteria ketuntasan setiap indikator adalah antara 0% – 100%. Kriteria ketuntasan ideal untuk masing-masing indikator adalah 75%. Namun satuan pendidikan dapat menetapkan kriteria atau tingkat pencapaian indikator, apakah 50%, 60% atau 70%. Sudut pandang yang diguanakn dalam penetapan adalah tingkat kemampuan akademis peserta didik, kompleksitas indikator dan daya dukung pendidik serta ketersediaan sarana dan prasarana.

Pada tahap awal penetapan kriteria ketuntasan indikator boleh-boleh saja agak rendah, namun diharapkan semaikin lama semakin meningkat, hal ini karena kualitas satuan pendidikan akan dinilai oleh pihak luar secara berkala, misalnya melalui ujian nasional. Hasil penilaian ini akan menunjukkan peringkat suatu satuan pendidikan dibandingkan dengan satuan pendidikan lain (benchmarking). Melalui pemeringkatan ini diharapkan satuan pendidikan terpacu untuk meningkatkan kualitasnya, dalam hal ini meningkatkan kriteria ketuntasan pencapaian indikator semakin mendekati 100%.



Contoh: penetapan kriteria ketuntasan indikator pada beberapa mata pelajaran:

1.  Mata pelajaran      : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester      : IV/1.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria
Ketuntasan
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
·   Melempar bola dengan kontrol yang meningkat.

85%
·   Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat.
85%
·   Memukul bola dengan tongkat
80%
·   Memintas dan menangkap bola dengan konsisten
80%
·   Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat
80%
·   Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan
80%
·   Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
80%
·   Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul
80%
·   Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team
75%
·   Menerapkan peraturan permainan
75%
·   Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh
75%

 2. Mata pelajaran      : IPS
    Kelas / Semester     : I / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Kriteria
Ketuntasan
Memahami identi-
tas diri dan kelu-
arga , serta sikap
saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga .
Mengidentifi -
kasi identitas diri , keluarga , dan
kerabat.

·    Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan  anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga .

90%



90 %


90 %


85 %



3. Mata pelajaran      : Bahasa Indonesia
    Kelas / Semester    : III / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Kriteria
Ketuntasan
Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Menulis puisi ber-
dasarkan gambar dengan ilihan kata
yang menarik
·         Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi.
·         Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi.
·         Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar .
·         Peserta didik dapat membacakan puisi dengan .
·         Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar
80 %


75 %


70 %

80 %


70 %

Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas / Semester    : II / 1
S K
K D
Indikator
KK
Menggunakan pengukuran waktu,panjang,dan berat dalam pemecahan masalah .
Menggunakan alat ukur tidak baku dan baku (cm,m) yang sering digunakan .
·      Peserta didik menyebutkan macam – macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari-hari (jengkal,depa,langkah,kaki dll)
·      Peserta didik dapat menggunakan alat ukur tidak baku (jengkal,depa,pecak (panjang telapak kaki) langkah kaki dll)
·      Peserta didik menyebutkan alat ukur baku cm , m yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari .
·      Peserta didik dapat menggunakan alat ukur baku untuk mengukur panjang suatu benda.
·      Peserta didik dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tidak baku hasilnya berbeda.
65%





65%



65%



60%



60%

C.  Langkah ketiga: pemetaan Stanar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator,  kriteria ketuntasan dan Aspek yang terdapat pada raport

Contoh:   pemetaan Stanar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator,  kriteria ketuntasan dan Aspek yang terdapat pada raport  pada beberapa mata pelajaran (pada raport)



1.  Mata pelajaran      : Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
Kelas/Semester      : IV/1.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria
Ketuntasan
Aspek
Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
·   Melempar bola dengan kontrol yang meningkat.

85%
Kemampuan gerak dasar
·   Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat.
85%
Kemampuan gerak dasar
·   Memukul bola dengan tongkat
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Memintas dan menangkap bola dengan konsisten
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul
80%
Kemampuan gerak dasar
·   Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team
75%
Kemampuan gerak dasar
·   Menerapkan peraturan permainan
75%
Sikap
·   Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh
75%
Kebugaran dan kesehatan

 2. Mata pelajaran      : IPS
    Kelas / Semester     : I / 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Kriteria
Ketuntasan
Aspek
Memahami identi-
tas diri dan kelu-
arga , serta sikap
saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga .
Mengidentifi
kasi identi-tas diri , keluarga , dan
kerabat.

·    Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan  anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga .
90%



90 %


90 %


85 %
Penguasaan konsep


Penguasaan Konsep

Penguasaan konsep

Penguasaan Konsep


3. Mata pelajaran      : Bahasa Indonesia
    Kelas / Semester    : III / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator*
Kriteria
Ketuntasaan
Aspek
Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Menulis puisi ber-
dasarkan gambar dengan ilihan kata
yang menarik
·   Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi.
·   Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi.
·   Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar.
·   Peserta didik dapat membacakan puisi dengan.
·   Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar
80 %



75 %



70 %



80 %

70 %
Berbicara



Berbicara



Menulis



Bebicara

Mendengarkan


D.  Langkah keempat: pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Kriteria Ketuntasan, Aspek penilaian dan Teknik Penilaian

Contoh:   pemetaan Standara Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Kriteria Ketuntasa, Aspek, dan Teknik Penilaian pada beberapa mata pelajaran.

1.  Mata Pelajaran      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
     Kelas / Semester    : IV/1.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



KK
Aspek
Teknik Penilaian
Tes
Unjuk kerja
Produk
Sikap
Portofolio
            Memprak-tikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang terkan-dung didalam-nya
Memprak-tikkan gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifi-kasi, serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran*)
·   Melempar bola dengan kontrol yang meningkat.

85%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
v
·   Menangkap bola dengan kontrol yang meningkat.
85%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
v
·   Memukul bola dengan tongkat
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
v
·   Memintas dan menangkap bola dengan konsisten
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
v
·   Mengembalikan bola dengan cepat dan akurat
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
-
·   Memilih jenis lemparan dan pukulan untuk menyulitkan lawan
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
-
·   Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
-
·   Memilih tempat berdiri saat menjadi regu penjaga untuk menyulitkan regu pemukul
80%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
-
-
·   Bermain kasti dengan menerapkan kerjasama team
75%
Kemampuan gerak dasar
-
v
-
v
-
·   Menerapkan peraturan permainan
75%
Sikap
-
v
-
v
-
·   Mengetahui manfaat setiap aktivitas terhadap tubuh


75%
Kebugaran dan kesehatan
v
-
-
-
-
KK = Kriteria Ketuntasan

2.  Mata Pelajaran      : I P S
     Kelas / Semester    : I/1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



KK
Aspek
Teknik Penilaian
Tertulis
Unjuk kerja
Produk
Sikap
Portofolio
Memahami identitas diri dan keluarga , serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga .
Mengidentifikasi identitas diri , keluarga , dan kerabat






·    Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri secara lisan di depan teman-temannya.
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan  anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga inti .
·    Peserta didik dapat menyebutkan sebutan kerabat dalam keluarga .

90%







90%





90%






85%
Penguasaan konsep






Penguasaan Konsep




Penguasaan konsep





Penguasaan Konsep

V








V






V






v




KK = Kriteria Ketuntasan

3.  Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
     Kelas / Semester    : III/2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator

KK
Aspek
Teknik Penilaian
Tertulis
Unjuk kerja
Produk
Sikap
Portofolio
Menulis
Mengungkapkan pikiran,perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Menulis puisi ber-
dasarkan gambar dengan ilihan kata
yang menarik
·   Peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri kalimat dalam puisi.
·   Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan menulis puisi.
·   Peserta didik dapat menulis puisi dengan benar.
·   Peserta didik dapat membacakan puisi dengan.
·   Peserta didik dapat menangkap isi puisi yang didengar
80 %




75 %




70 %



80 %



70 %
Berbicara




Berbicara




Menulis



Bebicara



Mendengarkan











v








v
V





V









V





V





V









V













v
KK = Kriteria Ketuntasan

4.  Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas / Semester    : II / 1
No
S K
K D
Indikator
KK
Aspek
Tehnik
Penilaian
1
Menggunakan pengukuran waktu,panjang,dan berat dalam pemecahan masalah .
Menggunakan alat ukur tidak baku dan baku (cm,m) yang sering digunakan .
·      Peserta didik menyebutkan macam – macam alat ukur panjang tidak baku dalam kehidupan sehari-hari (jengkal,depa,langkah,kaki dll)
·      Peserta didik dapat menggunakan alat ukur tidak baku (jengkal,depa,pecak (panjang telapak kaki) langkah kaki dll)
·      Peserta didik menyebutkan alat ukur baku cm , m yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari – hari .
·      Peserta didik dapat menggunakan alat ukur baku untuk mengukur panjang suatu benda.
·      Peserta didik dapat menarik kesimpulan bahwa pengukuran dengan alat ukur tidak baku hasilnya berbeda.
65%






65%





65%




60%




60%
Pemahaman Konsep





Penalaran dan Komunikasi



Pemahaman Konsep



Pemecahan masalah



Pemecahan masalah
Tetulis






Unjuk Kerja




Tertulis




Unjuk Kerja



Tertulis
KK = Kriteria Ketuntasan


5.       Mata Pelajaran      : Seni  Budaya dan Keterampilan
Kelas / Semester    : IV / 1
No
S K
K D
Indikator
KK
Aspek
Tehnik
Penilaian
1
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Menyiapkan permainan alat musik ritmis.
·   Mendemostrasikan permainan alat musik ritmis.
·   Mendemonstrasikan bermain alat musik ritmis campuran.
·   Mendemonstrasikan bernyanyi  dan bermain alat musik ritmis.
·   Memberikan penilaian terhadap penampilan bernyanyi dan bermain musik temannya.

70 %


70 %


65 %


70 %
Kreasi


Kreasi


Kreasi


Apresiasi
Unjuk Kerja

Unjuk Kerja

Unjuk Kerja

Tertulis
KK = Kriteria Ketuntasan

6.  Mata Pelajaran      : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester    : IV / 2
No
S K
K D
Indikator
KK
Aspek
Tehnik
Penilaian
1
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi yang terjadi di lingkungannya .
Menentukan sikap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
·  Menjelaskan pengertian globalisasi .
·  Memberikan contoh pengaruh positif dari globalisasi bidang komunikasi .
·  Memberikan contoh pengaruh positif dari globalisasi bidang komunikasi .
65%



70%




65%



Penguasaan Konsep


Penerapan




Penerapan
Tertulis



Tertulis atau sikap



Tertulis atau sikap



7.  Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester    : IV / 1
No
S K
K D
Indikator
KK
Aspek
Tehnik
Penilaian
1
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup .
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar , misalnya kecoa , kupu-kupu dan kucing.
·         Mengadakan pengamatan tahapan kehidupan kupu-kpup. Kecoa dan nyamuk.
·         Menyebutkan urutan daur hidup hewan. Misalnya : kupu-kupu , nyamuk dan kecoa secara lengkap dan jelas.
·         Mendeskripsikan metamorfisis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
·         Melaporkan hasil pengamatan terhadap daur hidup pada kambing dan kucing.
·         Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan mengalami perubahan dalam hidupnya (metamorfosis) berdasarkan pengamatan.
65%




70%





65%




60%



65%


Kinerja Ilmiah



Penguasaan Konsep




Penguasaan Konsep



Kinerja Ilmiah


Penguasan KOnsep

Unjuk Kerja



Tertulis





Tertulis




Unjuk Kerja


Tertulis

Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester    : IV / 1
No
S K
K D
Indikator
KK
Aspek
Tehnik
Penilaian
1
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup .
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar , misalnya kecoa , kupu-kupu dan kucing.
· Mengadakan pengamatan tahapan kehidupan kupu-kupu. Kecoa dan nyamuk.
· Menyebutkan urutan daur hidup hewan. Misalnya : kupu-kupu , nyamuk dan kecoa secara lengkap dan jelas.
· Mendeskripsikan metamorfisis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
· Melaporkan hasil pengamatan terhadap daur hidup pada kambing dan kucing.
· Menyimpulkan bahwa tidak semua hewan mengalami perubahan dalam hidupnya (metamorfosis) berdasarkan pengamatan.

65%



70%





65%




60%



65%


Kinerja Ilmiah


Penguasaan Konsep




Penguasaan Konsep



Kinerja Ilmiah


Penguasan KOnsep

Unjuk Kerja


Tertulis





Tertulis




Unjuk Kerja


Tertulis


Catatan: untuk memudahkan pekerjaan pendidik (guru), maka langkah perencanaan penilaian ini disatukan dengan silabus, yakni dengan menambahkan satu kolom setelah indikator, untuk kolom kriteria ketuntasan.

E.  Penetapan Teknik Penilaian
Dalam memilih teknik penilaian mempertimbangkan ciri indikator, contoh:
·         Apabila tuntutan indikator melakukan sesuatu, maka teknik penilaiannya adalah unjuk kerja (performance).
·         Apabila tuntutan indikator berkaitan dengan pemahaman konsep, maka teknik penilaiannya adalah tertulis.





Tidak ada komentar :