SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SD 1 ARGAMAKMUR |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : VI / 2 |
Standar Kompetensi : 2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR/ ALAT | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga | § Gejala (Peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga | § Membandingkan gejala alam negara Indonesia dan Negara-negara tetangga | § Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia § Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain | Tertulis | jawab singkat | Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga | 12 x 35 menit pert 1-4 (4 minggu) | Gambar Peta Indonesia, Gambar peta ASEAN |
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam | § Cara-cara menghadapi bencana alam | § Mendiskusikan cara-cara menghadapi bencna alam § Tanya jawan jenis-jenis bencana alam | § Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam § Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam | Tertulis | jawab singkat | Jelaskan carca-cara menghadapi bencana alam | 12 x 35 menit pert 1-4 (4 minggu) | Gambar bencana alam yang disebabkan oleh banjir, gempa bumi, tsunami, Kekeringan |
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness) |
Standar Kompetensi : Memahami peranan bangsa Indonesia di era global |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR/ ALAT | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.3 Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia | § Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatif nya terhadap kehidupan bagsa Indonesia | § Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi § Mendiskusikan contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi | § Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi § Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | Tertulis:, | Jawab, singkat | Jelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi) | 12 x 35 menit pert 9-12 (4 minggu) | Gambar pabrik tekstil, gambar kilang minyak |
2.4 Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa | § Manfaat ekspor dan impor | § Menjelaskan jenis barang yang diekpor dan disipan § Mendiskusikan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang antara Indonesia dan luar negeri § Mendiskusikan manfaat adanya pertukaran | § Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia § Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri § Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri | Tertulis:, | Jawab, singkat | Jelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri | 12 x 35 menit pert 13-16 (4 minggu) | Gambar kapal yang sedang bongkar muat barang di pelabuhan |
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness) |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar