SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: LINGKUNGAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
B. Indonesia : Berbicara : · Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita. Menulis : · Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak. | B. Indonesia · Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain. · Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri · Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis. · Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi | · Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan. · Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar. · Mendeklamasikan puisi | · Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang. · Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman. · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita. · Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru. · Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga. · Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat. · Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia | · Menirukan gerak dan suara binatang tertentu. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. · Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya. · Menjawab pertanyaan tentang isi cerita. · Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang. · Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat. · Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca. · Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. · Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan. · Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu. | Tertulis Perbuatan Lesan | 4 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Matematika· Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. · Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana | Matematika· Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. · Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka. · Melakukan operasi bilangan campuran. · Mengelompokkan bangun datar. · Mengenal sudut bangun datar | · Perkalian dan pembagian. · Bangun datar dan unsure bangun datar | · Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang. · Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara. · Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian · Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya. · Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi | · Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara. · Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara. · Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya. · Menggunakan bangun datar menurut ukurannya. · Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi. · Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut. · Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPA· Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya. · Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | IPA· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya. · Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Sumber panas dan energi serta kegunaannya | · Siswa dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya. · Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi · Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang | · Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. · Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi. · Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik. · Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari. · Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPS· Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | IPS · Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga. · Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | · Menceritakan pengalaman | · Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga. · Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. · Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah. | · Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Memperagakan peran tentang diri sendiri. · Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. · Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita. · Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
SBK · Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa. · Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik. · Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung | SBK· Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa. · Mengekpresikan diri dengan penampilan musik. · Berkreasi dengan cat warna | · Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan. | · Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi. · Siswa dapat memainkan alat musik ritmis. · Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya. | · Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif. · Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam. · Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar. · Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam. · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP/NIK : ………………… | | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas II ( …………………...……… ) NIP/NIK : ………………… |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar