RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5. Mendengarkan
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
Waktu : 2 X 35 menit
Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
A. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§ Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§ Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
B. Materi Pokok
§ Berita
C. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang berita dan drama pendek
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
F Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
D. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
E. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio · Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio! · Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 5. Mendengarkan
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
§ Siswa dapat Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
§ Siswa dapat Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Drama pendek
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang berita dan drama pendek
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
F Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
F Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan. · Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan · Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Jawablah pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan! · Tentukan-lah Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
§ Siswa dapat Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
§ Siswa dapat Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Pidato atau presentasi
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
F Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi · Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan · Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Sampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan! · Carilah pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
6.2 Melapor-kan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
§ Siswa dapat Menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
§ Siswa dapat Mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Buku
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
F Menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami berbagai isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Sampai-kanlah isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
6.3. Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami puisi dengan kalimat yang runtut
§ Siswa dapat Menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
§ Siswa dapat Mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Buku
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami puisi dengan kalimat yang runtut
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
F Mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat memahami puisi dengan kalimat yang runtut · Siswa dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan · Siswa dapat mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Sampai-kanlah puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 7. Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
7.1 Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang Teks bacaan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca intensif teks bacaan
F Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
F Menanggapi isi bacaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa membaca intensif teks bacaan · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari bacaan · Siswa menanggapi isi bacaan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan! · Susunlah informasi-informasi penting dari bacaan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7 | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :SD 1 ARAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 7. Membaca
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
7.2 Mengiden-tifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
§ Siswa dapat menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
§ Siswa dapat mencatat informasi-informasi penting dari drama
§ Siswa dapat menanggapi isi drama
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Drama
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks drama
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
F Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama
F Siswa menanggapi isi drama
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan tifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak · Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama · Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama · Siswa menanggapi isi drama | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Identifikasi-kanlah berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 8. Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
F Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Buatlah catatan mengenai informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD 1 ARGAMAKUR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Kedua
Standar Kompetansi : 8. Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
Waktu : 2 X 35 menit
A. Kompetensi Dasar
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat Menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Ssurat Resmi
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang surat resmi
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
F Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Siswa diberi tugas untuk Menulis surat resmi
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa memahami surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan · Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan | · Lisan · Tertulis · Penugasan | Lembar penilaian | · Tuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
EDY SUSILO,S.Pd. HARIYANI,S.Pd.SD
NIP : NIP :
Tidak ada komentar :
Posting Komentar