Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 14 Januari 2012

RPP BI VI-2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 5.  Mendengarkan
                                              Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                           :  2 X 35 menit

 Kompetensi Dasar
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio           

A.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
§  Siswa dapat Menceritakan kembali judul yang didengar
         
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                       
B.     Materi Pokok
§  Berita

C.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
F  Menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
F  Menceritakan kembali judul yang didengar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio

D.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

E.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
·  Siswa dapat menceritakan kembali judul yang didengar
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio!
·  Tentukan-lah Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                                
        Kepala Sekolah                                                       Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                              HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 5.  Mendengarkan
                                              Memahami wacana lisan tentang berita  dan drama pendek
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
5.2 Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan         

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
§  Siswa dapat Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
          
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                      
C.     Materi Pokok
§  Drama pendek

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berita  dan drama pendek
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
F  Menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
F  Menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
·  Siswa dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Siswa dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan!
·  Tentukan-lah Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan



Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1




















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
           
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 6.       Berbicara
                                              Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
§  Siswa dapat Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
§  Siswa dapat Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
        
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                        
C.     Materi Pokok
§  Pidato atau presentasi

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
F  Mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai jenis pidato atau presentasi
·  Siswa dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
·  Siswa dapat mencari pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Sampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan!
·  Carilah pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif



* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

           
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 6.       Berbicara
                                              Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
6.2  Melapor-kan isi  buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami berbagai isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
§  Siswa dapat Menyampaikan isi isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
§  Siswa dapat Mencari isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
             
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                  
C.     Materi Pokok
§  Buku

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami berbagai isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
F  Menyampaikan isi isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencari isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami berbagai isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
·  Siswa dapat menyampaikan isi isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
·  Siswa dapat mencari isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Sampai-kanlah isi  buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan!
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
           
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 6.       Berbicara
                                              Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi  dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
6.3. Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami puisi dengan kalimat yang runtut
§  Siswa dapat Menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
§  Siswa dapat Mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
                 
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
              
C.     Materi Pokok
§  Buku

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami puisi dengan kalimat yang runtut
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
F  Mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan isi puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat memahami puisi dengan kalimat yang runtut
·  Siswa dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
·  Siswa dapat mencari puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
·  Sampai-kanlah  puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1






















&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                       
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 7.  Membaca
                                              Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
7.1 Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§  Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§  Siswa dapat Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
§  Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
              
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                 
C.     Materi Pokok
§  Teks bacaan

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang Teks bacaan
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca intensif teks bacaan
F  Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
F  Menanggapi isi bacaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif 

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa membaca intensif teks bacaan
·  Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
·  Siswa mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
·  Siswa menanggapi isi bacaan
·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
·  Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan!
·  Susunlah informasi-informasi penting dari bacaan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1





















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                       
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :SD 1 ARAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 7.  Membaca
                                              Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
7.2   Mengiden-tifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak 

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak
§  Siswa dapat menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
§  Siswa dapat mencatat informasi-informasi penting dari drama
§  Siswa dapat menanggapi isi drama
                         
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
      
C.     Materi Pokok
§  Drama

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang teks drama
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak
F  Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama
F  Siswa menanggapi isi drama
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyimpulkan tifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak 

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak
·  Siswa menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
·  Siswa mencatat informasi-informasi penting dari drama
·  Siswa menanggapi isi drama

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
·  Identifikasi-kanlah berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


















&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
           
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 8. Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
8.1   Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
§  Siswa dapat memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
§  Siswa dapat mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
          
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                     
C.     Materi Pokok
§  Naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
F  Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan,  ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
·  Siswa memperagakan teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
·  Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
·  Buatlah catatan mengenai  informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1











&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                       
                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD 1 ARGAMAKUR
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Smester               :   6/ Kedua
Standar Kompetansi   : 8. Menulis
Mengungkapkan pikiran dan informasi  secara tertulis dalam bentuk  naskah pidato dan surat resmi
Waktu                           :  2 X 35 menit

A.      Kompetensi Dasar
8.2   Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju 

B.     Tujuan Pembelajaran**
§  Siswa dapat Memahami surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
§  Siswa dapat Menuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
§  Siswa dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
            
v Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
                   
C.     Materi Pokok
§  Ssurat Resmi

D.     Pengalaman Belajar
§  Kegiatan Awal         :
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-       Mengajukan pertanyaan tentang surat resmi
§  Kegiatan Inti            :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memahami surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
F  Mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Tanya jawab,diskusi,penugasan
F  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F  Siswa diberi tugas untuk Menulis surat resmi

E.     Metode/Sumber Belajar:
§  Metode                    : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§  Sumber Belajar        :   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 B Kurikulum 2006 KTSP

F.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa memahami surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan
·  Siswa menuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan 
·  Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan

·  Lisan
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
·  Tuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan!


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1











&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                                                                                        ARGAMAKMUR, JANUARI 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          EDY SUSILO,S.Pd.                                            HARIYANI,S.Pd.SD
NIP :                                                                     NIP :


Tidak ada komentar :