SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SD 1 ARGAMAKMUR |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : V / 2 |
Standar Kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR/ ALAT | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang | § Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia § Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | § Melakukan diskusi mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa § Bermain peran mengenai salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh daerah § Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia § Membuat rangkuman atau cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang § Membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker § Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara § Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan Konggres Pemuda II § Membuat catatan mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 § Menjawab pertanyaan tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | § Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda § Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat § Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda § Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia § Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia § Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional § Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya § Menceritakan peristiwa sumpah pemuda § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | Tertulis | Uraian | Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda | 12 x 35 menit pert 1 - 4 (4 minggu) | IPS Asy’ari Erlangga Kelas V Gambar Para pejuang dan tokoh lain |
2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia | § Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara | § Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan § Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara § Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan § Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi | § Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan § Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan § Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan | Tertulis | Uraian | Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 5 - 8 (4minggu) | Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda. |
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia | § Proklamasi kemerdekan Indonesia | § Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan § Mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | § Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan § Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan kemerdekaan | Tertulis | Jawab Singkat | Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 9 - 12 (4minggu) | Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda. |
2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an | § Perjuangan para tokoh dalam mempertahan-kan kemerdekaan | § Mencari contoh cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan § Membuat laporan secara kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari | § Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | Tertulis | Jawab Singkat | Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | 12 x 35 menit pert 13 - 16 (4 minggu) | Buku IPS Asy’ari kelas V Erlangga Buku yang relevan Gambar |
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness) |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar