Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 19 Januari 2012

KISI-KISI


SPESIFIKASI SOAL


Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Bahan Kelas
:   Sekolah Dasar
:   Ilmu Pengetahuan Alam
:   120 menit
:   40 butir
:   Pilihan Ganda
:   4, 5, dan 6

SKL
Materi
Indikator
No
Soal
1. Mendeskripsikan ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan manfaat, tumbuhan dan hewan  bagi manusia, upaya pelestariannya
Ciri-ciri makhluk hidup


Disajikan sebuah gambar hewan/tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri-ciri khususnya
1
Penggolongan makhluk hidup
            Disajikan ciri-ciri beberapa hewan atau  nama beberapa hewan, peserta didik dapat menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya
2
Cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan
            Peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan melalui beberapa sajian gambar/ciri-cirinya
3
            Disajikan sebuah gambar proses perkembangbiakan tumbuhan tertentu peserta didik dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut
4
Manfaat hewan dan tumbuhan
            Peserta didik dapat menjelaskan akibat adanya pemanfaatan hewan tertentu secara berlebihan
5
            Peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu (melalui penyajian kasus)
6
Upaya pelestarian hewan dan tumbuhan langka
            Peserta didik dapat menentukan salah satu upaya pelestarian hewan atau tumbuhan (penyajian kasus)

7
2. Mendeskripsikan saling ketergantungan antar makhluk hidup serta cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya (rantai makanan, komunitas, simbiosis, dan ekosistem)
            Peserta didik dapat menjelaskan keadaan populasi hewan dalam sebuah komunitas karena adanya gangguan terhadap komunitas tersebut

8
            Disajikan sebuah ilustrasi tentang ketergantungan 2 makhluk hidup yang berbeda, peserta didik dapat menentukan jenis simbiosisnya (mutualisme, parasitisme, komensalisme)
9
            Peserta didik dapat menentukan kedudukan makhluk hidup dalam suatu rantai makanan/komunitas (produsen, konsumenI, II, III)
10
Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya
            Peserta didik dapat menentukan bentuk paruh unggas tertentu, sesuai dengan jenis makanannya melalui sajian beberapa gambar paruh
11
            Disajikan gambar tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadap lingkungan
12
3. Mengidentifikasi bagian tubuh manusia hewan dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuhan sehat
Rangka manusia, fungsi dan pemeliharaannya
            Disajikan gambar bagian rangka atau persendian pada manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi rangka atau persendian sendi tersebut
13
Alat indera manusia, fungsi dan pemeliharaannya
            Disajikan gambar salah satu alat indera manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian alat indera yang ditunjukkan dengan tanda tertentu
14
Alat pernapasan manusia dan hewan
            Peserta didik dapat menentukan jenis hewan yang memiliki alat pernafasan tertetu melalui sajian beberapa gambar
15
Alat percernaan makanan pada manusia
            Disajikan gambar saluran pencernaan manusia, peserta didik dapat menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada organ tertentu
16
Alat peredaran darah pada manusia
            Peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu jenis sel darah
17
Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
            Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi bagian tumbuhan (daun, batang, akar dan buah)
18
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat
            Peserta didik dapat menjelaskan peran zat gizi yang terkandung dalam makanan

19
Penyakit dan pencegahannya
            Peserta didik dapat menyebutkan upaya pencegahan penyakit tertentu
20
4. Memahami perubahan wujud benda dan kegunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
Perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim) dan contohnya
            Disajikan ilustrasi perubahan wujud benda tertentu, peserta didik dapat menyebutkan jenis perubahan tersebut (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
21
Manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
            Peserta didik dapat menunjukkan contoh manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
22
Pengaruh suhu terhadap benda (pemuaian, penyusutan) contoh dan manfaatnya
            Disajikan contoh fenomena, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap suatu proses kegiatan
23
5. Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya
Berbagai macam bentuk dan sumber energi
            Disajikan gambar alat tertentu/pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan pada suatu kegiatan
24
Cara penghematan energi
            Peserta didik dapat menjelaskan contoh cara menghemat energi tertentu (misalnya listrik, bahan bakar)
25
Perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
            Disajikan gambar sebuah alat/pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tersebut
26
Energi alternatif
            Peserta didik dapat menyebutkan contoh energi alternatif
27
Macam-macam gaya, pengaruh dan manfaatnya
            Disajikan gambar kegiatan tertentu, peserta didik dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut
28
Macam-macam pesawat sederhana, contoh dan manfaatnya
            Disajikan gambar kegiatan yang berhubungan dengan alat pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil
29
            Disajikan gambar/fenomena, peserta didik dapat mengidentifikasi pesawat sederhana yang tepat digunakan sesuai gambar/fenomena
30
Sifat-sifat cahaya
            Disajikan gambar percobaan peristiwa yang berkaitan dengan sifat-sifat cahaya, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa tersebut
31
            Peserta didik dapat menentukan pemantulan cahaya (sifat bayangan) melalui cermin tertentu (datar, cekung, cembung)
32
6  Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, kegunaannya, dampaknya bagi kehidupan dan gejala
Jenis-jenis sumber daya alam
            Disajikan tabel beberapa sumber daya alam, peserta didik dapat mengelompokkan sesuai jenisnya (dapat diperbaharui, tidak dapat diperbaharui)
33
Manfaat sumber daya alam
            Peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan sumber daya alam
34
Pelestarian sumber daya alam
            Peserta didik dapat menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam
35
Gejala alam dan dampaknya bagi kehidupan
            Peserta didik dapat menjelaskan dampak gejala alam bagi kehidupan
36
7. Memahami sistem tata surya
Sistem tata surya
            Disajikan gambar tata surya/ciri planet, peserta didik dapat menentukan nama planet tersebut
37
Gerakan bumi dan bulan (rotasi dan revolusi)
            Peserta didik dapat menyebutkan akibat dari rotasi/revolusi bumi
38
Gerhana matahari dan bulan
            Disajikan gambar peristiwa gerhana (bulan/matahari), peserta didik dapat menyebutkan jenis gerhana
39
Sistem penanggalan (Masehi dan Hijriyah)
            Peserta didik dapat menjelaskan dasar penentuan penanggalan (tahun Masehi atau Hijriyah)
40

Tidak ada komentar :