SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk instrument | Contoh instrument | ||||||
9.1 mengidentifi-kasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah setempat. | Jenis motif hias. | · mengamati gambar tari Hudog Kita dari Kalimantan dan sendratari Berutuk dari Bali. · menulis persamaan dan perbedaan tari Pajaga dari Bugis dengan tari Serimpi dari Jawa Tengah. · Menulis persamaan dan perbedaan Gong Gamelan Jawa dengan Kendang Belek dari Lombok. | · Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias pada karya seni rupa Nusantara · Mengindentifikasi motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat | Lisan | Unjuk kerja | Jelaskan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat | 4 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V |
9.2 menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat. | Sikap apresiatif. | · mengamati gambar tari Kanjet Teweq dari Kalimantan Timur, tari Ngremo dari Jawa Timur, tari Merak dari Jawa Barat, tari Tifa dari Maluku. · mencari contoh gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa. · mengoleksi gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa. | · Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias karya seni rupa Nusantara · Mengklasifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat · Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat | Tes tulis | Jawab Singkat | Sebutkan keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat | 2 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok / Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian K ompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk instrument | Contoh instrument | ||||||
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan. | Topeng. | · membaca bacaan tentang topeng dan topi. · mengamati gambar anak menggunakan topeng di hari ulang tahun. · membuat topi pawai. · membuat topeng. | · Membuat topeng secara kreatif | Observasi, praktek. | praktek | Buat kan topeng secara kreatif ? | 2 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal….. |
10.2 Mengeksp-resikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya. | Gambar ilustrasi. | · mengamati gambar wajah anak dan orang dewasa. · mengamati gambar manusia dengan tema keramaian di pantai. · membuat gambar manusia dengan tema keramaian di pasar. | · Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya · Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya | Praktek | Praktek | Buatkan gambar ilustrasi manusia dan kehidupan-nya | 2 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal….. |
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas. | Persiapan pameran. | · mendengarkan guru tentang persiapan pameran. · mempelajari hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mengadakan pameran. · membentuk kepanitiaan. | · Membentuk kelompok siswa · Membentuk panitia pameran · Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat · Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat | Lesan, Praktek | Praktek | Bentukkan kelompok siswa karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas. | 2 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal….. |
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas / sekolah. | 1. Dekorasi, kelengkapan pameran, penataan ruang. 2. Laporan pameran. | · mendiskusikan kelengkapan pameran seperti label karya, papan panel, meja, karya seni. · merancang tema pameran. · menata ruangan bersama-sama. · mendengarkan penjelasan guru tentang pelaksanaan pameran. · melaksanakan pameran kelas. · membuat laporan pameran. | · Membuat denah pameran · Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat · Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya | Lesan, Praktek | Praktek | Buat kan denah pameran ? | 2 X 35 menit 2 X 35 menit | Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal….. Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal….. |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (genap)
Standar Kompetensi : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian K Ompetensi | Kegiatan Pembelajaran* | Penilaian | Alokasi Waktu | Sarana Dan Sumber | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
11.1 Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara | Ragam Lagu Daerah Nusantara | · Mengidentifikasi berbagai lagu daerah Nusantara · Menyebutkan ragam lagu daerah Nusantara · Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara · Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara | · Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara | Praktek | Praktek | Praktekkan berbagai ragam lagu daerah Nusantara | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
11.2 Menjelaskan makna ansambel gabungan | Ansambel Gabungan | · Mengenal makna ansamble · Menunjukan ragam jenis ansambel · Memahami makna ansamble gabungan | · Memahami makna ansambel gabungan | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | · Jelaskan ragam jenis ansambel | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
11.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara | · Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara · Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik | · Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | nyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (genap)
Standar Kompetensi : 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR PENCAPAIAN K OMPETENSI | KEGIATAN PEMBELAJARAN* | Penilaian | ALOKASI WAKTU | SARANA DAN SUMBER | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel gabungan | Praktek ansambel | · Mengenal alat musik ritmis dan melodis sederhana · Menjelaskan cara memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana · Memainkan musik ritmis dan melodis sederhana | · Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana | Praktek | Praktek | Memainkan musik ritmis dan melodis sederhana | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
12.2 Menyiapkan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah | Pertunjukkan | · Melakukan latihan persiapan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana | · Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana | Praktek | Praktek | Memainkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
12.3 Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | Pertunjukkan | · Mementaskan petunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | · Mengadakan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | Tes lisan dan tulisan | Jawab Singkat | Sebutkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas : 5 (Lima )2
Bab : Tari daerah Lain.
Standar Kompetensi : 14. Mengekspresikan diri melalui seni tari.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran* | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sarana Dan Sumber | ||
Teknik | Bentuk instrument | Contoh instrument | ||||||
14.1 Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan. | Tari Daerah | · Mempersiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan | · Melakukan latihan persiapan pementasan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | Praktek | Praktek | latihan persiapan pementasan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | 2 x 35 Menit | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Film dokumenter · Gambar atau foto |
14.2 Menyajikan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | Tari Daerah | · Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | · Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | Praktek | Praktek | peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan | 2 x 35 Menit | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Film dokumenter · Gambar atau foto |
14.3 Mengadakan pementasan perpaduan | Tari Daerah | · Mengadakan pementasan perpaduan | · Membuat kelompok siswa sesuai dengan materi tarian yang dikuasai · Mementaskan beberapa tarian Nusantara daerah lain | Praktek | Praktek | latihan persiapan pementasan beberapa tarian Nusantara daerah lain | 2 x 35 Menit | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Film dokumenter · Gambar atau foto |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (genap)
Standar Kompetensi : 15. Mengapresiasi Karya Kerajinan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian K Ompetensi | Kegiatan Pembelajaran* | Penilaian | Alokasi Waktu | Sarana Dan Sumber | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
15.1Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame | Kerajinan Makrame | · Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame · Menjelaskan fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan makrame | · Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
15.2Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | Kerajinan Makrame | · Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame · Mengapresiasi keindahan karya kerajinan makrame | · Mengapresiasi karya kerajinan makrame | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS : V
SEMESTER : 2 (genap)
Standar Kompetensi : 16. Membuat karya kerajinan dan benda permainan.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Indikator Pencapaian K Ompetensi | Kegiatan Pembelajaran* | Penilaian | Alokasi Waktu | Sarana Dan Sumber | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
16.1 Merancang karya kerajinan makrame | Kerajinan Makrame | · Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame · Menjelaskan teknik dan bahan pembuatan karya kerajinan makrame · Membuat rancangan karya kerajinan makrame | · Membuat rancangan karya kerajinan makrame | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
16.2 Membuat karya kerajinan makrame | Kerajinan Makrame | · Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan makrame · Membuat karya kerajinan makrame dengan baik | · Membuat karya kerajinan makrame | Tes lisan dan tulisan | Isian dan uraian | Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
16.3 Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali | Benda permainan yang digerakkan dengan tali | · Mengamati gambar, foto atau model benda permainan yang digerakkan dengan tali · Menjelaskan teknik kerja tali · Membuat rancangan benda | · Membuat rancangan benda permainan yang digerakkan dengan tali | Praktik | Praktik | Rancangan benda permainan yang digerakkan dengan tali | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
16.4 Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | Benda permainan yang digerakkan dengan tali | · Menyiapkan bahan dan alat · Menjelaskan cara pembuatan benda mainan · Membuat benda permainan yang digerakan oleh tali | · Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali | Praktik | Praktik | Buatkan benda permainan yang digerakkan dengan tali | 2 x 35’ | · Buku paket SBK standar isi 2006 · Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo · Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara |
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Percaya diri ( Confidence ) |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI .... (...............................................) NIP / NIK : ............................ | | ........, ................................. 20...... Guru Mapel SBK (...............................................) NIP / NIK : ............................ |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar