Wikipedia

Hasil penelusuran

Senin, 16 Januari 2012

SILABUS SBK V-2

 
SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                 DASAR

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI         : 9. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
 Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
9.1   mengidentifi-kasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah setempat.
Jenis motif hias.
·     mengamati gambar tari Hudog Kita dari Kalimantan dan sendratari Berutuk dari Bali.
·     menulis persamaan dan perbedaan tari Pajaga dari Bugis dengan tari Serimpi dari Jawa Tengah.
·     Menulis persamaan dan perbedaan Gong Gamelan Jawa dengan Kendang Belek dari Lombok.
·     Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias pada karya seni rupa Nusantara
·     Mengindentifikasi motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Lisan
Unjuk kerja
Jelaskan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
4 X 35 menit







Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V
9.2  menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.
Sikap apresiatif.
·     mengamati gambar tari Kanjet Teweq dari Kalimantan Timur, tari Ngremo dari Jawa Timur, tari Merak dari Jawa Barat, tari Tifa dari Maluku.
·     mencari contoh gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa.
·     mengoleksi gambar karya seni bermotif hias yang menarik bagi siswa.
·     Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias karya seni rupa Nusantara
·     Mengklasifikasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·     Mengapresiasi keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan keunikan motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

 

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................





SILABUS PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI         : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan.

Topeng.
·     membaca bacaan tentang topeng dan topi.
·     mengamati gambar anak menggunakan topeng di hari ulang tahun.
·     membuat topi pawai.
·     membuat topeng.
·     Membuat topeng secara kreatif

Observasi, praktek.
praktek
Buat kan topeng secara kreatif ?

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.2 Mengeksp-resikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya.




Gambar ilustrasi.
·     mengamati gambar wajah anak dan orang dewasa.
·     mengamati gambar manusia dengan tema keramaian di pantai.
·     membuat gambar manusia dengan tema keramaian di pasar.
·     Mengamati gambar iliustrasi manusia dan kehidupannya
·     Membuat gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya

Praktek
Praktek
Buatkan  gambar ilustrasi manusia dan kehidupan-nya

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas.
Persiapan pameran.
·     mendengarkan guru tentang persiapan pameran.
·     mempelajari hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mengadakan pameran.
·     membentuk kepanitiaan.
·     Membentuk kelompok siswa
·     Membentuk panitia pameran
·     Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·     Mengklasifikasi karya seni rupa yang telah dibuat
Lesan, Praktek
Praktek
Bentukkan kelompok siswa karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas / sekolah.
1.        Dekorasi, kelengkapan pameran, penataan ruang.
2.        Laporan pameran.
·     mendiskusikan kelengkapan pameran seperti label karya, papan panel, meja, karya seni.
·     merancang tema pameran.
·     menata ruangan bersama-sama.
·     mendengarkan penjelasan guru tentang pelaksanaan pameran.
·     melaksanakan pameran kelas.
·     membuat laporan pameran.
·     Membuat denah pameran
·     Menyiapkan semua karya seni rupa yang telah dibuat
·     Menata karya seni rupa sesuai dengan jenisnya

Lesan, Praktek
Praktek
Buat kan denah pameran ?

2 X 35 menit
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V Hal…..
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 11.  Mengapresiasi karya  seni musik
                               
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1 Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara
Ragam Lagu Daerah Nusantara
·     Mengidentifikasi berbagai lagu daerah Nusantara
·     Menyebutkan ragam lagu daerah Nusantara
·     Menghapal beberapa lagu daerah Nusantara
·     Menyanyikan beberapa lagu daerah Nusantara
·     Mengenal berbagai ragam lagu daerah Nusantara

Praktek
Praktek
Praktekkan berbagai ragam lagu daerah Nusantara
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

11.2 Menjelaskan makna ansambel gabungan
Ansambel Gabungan
·     Mengenal makna ansamble
·     Menunjukan ragam jenis ansambel
·     Memahami makna ansamble gabungan
·     Memahami makna ansambel gabungan

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·     Jelaskan ragam jenis ansambel

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

11.3 Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah  Nusantara

Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara
·     Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
·     Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik

·     Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
nyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara dengan baik

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
                               
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR PENCAPAIAN
K OMPETENSI
KEGIATAN PEMBELAJARAN*
Penilaian
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana  dalam bentuk ansambel gabungan

Praktek ansambel
·     Mengenal alat musik ritmis dan melodis sederhana
·     Menjelaskan cara memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana
·     Memainkan musik ritmis dan melodis sederhana
·     Mengenal dan memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana

Praktek
Praktek
Memainkan musik ritmis dan melodis sederhana
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

12.2  Menyiapkan  pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah
Pertunjukkan
·    Melakukan latihan persiapan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana 

·    Mempersiapkan pertunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana

Praktek
Praktek
Memainkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana 

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
12.3 Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

Pertunjukkan
·    Mementaskan petunjukkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah

·    Mengadakan pertunjukkan  lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
Tes lisan dan tulisan
Jawab Singkat
Sebutkan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................

SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah                        :
Mata Pelajaran                         :  Seni Tari
Kelas                                       :  5 (Lima )2
Bab                                          :  Tari daerah Lain.
Standar Kompetensi                : 14.  Mengekspresikan diri melalui seni tari.
                                             
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
14.1 Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan.

Tari Daerah
·   Mempersiapkan penyajian tari Nusantara daerah lain dengan iringan

·   Melakukan latihan persiapan pementasan tari Nusantara     daerah lain dengan iringan
Praktek
Praktek
latihan persiapan pementasan tari Nusantara     daerah lain dengan iringan
2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

14.2 Menyajikan tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan
Tari Daerah
·   Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan

·   Melakukan peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan

Praktek
Praktek
peragaan tari Nusantara daerah lain dengan iringan
2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

14.3 Mengadakan pementasan perpaduan

Tari Daerah
·   Mengadakan pementasan perpaduan

·   Membuat kelompok siswa sesuai dengan materi tarian yang dikuasai
·   Mementaskan beberapa tarian Nusantara daerah lain

Praktek
Praktek
latihan persiapan pementasan beberapa tarian Nusantara daerah lain
2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                        
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 15. Mengapresiasi Karya Kerajinan.
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
15.1Mendeskripsikan  kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
Kerajinan Makrame
·       Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame
·       Menjelaskan fungsi, kekuatan dan keindahan karya kerajinan makrame

·       Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

15.2Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame

Kerajinan Makrame
·       Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame
·       Mengapresiasi keindahan karya kerajinan makrame
·       Mengapresiasi karya kerajinan makrame

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 16. Membuat karya kerajinan dan benda permainan.
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
16.1 Merancang karya kerajinan makrame
Kerajinan Makrame
·       Mengamati gambar , foto atau model keindahan karya kerajinan makrame
·       Menjelaskan teknik dan bahan pembuatan karya kerajinan makrame
·       Membuat rancangan karya kerajinan makrame
·       Membuat rancangan karya kerajinan makrame

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

16.2 Membuat karya kerajinan makrame

Kerajinan Makrame
·       Menyiapkan alat dan bahan   yang digunakan untuk  membuat kerajinan makrame
·       Membuat karya kerajinan makrame dengan baik

·       Membuat karya kerajinan makrame

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

16.3  Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali

Benda permainan yang digerakkan dengan tali

·       Mengamati gambar, foto atau model benda permainan yang digerakkan dengan tali
·       Menjelaskan teknik kerja tali
·       Membuat rancangan benda

·       Membuat rancangan benda permainan yang digerakkan dengan tali

Praktik
Praktik
Rancangan benda permainan yang digerakkan dengan tali
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

16.4  Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali
Benda permainan yang digerakkan dengan tali

·       Menyiapkan bahan dan alat
·       Menjelaskan cara pembuatan benda mainan
·       Membuat benda permainan yang digerakan oleh tali
·       Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali

Praktik
Praktik
Buatkan benda permainan yang digerakkan dengan tali
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................

Tidak ada komentar :