SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEGEMARAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN · Memiliki harga diri sebagai individu · Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | PKN · Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri · Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan | · Kekayaan alam Indonesia · Harga diri · Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | · mengatakan cara menjaga harga diri pribadi · mengatakan cara menjaga harga diri bangsa · mengasumsi sikap ramah dan santun · menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia | · Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi · Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa · Mengasumsi sikap ramah dan santun · Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 3 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS· Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah | · Jenis-jenis pekerjaan · Semangat kerja · Jual beli · Uang · Pengelolaan uang | · menyebutkan pengertian pembeli · menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang · menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing | · Menyebutkan pengertian pembeli · Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang · Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing | |||
III. IPA Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam | IPA· Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan | · Energi · Gerak benda · Kenampakan permukaan bumi · Cuaca · Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan · Kelestarikan dan pemeliharaan alam | · mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air) · menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air · menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih | · Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air) · Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air · Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih | | | |
IV. Matematika Geometri dan Pengukuran Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana | Matematika · Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana. · Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur | · Pecahan · Bangun datar · Sudur · Persegi dan persegi panjang | · menjelaskan sudut sebagai jarak putar · membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran · membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya · menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya · menghitung keliling bangun persegi · menghitung keliling bangun persegi panjang | § Menjelaskan sudut sebagai jarak putar · Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran · Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya · Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya · Menghitung keliling bangun persegi · Menghitung keliling bangun persegi panjang | | | |
V. Bahasa Indonesia Mendengarkan 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan Berbicara 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita Membaca 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi Menulis 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | · Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar · Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif · Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat. · Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik | · Menanggapi cerita · Menirukan dialog · Menceritakan peristiwa · Percakapan · Menjawab pertanyaan · Menulis karangan | · memberikan tanggapan terhadap watak tokoh · menanggapi pengalaman teman · melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru · menjelaskan denah berdasarkan petunjuk · menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa · membacakan cerita dengan isi teks agak panjang · membaca puisi · menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya · mengamati dan mengurutkan gambar · menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang · membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang · menulis tegak bersambung · membuat karangan sederhana · menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan | · Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh · Menanggapi pengalaman teman · Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru · Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk · Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa · Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang · Membaca puisi · Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya · Mengamati dan mengurutkan gambar · Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang · Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang · Menulis tegak bersambung · Membuat karangan sederhana · Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan | | | |
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) | | | |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar