Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 20 Januari 2012

SILABUS TEMATIK III-2


                                               SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

                                             SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEGEMARAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
·         Memiliki harga diri sebagai individu
·         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKN
·         Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
·         Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·         mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         mengasumsi sikap ramah dan santun
·         menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
·         Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         Mengasumsi sikap ramah dan santun
·         Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·       menyebutkan pengertian pembeli
·       menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
·         Menyebutkan pengertian pembeli
·         Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
III.  IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·         Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
·       Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih



IV.  Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana

Matematika
·         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
·         Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·         menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·         membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·       menghitung keliling bangun persegi
·         menghitung keliling bangun persegi panjang
§  Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·       Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·         Menghitung keliling bangun persegi
·         Menghitung keliling bangun persegi panjang



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
·         Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
·         Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·       memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·       menanggapi pengalaman teman
·       melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·       menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·       menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·       membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·       membaca puisi
·       menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         mengamati dan mengurutkan gambar
·         menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
·         membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·       menulis tegak bersambung
·       membuat karangan sederhana
·         menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
·         Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·         Menanggapi pengalaman teman
·         Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·         Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·         Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·         Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·         Membaca puisi
·         Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         Mengamati dan mengurutkan gambar
·         Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
·         Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·         Menulis tegak bersambung
·         Membuat karangan sederhana
·         Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Tidak ada komentar :