www.zidu.co
( R P P )
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga legislatif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§ Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan.
§ Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan Umum.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Pengertian pemerintah.
§ Komponen pemerintahan di Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
– Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
– Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
– Mengajak siswa untuk menyebutkan lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk membaca dan memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem pemerintahan.
F Siswa menyebutkan lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif).
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang lembaga-lembaga negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD), eksekutif (presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi), serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan § Menjelaskan lembaga legislatif § Menjelaskan lembaga eksekutif § Menjelaskan lembaga yudikatif § Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan § Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum | Tugas individu Tugas kelom-pok | § Penilaian lisan § Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) § | § Mengapa dalam suatu negara harus ada pemerintahan? § Bagaimana susunan keanggotaan dan kedudukannya? § Apa tugas dan wewenangnya? § Apa arti lembaga eksekutif? § Apa saja tugas-tugas presiden? § Mendiskusikan lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY). § Apa tugas dan kewenangan lembaga-lembaga tersebut? § Apa tugas BPK? § Kepada siapa hasil tugas BPK diserahkan? |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR,JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru KELAS IV
EDY SUSILO,S.Pd. DESI YANTI,S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Standar Kompetensi**
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
C. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami lembaga eksekutif (presiden).
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
D. Materi Ajar
§ Lembaga eksekutif.
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
– Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
– Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati lembaga eksekutif (presiden).
F Bertanya jawab tentang lembaga eksekutif (presiden).
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
G. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Memahami lembaga eksekutif (presiden). | § Tugas individu § Tugas kelom-pok | § Penilaian lisan § Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat) | § Sebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri? |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR,JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru KELAS IV
EDY SUSILO,S.Pd. DESI YANTI,S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menceritakan proses globalisasi.
§ Siswa dapat menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Arti globalisasi dan sejarahnya.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi.
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
– Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
– Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
– Mengajak siswa untuk menceritakan globalisasi dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati cerita sejarah globalisasi.
F Siswa pun diajak untuk memahami arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya.
F Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
F Bertanya jawab tentang pengaruh globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menceritakan proses globalisasi. § Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan. § Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi. | Tugas individu | § Penilaian lisan § Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat) § Penilaian lisan (keberanian menyampaikan pendapat) § Penilaian tulisan § Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | § Mengapa globalisasi terjadi? § Buatlah tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia. § Mengapa permainan playstation atau game di komputer di Indonesia? |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR,JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru KELAS IV
EDY SUSILO,S.Pd. DESI YANTI,S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan globalisasi kebudayaan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
Apersepsi :
– Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
– Mengajak siswa bertanya jawab tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia.
– Dilanjutkan dengan mengajak siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia, seperti tarian tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia.
F Bertanya jawab tentang kebudayaan di Indonesia dibandingkan dengan kebudayaan asing.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menjelaskan globalisasi kebudayaan. | Tugas individu | § Penilaian tulisan § Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | § Buatlah daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia. § Mengapa globalisasi terjadi? § Sebutkan jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional? |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR,JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru KELAS IV
EDY SUSILO,S.Pd. DESI YANTI,S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi**
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
– berdoa, presensi, apersepsi dan Mengajak siswa bertanya jawab tentang globalisasi di Indonesia
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia.
F Mengajak siswa untuk bersikap terhadap pengaruh globalisasi.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan Narasumber umum.)
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi. | Tugas individu | § Penilaian tulisan § Penilaian sikap (pengamatan perilaku) | § Mengisi kolom skala sikap. § Mengapa globalisasi terjadi? § Bagaimana cara sikap kita terhadap globalisasi? |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
ARGAMAKMUR,JANUARI 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru KELAS IV
EDY SUSILO,S.Pd. DESI YANTI,S.Pd.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar