Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SD 1 ARGAMAKMUR
Tema : Keluarga
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia :
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
· Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Mendeskripsikan letak rumah .
2. IPA :
· Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet).
3. PKN :
· Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Berbicara
· Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
· Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
· Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
· Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
· Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
· Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.
I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
· Menjelaskan arti kewajiban.
· Menyebutkan kewajiban anak di rumah
· Menjelaskan kewajiban setiap anggota keluarga
· Menyebutkan nama ruang dalam rumah
· Menyebutkan fungsi tiap ruang dalam rumah
· Melakukan percobaan sumber energi gerak
· Membuktikan adanya sumber energi gerak, panas, dan listrik
· Menyebutkan kegunaan energi panas, gerak, dan listrik,
· Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
· Menjumlah 2 bilangan 2 angka
· Menjumlah 2 bilangan 2 angka yang salah satunya kelipatan 10.
· Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan.
· Mengurangkan bersusun 2 bilangan 1 angka.
· Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka tanpa teknik meminjam.
· Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
· Melakukan percakapan/ dialog sedrhana dengan teman di depan kelas.
· Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
· Membaca dengan tempat jeda panjang dan pendek.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Membaca dengan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya
· Membaca puisi /syair lagu dengan benar dan indah
· Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi serta gerak dan mimik yang sesuai.
· Menuliskan kembali kalimat dengan huruf lepas dari buku atau papan tulis
· Menuliskan kalimat dengan benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung.
· Menuliskan puisi dengan tulisan tegak bersambung dengan rapi dan terbaca oleh orang lain.
· Menyebutkan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan.
· Menyebutkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan
· Menyebutkan nada-nada yang berbeda tingginya dan panjang pendeknya dari melodi yang diperdengarkan.
· Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Kewajiban anggota keluarga
· Denah rumah
· Macam-macam energi
· Kegunaan energi.
· Oprasi hitung bilangan
· Gambar-gambar tunggal
· Puisi/syair lagu.
· Teks percakapan.
· Naskah bacaan.
· Penggalan cerita
· Nada-nada pada alat musik.
· Unsur-unsur bunyi.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit (PKn, IPA , Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan guru tentang arti kewajiban
F Bertanya jawab tentang contoh-contoh yang termasuk sebuah kewajiban anak di rumah.
F Menceritakan pengalaman yang pernah terjadi yang berhubungan dengan kewajiban anak di rumah.
F Menyimak penjelasan guru tentang langkah/cara mencari hasil dari penjumlahan tersebut.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan contoh-contoh kewajiban di dalam buku tugas.
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang diperliahtkan guru/ tersedia pada buku.
F Menjelaskan cara membersihkan ruangan .
F Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang biasa terdapat pada ruangan tersebut.
F Menyimak penjelasan guru tentang langkah/cara mencari hasil dari penjumlahan tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan isi gambar tersebut dengan bahasa sendiri.
F Membuat kalimat yang dapat menceritakan gambar tersebut secara lisan.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar tersebut.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan denah dan tanya jawab, siswa menyebutkan nama ruangan.
F Menyebutkan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan ruangan tersebut.
F Menceritakan pengalaman membersihkan ruangan di rumahnya.
F Mengamati contoh soal penjumlahan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Melalui latihan siswa menjumlahkan 2 bilangan 2 angka tanpa teknik menyimpan.
F Mencari hasil penjumlahan dengan benar dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan 10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek) yang ditulis di papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan melafalkan wacana tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut.
F Memperhatikan soal latihan yang ditulis guru tentang penjumlahan 2 bilangan dua angka salah satu bilangannya kelipatan 10.
F Mengerjakan penjumlahan 2 bilangan 2 angka salah satu bilangannya kelipatan 10 dengan teliti.
F Mengerjakan dengan cara menjumlahakan terlebih dahulu nilai tempat satuan, setelah itu nilai tempat puluhan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal cerita yang mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang mengandung penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau kalimat matematikanya.
F Membahas secara bersama-sama salah satu soal agar diketahui kebenaran dalam mengerjakannya
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (SBK, IPS, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui motivasi dan arahan guru, siswa menjelaskan rangkaian bunyi dan detak.
F Mendengarkan nada-nada yang diperdengarkan
F Membaca solmisasi dari nada tinggi ke rendah. ( melodi turun)
F Membaca solmisasi dari nada rendah ke tinggi ( melodi naik ).
F Mengingat kembali nama ruangan yang terdapat pada gambar.
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah.
F Menempel guntingan denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau majalah )
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak.
F Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas.
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik
F Dengan bertanya jawab, siswa menjelaskan kewajiban anggota keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan siswa menyebutkan aturan yang beralku pada sebuah keluarga.
F Melalui diskusi sederhana yang dibimbing guru , siswa menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan di rumah.
F Memperhatikan contoh soal cerita yang mengandung penjumlahan serta cara pengerjaannya.
F Mengerjakan soal cerita yang mengandung penjumlahan .
F Mengerjakan dengan menuliskan cara atau kalimat matematikanya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan fungsi ruangan pada rumah pada umumnya.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya (sesuai tema )
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
F Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan fungsi ruangan yang ada di rumah masing-masing.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencoba menghayati isi puisi /syair lagu
F Dengan bimbingan guru, siswa melafalkan sebuah puisi dengan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih membaca puisi yang indah.
F Memperagakan membaca puisi yang baik.
F Dengan bimbingan guru, siswa belajar mendeklamasikan puisi/syair lagu.
F Memperagakan deklamasi dengan ekspresi mimik dan gerak yang sesuai.
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Mengerjakan soal latihan.
F Melalui tanya jawab , siswa menyebutkan manfaat energi listrik di rumah.
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menyebutkan benda-benda /alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( Matematika, B.Indonesia, )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung yang benar dengan memperhatikan huruf kapital yang tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada papan tulis
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak kalimat yang didiktekan guru
F Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya.
F Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka secara bersusun.
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (SBK, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan bertanya jawab, siswa membedakan tinggi rendahnya suatu nada.
F Melalui tanya jawab siswa membedakan panjang pendek suatu nada.
F Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan kembali perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada.
F Membaca tangga nada dengan benar.
F Memperhatikan sebuah teks puisi yang disediakan guru
F Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan teks puisi yang telah dibaca ke dalam tulisan tegak bersambung.
F Melalui pemberian tugas dan diskusi kelompok siswa menjelaskan kembali fungsi dan cara membersihkan setiap ruangan yang ada di rumah.
F Menceritakan cara merapikan dan membersihkan, serta menyebutkan fungsi kamar tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan pujian bagi siswa yang aktif mengikuti kegiatan belajar, dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum aktif.
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
F Denah rumah
F Gambar-gambar tunggal
F Meja , kursi
F Baterai
F Pegas/per
F Api
F Kompor
F kipas angin
F teks puisi
F Kartu bilangan
F Gambar tangga nada.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. IPS : · Mengidentifikasi ruang dalam rumah · Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah. 2. IPA : · Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak. · Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. 3. PKN : · Menjelaskan arti kewajiban · Menyebutkan kewajiban anak di rumah · Menyebutkan kewajiban setiap anggota keluarga . 4. Matematika : · Menjumlah 2 bilangan dua angka · Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10. · Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan · Mengurangkan bersususn 2 bilangan satu angka. · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam. 5. Bahasa Indonesia : · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan · Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan. · Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan. · Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek. | Tes lisan Tes tertulis | Uraian isian | 1. IPS : · Jelaskanlah ruang dalam rumah · Ceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah. 2. IPA : · Lakukanlah percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak. · Contohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi · Sebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. 3. PKN : · Jelaskan arti kewajiban · Sebutkan kewajiban anak di rumah · Sebutkan kewajiban setiap anggota keluarga . 4. Matematika : · Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka · Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10. · Selesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan · Bagaimana cara mengurangkan bersususn 2 bilangan satu angka. · Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam. 5. Bahasa Indonesia : · Bagaimana cara Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Lakukanlah percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru · Bacakanlah teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Bacakanlah dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Bacakanlah denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya · Bacakanlah puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Bagaimana cara Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Tuliskanlah kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Tuliskanlah puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Jelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan · Sebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan. · Sebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan. · Jelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek. · LKS · Lmbar observasi. |
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui Kepala SD1 ARGAMAKMUR EDY SUSILO,S.Pd. NIP. | ARGAMAKMUR JANUARI 2012 Guru Tematik Kelas I JIMIN,S.Pd. |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar