Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 27 Januari 2012

SOAL-SOAL IPA SKL UNSD 2012


PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL


HARI/TANGGAL         :
WAKTU                        : 120 MENIT


 
PILIHLAH JAWABAN A,B,C ATAU D YANG PALING TEPAT
1.Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
    hewan/tumbuhan tertentu1.1.Fungsi dari ciri khusus yang dimiliki cecak adalah….
a.menyelamatkan dirinya
b.mengelabuhi mangsanya
c.merayap di dinding
d.mematahkan ekornya
1.2.Fungsi ciri khusus yang dimiliki tanaman teratai adalah….
     a.mempercepat penguapan,menyalurkan oksigen
     b.menyalurkan oksigen,mengurangi penguapan
     c.mengurangi penguapan,bernafas di air
     d.mempercepat penguapan,meyalurkan karbondioksida
2.Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok,   siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
2.1Sapi,kambing,kerbau,singa,kuncing
      Pengelompokan hewan di atas berdasarkan….
      a.jenis makanan
      b.cara perkembangbiakan
      c.tempat tinggalnya
      d.cara hidupnya
2.2.  Pisang,cocor bebek,bambu
      Pengelompokan tumbuhan di atas berdasarkan…
      a.tempat tumbuhnya
      b.mencari makan
      c.beradaptasi
          d.perkembangbiakan
3.Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
3.1.Manfaat tumbuhan jahe bagi manusia adalah sebaga….
       a. bahan minuman,penghangat badan
       b.bahan minuman,pewarna makanan
       c.penghangat badan,pewarna makanan
       d.obat sakit perut,pemanis minuman
3.2.Manfaat hewan kerbau adalah diambi….
      a.dagingnya,tanduknya,bulunya
      b.kulitnya,tulangnya,tenaganya
      c.tenaganya,bulunya,tanduknya
      d. tenaganya,dagingnya,kulitnya
4.Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan
hewan/tumbuhan
4.1.Pemerintah melestarikan orang utan di Tanjung Putting dengan tujuan….
      a.sebagai obyek wisata
      b.agar tidak punah
      c.untuk penelitian
      d.peliharaan
4.2.Pemerintah melestarika  tanaman cendana dengan tujuan….
      a.tempat cagar alam
      b.untuk wisata
      c.agar tidak punah
      d.diperdagangkan
5.Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
                                 .
5.1.Perhatikan gambar di atas!
Cara perkembengberkembangbiakannya adalah….
       a.menempel
       b.merunduk
       c.akar tinggal
       d.okulasi
 
5.2.Perhatikan gambar di atas.
Cara perkembangbiakannya adalah….
      a.ovivar
      b.ovovivivar
      c.vivivovipar
      d.vivipara
6.Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
6.1.Ciri-ciri perkembangan fisik pada anak  laki-laki adalah….
      a.tumbuh kumis,tumbuh jakun
      b.suara membesar,dating bulan
      c.mimpi basah,datang bulan
      d.datang bulan,tumbuh jakun

6.2.Ciri-ciri perkembangan fsik pada anak wanita adalah….
     a.tumbuh rambut di kemalun,tumbuh jakun
     b.payu dara membesar,pinggul sempit
     c.payu dara membesar,tumbuh rambaut di kemaluan
     d.mimpi basah,dating bulan
7.Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
7.1.Daur hidup pada hewan adalah….
a.kupu-telur-kepompon-kupu-kupu kecil-kupu-kupu dewasa
b.katak-telur-berudu-berudu bereekor-katak berekor-katak
c.lebah-madu-telur-larva-lebah kecil-lebah dewasa
d.nyamuk-telut-jentik-nyamuk kecil-nyamuk dewasa
7.2.Daur hidup pada ayam adalah….
      a.ayam-ayam kecil-ayam dewasa
      b.ayam-telur-ayam kecil-ayam dewasa
      c.ayam-telur-ayam dewasa
      d.telu-ayam kcil-ayam besar
8.Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
8.1.Hubungan antara burung jalak dan kerbau merupakan contoh simbiosis….
     a.mutualisme
     b.komersalisme
     c.parasatisme
     d.komensalisme
8.2.Hubungan antara tumbuhan induk dengan benalu merupakan contoh simbiosis….
     a.mutualisme
     b.komensalisme
     c.parasitisme
     d.komensalisme
9.Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
9.1.Rantai makanan yang cocok yang terdapat pada ekosistem laut adalah….
      a.zooplankton-ikan kecil-fitoplankton-ikan besar-bakteri
      b.fitoplankton-ikan kecil-zooplanknton-ikan besar-bakteri
      c.zooplankton-fitoplankton-ikan kecil-ikan besar-bakter
      d.fitoplankton-zooplankton-ikan kecil-ikan besar-bakteri

9.2.Rantai makanan yang cocok yang terdapat pada ekosistem sawah adala….
      a.padi-ulat-tikus-ular-elang-bakteri
      b.padi-ulat-burung-ular;tikus-bakteri
      c.ulat-burung-padi-bakteri-ular
      d.bakteri-elang-ular-tikus-padi
10.Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
10.1.Perhatikan gambar di atas yang bertindak sebagai konsumen II
       a.tikus
       b.elang
       c.padi  
       d.ular
 
10.2.Perhatikan gambar di atas.Produsen adalah….
      a.ular
      b.rumput
      c.elang
      d.tikus
11.Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
11.1.Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan hutan adalah….
      a.penebangan hutan
      b.pembuata terasising
      c.reboisasi di hutan
      d.membuat permukiman baru
11.2.Kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan sungai adalah….
          a.penambangan pasir,meracuni sungai
 b.penambanga batu,penyebaran bibit ikan
          c.membuat bendungan,menyetrum ikan
            d.meracun ikan,meracuni sungai

12. Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
12.1.Pohon jati dimusim kemarau menggugurkan daunnya dengan tujuan….
          a.memperkuat dahan
          b.mengurangi gerak dun
          c.mengurangi penguapan
          d.mempercepat pertumbuhan
12.2.Walang daun warnanya menyerupai daun dengan tujuan….
          a.mempermudah cari makanan
          b.menyulitkan musuh menagkapnya
          c.mempermudah gerakan di daun
          d.menyulitkan gerakan walang
13. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
13.1.Fungsi akar pada tumbuhan adalah….
          a.menyerap makanan,mmperindah batang
          b.memperindah batang,mencengkeram tanah
          c.mencengkeram tanah,memperkuat batang
          d.membuat batang tegak,menyerap sari makanan
13.2.Fungsi daun pada tumbuhan adalah….
          a.memasak makanan,bernafas
          b.bernafas,membuat sejuk udara
          c.udara sejuk,memasak makanan
          d.memperkuat batan,untuk bernafas
14.Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
X
14.1.Gambar yang ditunjukkan pada X mengecap rasa….
          a.manis
          b.asin
          c.pahit
          d.masam
Z
14.2.Perhatikan gambar di atas!Yang ditunjukan oleh huruf Z berfungsi sebagai….
          a.menerima cahaya
          b.memperbesar benda
          c.mengatur lensa
          d.mengatur cahaya
15.Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
        R
15.1.Perhatikan gambar di atas!Organ yang ditunjukkan oleh huruf R terjadi proses….
            a.untuk saluran minum
            b.terjadi proses respirasi
            c.proses asimilasi
            d.jalan keluar masuknya udara






                                     K
15.2.Perhatikan gambar di atas!Pada huruf K terjadi….
          a.pertukaran karbondioksida dan karbon monoksida
          b.pertukaran oksigen dan karbondioksida
          c.perpindahan karbondioksida dan oksigen
          d.perpindahan oksigen dan karbonmonoksida

16.Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
.                                                 E
16.1.Proses yang terjadi pada huruf E adalah….
            a.memecahkan makanan
            b.mencernak makan
            c.memecahkan sari makanan
            d.meremas amaknan






                               U
16.2.Perhatukan gambar di atas!Fungsi organ yang ditunjukkan huruf U adalah….
          a.menyerap air dari dalam tubuh
          b.mengeluarkan sisa maknan
          c.mengeluarkan sisa pencernaan maknan
          d. membunuh bakteri
17.Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar                    
                  

      8                                                                                                        7
     1                                                                                                        
      2                                                                                                        6
        3                                                                                        5
                                                                                         4                    17.1.Perahitak gambar di atas !Peredaran darah yang tepat adalah….
          a.7-4-5-6
          b.3-4-5-6
          c.2-3-4-7
          d.1-2-3-8





                                     1                                                                    2
                3                                                                                               4                                                                                                         
                               5                                                                                6
                                           7                                                        8

17.2.Perhatikan gambar di atas! Uurutan peredaran darah adalah….
          a.
          b.
          c.
          d.
18.Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
                H
18.1.Perhatikan gambar di atas!Yang ditunjukkan oleh huruf H,adalah tulang….
          a.iga
          b.rusuk
          c.selangka
          d.dada
                        W
18.2.Perhatikan gambar di atas!Huruf H menunjukkan tulang….
          a.belakang
          b.dahi
          c.tengkorak
          d.ubun-ubun

19.Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
19.1.Fungsi zat makan berupa protein adalah….
          a.untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak
          b.mengganti sel-sel yang rusak dan sumber tenaga
          c.sumber tenaga dan untuk pertumbuhan
          d.cadangan makanan dan memperlancar pencernaan
19.2.Mineral berupa zat flour berguna untuk….
a.pembentukan sel darah
          b.mencegah penyakit gondok
          c.menjaga kesehatan gigi
          d.pembentukan gigi      

20.Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
20.1.Cara mencegah penyakit demam berdarah adalah….
          a.menguras bak mandi,melakukan foging,
          b.menguras bak mandi,membakar sampah
          c.melakukan foging,membakar sampah
          d.memasang kelambu,membakar sampah
20.2.Cara mencegah penyakit beri-beri adalah….
a.menggunakan  vitamin D
          b.berolah raga yang cukup
          c.mengkonsumsi vitamn B
          d.istirahat yang cukup
21.Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
21.1.Pada suatu hari Ibu akan menggoreng ikan,karena minyak kelapa yang ada di dapur habis maka,Ibu menggunakan mertega untuk menggoreng ikan.Ibu mengambila mertega yang ada pada kemasan palstik,yang masih padat,kemudian dimasukkan mertega itu ke wajan pengorengan,ternyata mertega itu mengalami perubahan wujud.perubahan wujud yang terjadi adalah….
a.meleleh     .
          b.membeku
          c.mencair
          d.mengembun
21.2.Ani mempunyai almari yang berisi pakaian,setiap sekat almari berisi pakain 15 potong.Untuk menghindari kecoak bersarang di almari Ani,maka diberilah kamper atau kapur barus.Setelah beberapa hari ternya kamper itu hapis.Jenis  perubahan wujud zat yang terjadi adalah….
          a.menyublin
          b,mengembun
          c.membeku
          d.menguap
22. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
23.1.Pada suatu hari Bambang memperhatikan kabel listrik yang ada di depan rumahnya.setelah memperhatikan ternyata pada pagi hari kabel listrik itu kencang atau tegang,tapi pada pukul 13.00 wib,ternyata kabel listrik itu kendor,pengaruh suhu terhadapa benda itu adalah….
          a.mengendor
          b.mengerut
          c.mengencang
          d.memuai
23.2.Andi mempunyai mainan mobil-mobilan yang terbuat dari bahan seng.Andi mencarinya selama 3 hari baru ketemu,dan ternyata ada di samping rumah dekat pohon mangga.setelah dilihat ternyata mobil-mobilanya rusak,karena terkena panas dan hujan.mobili-mobilannya rusak karena adanya peristiwa….
          a.pelapukan
          b.perkaratan
          c.pembusukan
          d.pemuaian
24.Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
24.1.Contoh perpindahan panas secara radiasi adalah…
          a.terjadinya angin darat dan angin laut
          b.perpindahan panas melalui sebatang besi
          c.panas api unggun sampai ke badan kita
          d.air dimasak yang mendidih
24.2. Contoh perpindahan panas secara konveksi adalah….
          a.terjadinya angin darat dan angin laut
          b.perpindahan panas melalui sebatang besi
          c.panas api unggun sampai ke badan kita
          d.sinar matahari sampai ke bumi

25. Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
 
25.1.Perhatikan gambar di atas! Gaya yang ditimbulkan adalah….
            a.gesek
            b.magnet
            c.pegas
            d.grafitasi

25.2.Perhatikan gambar di atas!Gaya yang ditumbulkan adalah….
          a.gerak
          b.pegas
          c.tarik
          d.grafitasi




26.Disajikan pernyataan/g`ambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda
26.1.Ada sebuah mobil berjalan dengan kencang,karena ada anjing mobil itu direm,dan berhenti.Ini membuktikan bahwa gaya merubah…benda
          a.bentuk
          b.gerak
          c.bunyi
          d.tempat
26.1.Perhatikan gambar di atas! Ini membuktikan bahwa gaya…benda
          a.bentuk
          b.gerak
          c.arah
          d.bunyi
27.Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan
27.1.Perhatikan gambar di atas!termasuk pesawat sederhana jenis….
          a.katrol
          b.bidang miring
          c.pengungkit
          d.roda
Perhatikan gambar di atas!pesawat sederhana jenis….
          a.roda
          b.bidang miring
          c.tuas
          d.pemgungkit

28.Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
1

2

3

4
28.1.Perhatikan gambar di ata!Sumber bunyi ditunjukan oleh huruf….
          a.4
          b.3
          c.2
          d.1
1

2

3

4



28.2.
Perhatikan ga,bar di atas !Sumber bunyi ditujukukan oleh huruf….
          a.1
          b.2
          c.3
          d.4
29. Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
29.1.Perhatikan gambar di atas! Sifat cahaya tersebut adalah….
          a.merambat lurus
          b.dipantulkan
          c.menembus benda
          d.dibiaskan          
29.2.Perhatikan gambar di atas!sifat cahaya yang terjadi adalah….
          a.dipantulkan
          b.dibiaskan
          c.menembus air
          d.merambat lurus
30.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
30.1.Perhatikan gambar di atas!Alat tersebut mengubah energi….
          a.panas menjadi listrik
          b.listrik menjadi kalor
          c.listrik menjadi gerak
          d.listrik menjadi bunyi





31Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan   sehari-hari
31.1. Contoh enegi alternatife adalah….
          a.air,matahari,biogas,batubara
          b.matahari,angin,gas alam,biogas
          c.angin,biogas,air,panas bumi
          d.biogas,batu bara,biogas,angin
31.2.Contoh energy alternatife adalah…
          a.air,matahari,biogas,batubara
          b.matahari,angin,gas alam,biogas
          c.angin,biogas,air,miyak bumi
          d.biogas,angin,matahari,angin

32. Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
                                                                   1    2        3            4
                            
Perhatikan gambar di atas!Jika lampu 2 dimatikan maka lampu ….
          a.1,3 dan 4 mati
          b.1,3 dan 4 hidup
          c.1,3 hidup 4 mati
          d.1,2 mati 4 hidup
                                                                    1           2    3        4
                                      
Perahtikan gambar di atas! Jika lampu 3 dimatikan maka lampu….
          a.1,2 dan 4 mati
          b.1,4 hidup 3 mati
          c.1,2hudup 4 mati
          d.1,2 dan 4 hudup
33. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
33.1.Jenis-jenis tanah dapat dibedakan menjadi….
          a.tanah humus,tanah pasir,tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat
          b.tanah pasir,tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat,tanah kapur
          c.tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat,tanah kapur,tanah humus,
          d.tanah gambut,tanah liat,tanah kapur,tanah gundul,tanah humus


33.2.Jenis tanah dibedakan menjadi….
a.tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat,tanah kapur,tanah humus
          b.tanah gambut,tanah liat,tanah kapur,tanah gundul,tanah humus
c.tanah humus,tanah pasir,tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat
          d.tanah pasir,tanah lumpur,tanah gambut,tanah liat,tanah kapur
34.Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
         
34.1.Perhatikan gambar di atas!Sumber alam itu dapat dimanfaatkan untuk….
          a.bahan bangunan,mubeler,kerajinan
          b.kerajinan,mubeler,senjata
          c.kerajinan,bangunan,makanan
          d.pulp,senjata,bahan bangun
         
34.2.Perhatikan gambar di atas!Manfaat yang dapat diambil adalah….
          a.daging,bulu,telur
b.daging,telur,suara
          c.suara,tenaga,bulu
          d.daging,telur,keindahan




35.Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
35.1.Kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi adalah….

36. Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
36.1.Jenis sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah….
          a.air,tanah,batu-bara
          b.batubara,tanah,tumbuhan
          c.gas,minyak bumi,batubara
          d.tumbuhan,air,tanah
36.2.Jenis sumber daya alam yang tidak dapat terbaharui adalah….
          a.minyak tanah,batu-bara,air
          b.bensin,batu-bara,gas
          c.air,tumbuhan,tanah
          d.gas,minyak tanah,solar
37.Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
37.1.Perhatikan pernyataan di bawah ini!.
1.planet terpanas dalam tata surya
2,garis tengahnya 12.104 km
3.palnet yang paling dekat dengan bumi
Pernyataan tersebut merupakan ciri planet….
          a.merkurius
          b.venus
          c.mars
          d.yupiter

                                              X
37.2.Perhatikan gambar di atas!Yang diberi tanda (X) adalah planet….
          a.bumi
          b.mars
          c.yupiter
          d.saturnus
38.Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
38.1.Akibat gerhana matahari total berdampak pada kehidupan bumi yaitu….
          a.bumi gelap,ayam masuk ke kandang
          b.bulan gelap,kambing mengembik
          c.bumi terang,ayam masuk ke kandang
          d.bulan teran,ayam tetap di luar kandang
38.2.Akibat yang ditimbulkan dari gerhana bulan adalah….
          a.malam tetap terang bulan
          b.malam hari seperti siang
          c.siang hari menjadi gelap
          d.malam  menjadi gelap
39.Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.


 
                                                                                              e
                                                                                                 d


 


                                                                                 1               c








 
                                                                                                 b


 
                                                                                           a

39.1.Perhatikan gaambar di atas!gerhana bulan total ditunjukkan oleh huruf….
          a.e
          b.d
          c.c
          d.b
                                                                                                                                      A
                                                                                                                           


 
                                                                                                                                          B
                                                                                                  


 
                                                                                                                                           C
                                                                                                                                             
                                                                                                    D

39.2.Perhatikan gambar di atas!gerhana matahari total ditunjukkan olah huruf….
          a.D
          b.C
          c.B
          d.A
39.3.Sinar matahari yang jatuh ke bumi terhalang oleh bulan,karena kedudukan ketiganya   sejajar pada garis terdekat maka akan terjadi gerhana….
a.bulan
b.matahari
c.bulan total
d.matahri total
40.Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
40.1.Perhitungan tahun komariah didasari pada…
          a.bumi mengelilingi matahri
          c.bulan mengelilingi bumi
          c.matahari mengelilingi bumi
          d.bumi mengelilingi matahri   
40.2.Perhitungan tahun syamsiah didasari pada….                                         
a. bumi mengelilingi matahari                                                                                                    b.bulan mengelilingi matahari
          c.bulan mengelilini bumi
d.bumi mengelilingi bulan



Tidak ada komentar :