DOKUMEN I
Disusun Oleh:
Tim Pengembangan Kurikulum
SDN 01 Argamakmur
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 01 ARGAMAKMUR
TAHUN 2011
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas ridho-Nya, tim penyusun Kurikulum SDN 01 Argamakmur telah berhasil menyusun Kurikulum SDN 01 Argamakmur sebagai pedoman penyelenggaran pendidikan di SDN 01 Argamakmur.
Dokumen Kurikulum SDN.01 Argamakmur ini di susun berdasarkan Peraturan Mendiknas Nomor : 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI), dan Peraturan Mendiknas Nomor : 23 tahun 23 tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan panduan penyusunan KTSP dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) komponen yang tertuang dalam kurikulum SDN.01 Argamakmur adalah :
1. Standar kompetensi dan kompetensi dasar
2. Silabus
3. Rencana pelaksanaan pembelajaran
Sedangkan silabus setiap mata pelajaran yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kurikulum sebagaimana terlampir, dengan ini ucapan terima kasih kami sampaikan kepada:
1. Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bengkulu Utarayang telah memberikan pengarahan atas penyususnan KTSP
2. Lemabaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu yang telah memberikan bantuan teknis dan pendampingan dalam penyusunan KTSP.
3. Pengawas TK/SD yang telah memberikan beberapa materi dalam penyusunan KTSP
Sebagai tindak lanjut implementasi dari kurikulum ini akan diadakan evaluasi dan perbaikan-perbaikan seperlunya. Semoga dengan kurikulum ini dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran di SDN 01 Argamakmur.
Argamakmur,20 Juli 2011
Kepala Sekolah SDN No.01 Argamakmur
EDY SUSILO S.Pd
NIP: 196907151993061001
DAFTAR ISI
Lembar pengesahan | |
Kata pengantar | |
Tim penyusun | |
Daftar isi | |
BAB I PENDAHULUAN | |
a. Latar belakang…………………………………………………………………………….………… b. Tujuan pengembangan KTSP…………………………………………………………………. c. Prinsip pengembangan KTSP…………………………………………………………………. d. Pengertian istilah……………………………………………………………………………..….. | |
BAB II TUJUAN PENDIDIKAN a. Tujuan pendidikan dasar………………………………………………………………………. b. Visi dan misi sekolah…………………………………………………………………………..… c. Tujuan sekolah………………………………………………………………………………….….. | |
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM A. Struktur kurikulum……………………………………………………………………….…..…… B. Muatan kurikulum……………………………………………………………………….…….…… 1. Mata pelajaran……………………………………………………………………………..….. 2. Muatan lokal………………………………………………………………………………….... 3. Pengembanagn diri………………………………………………………………….…….…. 4. Pengaturan beban belajar……………………………………………………………….. 5. Ketuntasan belajar…………………………………………………………………………… 6. Kenaikan kelas……………………………………………………………………………….... 7. Kelulusan………………………………………………………………………………………..… | |
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN | |
Lampiran-lampiran |
|
Lembar Pengesahan
KURIKULUM SDN.01 ARGAMAKMUR
KECAMATAN ARGAMAKMUR
KABUPATEN BENGKULU UTARA
Berdasarkan Rekomendasi Dari UPT Dinas Pendidikan Nasional Wilayah I Kecamatan Argamakmur, Air Besi dan Enggano dan Pengawas TK/SD Kecamatan Argamakmur serta Komite Sekolah SDN 12 Argamakmur maka dengan ini Kurikulum SDN 01 Argamakmur disahkan untuk diberlakukan mulai tahun pelajaran 2011/2012
DISYAHKAN OLEH KEPALA SD 1 ARGAMAKMUR EDY SUSILO,S.Pd. NIP.196907151993061001 | Di Ditetapkan di : Argamakmur Pada Tanggal : 20 Juli 2011 KETUA TIM JIMIN,S.Pd. NIP: |
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Nasional
Kabupaten Bengkulu Utara
HARYADI, S.Pd, MM
NIP : 196603101988031007
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, temasuk Kurikulum. Dalam kaitan ini Kurikulum Sekolah Dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sekaligus mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidiakn tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 36 ayat (2) ditegaskan bahwa Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diverifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik, atas dasar pemikiran tersebut maka perlu di kembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing aturan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar isi dan standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari badan Standar Nasional Pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Nomor 01 Argamakmur dikembangkan sebagai perwujudan dari Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas dasar unsur sekolah dan komite sekolah koordinasi dan Supervise Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan dari Privinsi. Pada akhirnya Kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen yang akan menjadi kenyataan apabila dilaksanakan dilapangan dalam kelas maupun diluar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Para pendidik hendaknya juga mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikan bagi anak, sehingga anak betah disekolah.
Atas dasar kenyataan tersebut maka pembelajaran disekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktifitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikan. Dengan spirit seperti itulah Kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di SD Negeri 01 Argamakmur Kecamatan Kota Argamakmur.
B. Tujuan pengembangan KTSP
Tujuan pengembangan KTSP ini adalah untuk memberikan acuan kepada sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainya yang ada di sekolah dalam mengembangakn program-Program yang akan dilaksankan
Selain itu, KTSP disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk:
1. Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Belajar untuk memahami dan menghayati
3. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
4. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan
C. Prinsip Pengembangan KTSP
1. Berpusat pada prestasi, perkembangan , kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kepentingan agar menjadi manusia yang beriman dan bertqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demikrasi serta bertanggung jawab.
2. Beragam dan terpadu
Kurikulum ini dikembangkan dengan memperhatikan keragaman, karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, adat istiadat, status ekonomi dan jender
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
Kurikulum ini dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang secara dinamis oleh karena itu semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
4. Relevan dengan kebutuhan
Perkembangan kurikulum dilaksanakan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berfikir, keterampilan social, keterampilan akademik dan keterampilan rasional merupakan keniscayaan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimesi kompetensi bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.
6. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat
D. PENGERTIAN ISTILAH
1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta apa yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. KTSP adalah kurikulum operasional yang di susun dan di laksanakan oleh masing- masing satuan pendidikan,struktur dan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kalender Pendidikan dan Silabus.
3. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencangkup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, / Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber / Bahan / Alat Belajar.
4. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan proses pembelajaran yang memuat sekurang – kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN
B. VISI MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi
Membina anak didik yang mempunyai IMTAK dan menguasai IPTEK,mengembangkan budaya bangsa,peduli terhadap budaya local dan lingkungan sekitar.
2. Misi
a. Menjalankan aqidah melalui pengamalan ajaran agama yang dianut
b. Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga Sekolah dan lingkungan
c. Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
d. Mengembangkan pengetahuan di bidang IPTEK bahasa Olahraga dan Seni Budaya sesuai dengan bakat minat dan prestasi siswa
e. Mengembangkan budaya local melalui pelajaran bahas Daerah/Rejang
f. Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup
3. Tujuan
Tujuan pendiikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengkuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut, maka tujuan Sekolah Dasar Negeri 01 Arga Makmur adalah sebagai berikut
a. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan
b. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat kecamatan
c. Menjadi Sekolah pelopor dan penggerak dilingkungan masyarakat sekitar
d. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahua dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan kesuksesan yang lebih tinggi
e. Mengoptimalkan peran serta warga/wali murid dalam meningkatkan mutu pendidikan.
BAB III
A. Struktur Kurikulum
Struktur Kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditemouh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran.
Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak mulia kewarnegaraan dan kepribadian ilmu pengetahuan dan teknologi, etika, jasmani, olahraga, dan Pendidikan.
Struktur Kurikulum SDN 01 Arga Makmur di susun berdasarkan standar isi dan standar kompetensi lulusan, yaitu sebagai berikut :
a. Kurikulum SDN 01 Arga Makmur memuat delapan mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri
b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IP dan IPSterpadu dan IPS.
c. Pembelajaran pada kelas satu sampai dengan dilaksanakan melalui pendekatan tematik sedangkan kelas IV sampai dengan VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran
d. Aloksi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit
e. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 36 minggu
f. Pada hari Senin-Kamis pulang jam 13.00,sebanyak 8(delapan) mata pelajaran
Jumat 5(lima) mata pelajaran dan Sabtu 3 mata pelajaran.Pukul 09.30 kegiatan pengembangan profesi guru dan ekstrakurikuler
STRUKTUR KURIKULUM
SDN 01 ARGA MAKMUR
Komponen | Kelas dan alokasi | |||||
I | II | III | IV | V | VI | |
A. Mata Pelajaran | ||||||
1. Pendidikan Agama | 3 | |||||
2. Pendidikan Kewarnegaraan | 2 | |||||
3. Bahasa Indonesia | 6 | |||||
4. Matematika | 6 | |||||
5. Ilmu Pengetahuan Alam | 5 | |||||
6. Ilmu Pengetahuan Sosial | 4 | |||||
7. Seni Budaya dan Keterampilan | 4 | |||||
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan | 4 | |||||
B. Muatan Lokal | ||||||
1. Bahasa Inggris | 2* | |||||
2. Bahasa Rejang | 2** | |||||
C. Pengembangan Diri | ||||||
1. Pramuka 2. Pembiasaan Diri | 2 kegiatan sehari-hari | |||||
D.Pendidikan LH | 2** | |||||
32 | 33 | 34 | 40 |
Catatan:
1.Jam belajar senin-kami 07.30 – 12.40
2.Guru sudah di pintu masuk kelas pukul 07.20-07.30,Menyanyikan lagu wajib,diteruskan baca surat pendek pada Al Quran
3.Hari jumat terdiri dari 5 (lima) mata Pelajaran
4.Hari sabtu terdiri dari 3 mata pelajaran ,pukul 07.30 -09.15.
5.Pada pukul 09.30-10.30 diadakan kegiatan ekstrakurikuler.
6.Pada pukul 10.30- 12.00 pengembangan profesi guru melalui KKG sekolah dan evaluasi kinerja guru/pembinaan guru
B. MUATAN KURIKULUM
Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamanya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan penddidikan. Disamping itu materi muatan local dan kegiatan pengembangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.
Muatan kurikulum meliputi delapam mata pelajaran ,dua muatan lokal, dan satu pengembangan diri
1. Mata Pelajaran
Mata pelajaran di SDN 01 Arga Makmur terdiri delapan mata pelajaran yaitu:
1.1.Pendidikan Agama
1.2.Pendidikan Kewarnegaraan
1.3.Bahasa Indonesia
1.4.Matematika
1.5.Ilmu Pengetahuan Alam
1.6.Ilmu Pengetahuan Sosial
1.7.Seni Budaya dan Keterampilan
1.8.Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan
2. Muatan lokal
Muatan lokal di SDN 01 Arga Makmur terdiri atas
2.1.Bahasa Inggris
2.2.Bahasa Rejang
3. Pengembangan Diri di SDN 01 Arga Makmur terdiri atas
-Pramuka
-Pembiasaan diri : sebelum pelajaran dimulai berdoa,menyanyilan lagu wajib.
:guru pada puku 07.20 sudah ada di pintu masuk kelas dengan,memberi salam pada anak.
4. Program unggulan
-Pendidikan Lingkungan Hidup
Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di SDN 01 Arga Makmur terdiri atas
BEBAN BELAJAR SDN 01 ARGA MAKMUR
Satuan Pendidikan | Kelas | Satu jam pembelajaran tatap muka (menit) | Jumlah jam pembelajaran per(minggu) | Minggu efektif pertahun pelajaran | Waktu pembelajaran per tahun | Jumlah jam per tahun (@60 menit) |
SD | I S/D III | 35 | 26-28 | 34-38 | 884-1064 jam pembelajaran(3040-3720) menit | 516-621 |
IV S/D VI | 35 | 40 | 34-34 | 1084-1216 jam pembelajaran (38080-42560 1 | 625-709 |
5. KETUNTASAN BELAJAR
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDN 01 ARGA MAKMUR
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Kelas I , II, dan III
No | KOMPONEN | KETENTUAN BELAJAR |
A. | 1.Mata Pelajaran | |
1.1.Pendidikan Agama | 65,60 | |
1.2.Pendidikan Kewarnegaraan | 64,60 | |
1.3.Bahasa Indonesia | 62.40 | |
1.4.Matematika | 56,00 | |
1.5.Ilmu Pengetahuan Alam | 63,10 | |
1.6.Ilmu Pengetahuan Sosial | 63,30 | |
1.7.Seni Budaya dan Keterampilan | 65,70 | |
1.8.Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan | 69,50 | |
B. | 2.Muatan Lokal | |
2.1.Bahasa Inggris *) | 65,00 | |
2.2.Bahasa Rejang *) | 65,00 | |
C. | 3.Pengembangan Diri | |
3.1.Pramuka 3.2.Pembiasaan Diri | B | |
D | 4.Program unggulan -Pendidikan Linkungan Hidup | 65,00 |
*=Berlaku di kelas III
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDN 01 ARGA MAKMUR
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Kelas IV, V
No | KOMPONEN | KETENTUAN BELAJAR |
A. | 1.Mata Pelajaran | |
1.Pendidikan Agama | 70 | |
2.Pendidikan Kewarnegaraan | 75 | |
3.Bahasa Indonesia | 65 | |
4.Matematika | 55 | |
5.Ilmu Pengetahuan Alam | 70 | |
6.Ilmu Pengetahuan Sosial | 70 | |
7.Seni Budaya dan Keterampilan | 75 | |
8.Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan | 70 | |
B. | 2.Muatan Lokal | |
1.Bahasa Inggris | 65 | |
2.Bahasa Rejang | 65 | |
C. | 3.Pengembangan Diri | B |
Pramuka | B | |
D | 4.Program unggulan Pendidikan lingkungan Hidup | 70 |
7.Kenaikan kelas
Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran .
Kriteria dan penentuan kenaikan kelas adalah sebagai berikut
a. Kriteria Kenaikan Kelas
1. Nilai rapor di ambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas, /PR, nilai tes tengah semester, dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran yang sesuai dengan standar ketuntasan belajar (SKB) di SDN 01 Arga Makmur
2. Memiliki rapor di kelasnya masing-masing
b. Penentuan kenaikan kelas
1. Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh Sekolah dalam suatu rapat dewan Guru dengan mempertimbangkan SKB, sikap, penilaian, budi pekerti, dan kehadiran siswa yang bersangkutan
2. Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik kelas
3. Siswa yang tidak naik kelas harus mengulangnya dikelasnya
4. Nilai di bawah KKM maksimal 2 (dua) mata pelajaran
c. Rumus pengolahan Nilai rapot semester I
1. Nilai Ulangan harian (UH)
2. Nilai Tugas (NT)
3. Nilai pekerjaan rumah (PR)
Nilai rata-rata UH+NT+PR
4. Nilai Ulangan tengah semester (UTS)
5. Nilai ulangan Akhir Semester (UAS)
Nilai rapor semester I =
N=(UH+NT+PR)+UTS+UAS
3
d. Rumus pengolahan Nilai rapot semester I
1. Nilai Ulangan harian (UH)
2. Nilai Tugas (NT)
3. Nilai pekerjaan rumah (PR)
Nilai rata-rata UH+NT+PR
4. Nilai Ulangan tengah semester (UTS)
5. Nilai ulangan Akhir Semester (UKK)
Nilai rapor semester I =
N=(UH+NT+PR)+UTS+UKK
3
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDN 01 ARGA MAKMUR
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Kelas 6
No | KOMPONEN | KETENTUAN BELAJAR |
A. | 1.Mata Pelajaran | |
1.1.Pendidikan Agama | 65,60 | |
1.2.Pendidikan Kewarnegaraan | 64,60 | |
1.3.Bahasa Indonesia | 62.40 | |
1.4.Matematika | 56,00 | |
1.5.Ilmu Pengetahuan Alam | 63,10 | |
1.6.Ilmu Pengetahuan Sosial | 63,30 | |
1.7.Seni Budaya dan Keterampilan | 65,70 | |
1.8.Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan | 69,50 | |
B. | 2.Muatan Lokal | |
2.1.Bahasa Inggris *) | 65,00 | |
2.2.Bahasa Rejang *) | 65,00 | |
C. | 3.Pengembangan Diri | |
3.1.Pramuka 3.2.Pembiasaan Diri | B B | |
D | 4.Program unggulan -Pendidikan Linkungan Hidup | 65,00 |
6. Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 22 ayat 1 peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama, dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran esletika dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
c. Lulus Ujian Sekolah / madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
A. Kriteria Kelulusan
B. Hasil ujian dituangkan ke dalam blangko daftar nilai ujian . hasil ujian dimanfaatjan sebagai bahan pertimbangan Sekolah untuk penentuan kelulusan dengan criteria sebagai berikut
1. Memili rapor kelas VI
2. Telah mengikuti Ujian Sekolah dan memiliki nilai rata-rata 60,00
3. Nilai rata-rata Mata Pelajaran yang di UN-kan rata-rata 40,00
KALENDER PENDIDIKAN
Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik Selama satu tahun ajaran . kalender Pendidikan mencakup Permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan libur.
Analisis hasil belajar efektif Kalender Pendidikan Dasar
Tahun Pelajaran 2010/2011
SEMESTER I
Bulan | S E M E S T E R 1 | Hari | Jumlah hari | Kegiatan | |||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | ||||
Juli | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 10 | 18 juli awal belajar semester I 28,29,30 libur menjelang Puasa | |
Agustus | 2 | 2 | 1 | 3 | 3 | 3 | 14 | 17 agustus HUT Kemerdrkaan RI 23-27 Akhir puasa 29-31 cuti bersama | |
Sept | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 18 | 1,2,3 september libur menjelang idul fitri | |
Oktober | 5 | 4 | 4 | 4 | 4 | 5 | 26 | - | |
Nov | 4 | 5 | 5 | 4 | 4 | 4 | 26 | ||
Des | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 | 3 | 20 | 24 Desember Pembagian Raport 25-8 januari Libur Semester I | |
Jumlah |
SEMESTER II
Bulan | S E M E S T E R II | Hari | Jumlah hari | Kegiatan | |||||
Senin | Selasa | Rabu | Kamis | Jumat | Sabtu | ||||
Januari | 3 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 | 19 | 2-7 libur semester I 9 Januari masuk awal Semester II | |
Februari | 4 | 4 | 5 | 4 | 4 | 4 | 25 | ||
Maret | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 27 | ||
April | 5 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 25 | ||
Mei | 5 | 5 | 5 | 5 | 4 | 4 | 28 | ||
Juni | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 3 | 19 | 24 Juni Pembagian Raport semester II 25 juni -16 Juli 2012 libur semester II 17 Juli 2012 Masuk awal Semester I 2013 | |
Juli | |||||||||
Jumlah |
DOKUMEN II
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
SD 1 ARGAMAKMUR
Disusun Oleh:
Tim Pengembangan Kurikulum SDN 01 Argamakmur
PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI 01 ARGAMAKMUR
TAHUN 2011
TIM PENYUSUSN KTSP
SD NEGERI 01 ARGAMAKMUR
TAHUN 2011
1. Pembina | : | Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Bengkulu Utara |
2. Nara sumber 3. Penanggungjawab | : | 1. Pengawas TK/SD Kecamatan Argamakmur (Suyono,S.Pd,Juwito,S.Pd) 2. Kepala Sekolah(Edy Susilo,S.Pd.) |
4. Ketua 5. Sekertaris | : | 1. Jimin,S.Pd. 2. Meidwati,A.Ma.Pd. 3. Nurbaiti,A.Ma.Pd. 4. Joko Sugiyarto,A.Ma.Pd. 5. Rabani,S.Pd. 6. Sutinah.S.Pd.I 7. Haryani,S.Pd. 8. Nur Khomsiatun,S.Pd. 9. Lis Awati.A.Ma.Pd. 10.Titi Lestari,S.Pd. 11.John Faiser,A.Ma.Pd. 12.Muslan Sutarjoh 13.Nuril Nurhasanah 14.Desy Yanti,S.Pd. 15.Qulna Diana 16.Erlina 17.Tanti 18.Sri Yuliani,S.Pd.I 19.Maya Nopikasari 20.Ansor Setyabudi 21.Rahman 22.Nada Juina (komite) 23.Neti Herawti (komite) |
1 komentar :
SEBAGI PERBANDINGAN KURIKULUM DENGAN SEKOLAH LAIN
Posting Komentar